You are currently viewing Memahami Apa Itu Tarot: Perspektif Noviana Kusumawardhani (Bude Novi) dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

Memahami Apa Itu Tarot: Perspektif Noviana Kusumawardhani (Bude Novi) dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

Mendengar kata “tarot” sering kali yang terbayang adalah tentang alat untuk meramal dan diasosiasikan dengan mistik. Lebih dari itu, tarot memiliki dimensi yang jauh lebih dalam. Jika digunakan dengan tepat, tarot dapat menjadi alat untuk menemukan keseimbangan dalam kehidupan. Banyak praktisi memandang apa itu tarot sebagai alat penting untuk self-awareness dan kesehatan mental.

Dalam wawancara eksklusif melalui daring dengan JIVARAGA, Noviana Kusumawardhani—atau lebih sering dipanggil Bude Novi—praktisi tarot yang berpengalaman belasan tahun, berbagi pandangannya tentang apa itu dan bagaimana tarot yang dapat membantu kita memahami diri sendiri lebih baik dan menjaga keseimbangan mental. Bude Novi pun memberikan gambaran tentang apa itu tarot  menurut pandangannya dan bagaimana tarot dapat menjadi pemandu yang bijaksana dalam perjalanan kita menuju pemahaman diri yang lebih baik dan kesejahteraan mental.

APA ITU TAROT BUDE NOVI

JIVARAGA (J): Bisa ceritakan perjalanan Anda dalam dunia tarot dan apa yang membuat Anda tertarik?

Bude Novi: Awalnya, saya belajar tarot secara tidak sengaja. Saat itu, saya masih bekerja sebagai Creative Director di sebuah perusahaan periklanan, dan pekerjaan tersebut sangat stres. Saya mengalami banyak tantangan dalam kehidupan pribadi saya. Suatu hari, secara tidak sengaja saya pergi ke sebuah toko buku dan tertarik pada kartu tarot. Saya mulai belajar sendiri atau secara otodidak. Akhirnya, saya memutuskan pindah ke Bali dan makin tertarik karena menemukan ilmu-ilmu lain di dalam tarot, seperti psikologi, numerologi, dan astrologi. Tarot bagi saya bukan meramal, tetapi memetakan energi, membedah energi seseorang, sehingga kita bisa lebih mengarahkan dan memahami diri.

J: Apa yang membuat Anda serius menekuni tarot?

Bude Novi: Saya melihat bahwa tarot bisa berguna bagi banyak orang. Dengan tarot, saya merasa bisa membantu orang lain. Ini semacam dharma bagi saya. Pekerjaan ini bukan hanya soal mendapatkan imbalan, tetapi lebih kepada pelayanan bagi orang lain. Ketika saya melihat manfaatnya bagi orang lain, saya berpikir ini mungkin cara saya menebus apa yang saya lakukan di masa lalu karena tidak mengikuti keinginan ayah saya untuk masuk kedokteran atau psikologi. Tarot membantu saya menemukan jalan untuk membantu orang. Dan, itu membuat saya yakin dengan jalan yang saya pilih.

J: Apa dan bagaimana tarot itu dapat membantu meningkatkan kesehatan mental seseorang?

Bude Novi: Ketika kita tahu siapa kita, apa karma dan dharma kita di dunia ini, kita menjadi selaras. Tarot membantu kita melihat diri sendiri dengan lebih jelas, mengidentifikasi ketidakseimbangan, dan memahami apa yang sebenarnya kita butuhkan. Misalnya, kita sering dibentuk oleh pemikiran yang seragam dari media sosial. Tarot membantu kita melihat apakah kita selaras dengan energi kita sendiri atau memaksakan sesuatu yang tidak cocok.

Segala sesuatu adalah energi. Jika energi kita baik dan kita menjaga energi kita, semuanya akan terkoneksi dengan alam semesta. Pikiran kita yang sering kali membuat energi menjadi buruk. Dengan menjaga pikiran tetap positif dan selaras, energi kita juga akan baik.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Oracle Card dan Fungsinya dalam Mencapai Keseimbangan Spiritualitas

J: Banyak yang menganggap bahwa tarot adalah alat untuk meramal. Bagaimana Anda menjelaskan bahwa tarot bukanlah ramalan, tapi alat untuk meningkatkan pemahaman diri kepada klien?

Bude Novi: Saya selalu menjelaskan bahwa saya tidak meramal. Melainkan tarot sebagai alat untuk memetakan dan memahami energi diri kita. Saya selalu memberi pelatihan tarot bukan untuk menjadi peramal profesional, tetapi agar mereka paham bahwa tarot itu seperti Google Map jiwa kita.

Pembaca tarot bukan memberikan ramalan, tapi prediksi dan memberikan arahan atau saran mengenai kondisi seseorang saat ini. Sayangnya, sebagian besar orang yang minta dibacakan tarot, hanya ingin mendengar apa yang ingin mereka dengar. Mereka juga tidak mengerjakan atau menjalankan saran dari pembaca tarot.

Oleh karena itu, banyak yang merasa bahwa apa yang dibacakan pada tarot itu tidak benar. Padahal, yang terjadi adalah mereka tidak menjalani saran-saran dari  pembacaan tarot tersebut. Untuk itu, Bude Novi pun sering memberikan ‘peringatan’ sebelum pembacaan tarot kepada kliennya bahwa tukang tarot tidak punya kewajiban menyelesaikan segala persoalan klien. Saya juga bukan pengganti peran profesional. Jika ada klien yang sakit, saya tetap suruh ke dokter kalau dia mau sembuh.

APA ITU TAROT SELF AWARENESS

T: Bagaimana tarot dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang?

Bude Novi: Ketika kita tahu siapa kita, apa karma dan dharma kita di dunia ini, kita menjadi selaras. Tarot membantu kita melihat diri sendiri dengan lebih jelas, mengidentifikasi ketidakseimbangan, dan memahami apa yang sebenarnya kita butuhkan. Misalnya, kita sering dibentuk oleh pemikiran yang seragam dari media sosial. Tarot membantu kita melihat apakah kita selaras dengan energi kita sendiri atau memaksakan sesuatu yang tidak cocok.

T: Apa tarot itu dapat berperan untuk mengatasi stres?

Bude Novi: Tentu. Stres terjadi karena kita terlalu fokus pada masa depan atau masa lalu. Stres juga terjadi karena kita melihat dan memikirkan masalah orang lain menjadi masalah kita. Nah, tarot membantu kita untuk berada di masa sekarang.  Tarot membantu kita fokus pada saat ini, melihat kondisi kita sekarang, dan mengarahkan kita untuk lebih mindful. Ini adalah alat untuk inner journey, membantu kita masuk ke dalam diri kita dan melihat apa yang sebenarnya kita butuhkan. Tarot berfungsi sebagai alat refleksi yang memungkinkan individu untuk melihat masalah mereka dari perspektif yang lebih luas dan menemukan solusi yang lebih baik.

T: Bagaimana kita bisa menerapkan pembacaan tarot dalam kehidupan sehari-hari?

Bude Novi: Membaca tarot adalah mendengarkan pesan alam semesta. Kita harus mendengarkan dan mengikuti pesan itu dengan ego yang terkendali. Banyak orang datang ke tarot untuk mendengar apa yang ingin mereka dengar, bukan apa yang mereka butuhkan. Penting untuk benar-benar surrender pada pesan tarot dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Saya sendiri sering menggunakan tarot untuk aktivitas harian. Sebelum beraktivitas,saya akan menarik satu kartu untuk dibacakan sebelum memulai hari. Saya memakai tarot untuk melihat pesan semesta apa. Misalnya, semesta bilang hari ini istirahat, maka saya kan lebih ke mindfulness. Saya akan fokus ke pesan itu. Ini membantu individu untuk tetap selaras dengan energi mereka dan menjalani hidup dengan lebih sadar.

Dari sini, kita melihat bahwa tarot juga dapat digunakan dengan praktik holistik lainnya seperti meditasi dan mindfulness. Kartu tarot akan memberikan fokus dan inspirasi untuk hari itu. Kadang juga, tarot digunakan untuk membuat keputusan penting atau memahami situasi sulit.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Tarot dan Oracle Card untuk Panduan Spiritual Terbaik

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai tarot langsung dari praktisi berpengalaman, jangan lewatkan kesempatan ini belajar langsung dari Bude Novi di JIVARAGA. Pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2024 nanti, akan diadakan workshop spesial,  Tarot Level 1 Course di JIVARAGA Space, Jakarta.

Dalam workshop ini, Anda akan mendapatkan wawasan mendalam tentang penggunaan tarot sebagai alat untuk self-awareness dan meningkatkan kesehatan mental. Bude Novi akan membagikan pengetahuannya yang luas serta pengalamannya dalam membaca tarot, juga membantu Anda memahami simbolisme dan makna di balik setiap kartu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai workshop spesial ini, dapat menghubungi via WA:

https://wa.me/6281188811338

Dan, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengeksplorasi dunia tarot dan temukan bagaimana tarot dapat menjadi pemandu yang bijaksana dalam hidup Anda!

(Sumber Foto: Freepik, Arsip JIVARAGA)

Leave a Reply