You are currently viewing 7 Cara Mudah Menggunakan Lilin Aromaterapi untuk Mendapatkan Manfaatnya yang Optimal

7 Cara Mudah Menggunakan Lilin Aromaterapi untuk Mendapatkan Manfaatnya yang Optimal

Lilin aromaterapi yang cantik memang dapat jadi salah satu pilihan dekorasi penghias ruangan. Namun, pada saat bersamaan, dapat menjadi alat efektif untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional. Aroma menenangkan dari lilin aromaterapi dapat membantu menenangkan stres hingga memperbaiki kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, penting untuk mengetahui cara menggunakan lilin aromaterapi yang benar.

Cara Menggunakan Lilin Aromaterapi

Secara umum, aromaterapi adalah terapi holistik yang memanfaatkan ekstrak alami dari tumbuhan—yang dikenal sebagai minyak esensial—untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Aromaterapi bekerja dengan merangsang reseptor bau di hidung, kemudian mengirimkan pesan melalui sistem saraf ke bagian otak yang mengendalikan emosi dan fungsi fisik.

Bedakan lilin aromaterapi dengan lilin wangi (scented candle). Lilin aromaterapi memiliki kandungan minyak esensial alami. Kandungan minyak esensial inilah yang membuat lilin aromaterapi mengeluarkan aroma menenangkan ketika dibakar. Aroma ini dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, ikuti cara menggunakan lilin aromaterapi berikut:

 1. Cara menggunakan lilin aromaterapi adalah dengan memilih lilin yang tepat

Langkah pertama cara menggunakan lilin aromaterapi adalah memilih dengan minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lilin aromaterapi mengandung beragam minyak Terdapat berbagai jenis minyak esensial yang digunakan dalam lilin, masing-masing dengan manfaat uniknya. Misalnya:

  • Lavender: Mengurangi stres dan membantu tidur.
  • Peppermint: Meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan.
  • Eucalyptus: Membantu meredakan gejala pilek dan meningkatkan pernapasan.
  • Citrus: Memberikan energi dan meningkatkan suasana hati.

Pastikan juga lilin tersebut terbuat dari bahan alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

2. Siapkan ruangan

Bukan hanya menyiapkan lilinnya. Sebelum menyalakan lilin, pastikan ruangan dalam keadaan bersih dan rapi. Lingkungan yang bersih dapat meningkatkan efek relaksasi dari lilin aromaterapi. Selain itu, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik agar aroma dapat menyebar dengan merata namun tetap dalam batas aman.

3. Menyalakan lilin

Saat menyalakan lilin, gunakan pemantik atau korek api yang panjang untuk menghindari cedera. Jika sumbu terlalu panjang, potong sedikit agar pembakaran lebih efisien dan lilin tidak menghasilkan asap berlebihan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aromaterapi untuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Menjaga Kesehatan yang menyeluruh

4. Nikmati aromaterapi

CARA MENGGUNAKAN LILIN AROMATERAPI ADALAH

Setelah lilin menyala, tunggu beberapa saat sebelum aromanya menyebar ke seluruh ruangan. Lalu, duduklah dengan nyaman, pejamkan mata, dan tarik napas dalam-dalam untuk menghirup aroma yang menenangkan. Anda juga bisa melakukan meditasi atau yoga untuk meningkatkan efek relaksasi yang diinginkan. Dan, jika digunakan tidur, lilin aromaterapi dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5. Padamkan lilin setelah digunakan

Jangan biarkan lilin menyala tanpa pengawasan. Matikan lilin setelah digunakan dengan menutup sumbu menggunakan alat pemadam lilin atau meniupnya dengan lembut. Pastikan lilin benar-benar padam dan tidak ada bara api yang tersisa.

6. Simpan lilin dengan baik

Cara menggunakan lilin aromaterapi yang perlu diperhatikan bukan hanya ketika dipakai. Setelah digunakan, pastikan juga untuk menyimpan lilin di tempat yang sejuk dan kering. Hindari terkena sinar matahari langsung. Hal ini untuk menjaga kualitas aroma dan agar lilin tetap awet. Tutup lilin jika memungkinkan untuk menghindari debu dan kotoran masuk ke dalamnya.

7. Cara menggunakan lilin aromaterapi yang baik adalah sesuai kebutuhan

Penggunaan lilin aromaterapi secara berlebihan dapat mengurangi sensitivitas Anda terhadap aroma. Gunakan lilin secara berkala sesuai kebutuhan. Jika digunakan untuk relaksasi harian, satu atau dua kali sehari selama 30-60 menit sudah cukup.

Itulah beberapa cara menggunakan lilin aromaterapi yang mudah untuk dijalankan, tapi akan memberikan manfaat maksimal.

Baca Juga: 6 Manfaat Essential Oil untuk Kesehatannya dan Cara Mendapatkannya di JIVARAGA

Anda bisa mendapatkan lilin aromaterapi berkualitas tinggi di JIVARAGA. Setiap lilin dibuat dengan cermat menggunakan bahan-bahan alami untuk memastikan bahwa Anda menikmati manfaat penuh dari terapi aromatik.

 Dari aroma lavender yang menenangkan hingga peppermint yang menyegarkan, JIVARAGA menawarkan pilihan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan relaksasi, peningkatan mood, hingga meningkatkan konsentrasi Anda.

Anda dapat membeli minyak esensial di JIVARAGA secara online melalui link berikut:

https://www.tokopedia.com/jivaraga

Atau, dapat membeli langsung di JIVARAGA Space, Plaza Setiabudi II, Lt.2, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Atau, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Dengan lilin aromaterapi dari Jivaraga, Anda tidak hanya memperindah ruangan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional Anda secara menyeluruh.

Leave a Reply