You are currently viewing Mengungkap 12 Fakta dan Mitos Kartu Tarot: Dari Sejarah hingga Penggunaan di Era Modern

Mengungkap 12 Fakta dan Mitos Kartu Tarot: Dari Sejarah hingga Penggunaan di Era Modern

Kartu Tarot telah lama menarik perhatian banyak orang dengan berbagai latar belakang dengan simbolisme dan misterinya. Tarot sendiri bukan sekadar alat prediksi masa depan. Lebih dari itu, merupakan sebuah jendela menuju pemahaman diri dan refleksi pribadi. Dari asal usulnya yang sederhana hingga simbol-simbolnya yang bermakna mendalam, kartu Tarot memiliki fakta  yang menarik disimak.    

Temukan bagaimana kartu-kartu ini terus mempengaruhi cara kita melihat dunia dan diri kita sendiri.

Fakta Menarik tentang Kartu Tarot

Kartu Tarot telah memikat orang selama berabad-abad dengan membangkitkan rasa misteri, simbolisme, dan wawasan spiritual. Bagi Anda pengguna Tarot berpengalaman atau pemula yang penasaran, berikut beberapa fakta menarik tentang kartu tarot:

1. Asal usul dan sejarah

  • Tempat Lahir: Kartu Tarot muncul pertama kali di Italia Utara pada abad ke-14 atau ke-15. Set tertua yang diketahui adalah dek Visconti-Sforza, dibuat pada tahun 1440 untuk keluarga bangsawan Duke of Milan.
  • Game: Awalnya, Tarot adalah permainan yang disebut “Tarocchi”. Permainan ini banyak dimainkan oleh kaum bangsawan saat itu. Namun, lama-lama alat yang bersifat spiritual.

2. Struktur

  • Isi dek Tarot: Standar dek Tarot terdiri dari 78 Kartu, terbagi menjadi Major Arcana dan Minor Arcana.
  • Major Arcana: Berupa 22 kartu pertama pada dek Tarot yang mewakili pelajaran hidup yang signifikan dan pola energi dasar.
  • Minor Arcana: Berupa 56 kartu lainnya yang dibagi menjadi empat jenis: Wands (Tongkat), Cups (Piala), Swords (Pedang), dan Pentakel.

3. Wawasan dan interpretasi nyata

  • Proses membaca: Pembacaan Tarot melibatkan pemfokusan pada sebuah pertanyaan, mengocok tumpukan kartu, dan menarik satu atau lebih kartu secara acak.
  • Interpretasi mendalam: “Keajaiban” Tarot terletak pada interpretasi. Setiap kartu membawa lapisan makna, yang mengarah pada pemahaman dan pemberdayaan yang lebih dalam.
  • Emosional dan Berwawasan: Pembacaan tarot didasarkan pada emosi, pertanyaan, dan wawasan pribadi.

4. Bukan sekadar ramalan

Meskipun Tarot sering dikaitkan dengan memprediksi masa depan, tujuan utama Tarot adalah:

  • Refleksi diri: Banyak yang menggunakan Tarot untuk introspeksi dan kesadaran diri.
  • Eksplorasi terapeutik: Ini bisa menjadi alat terapi, membantu individu mengeksplorasi perasaan dan pengalaman mereka.
  • Meningkatkan kreativitas: Kartu Tarot menginspirasi kreativitas, memicu ide dan perspektif baru.
  • Inner wisdom: Tarot bukan hal yang mistis, tapi tentang terhubung dengan kebijaksanaan batin Anda dan menggali misteri kehidupan.

5. Astrologi tersembunyi

Kartu Tarot juga terkait dengan astrologi. Setiap kartu di Major Arcana dikaitkan dengan tanda zodiak atau pengaruh planet. Misalnya, High Priestess terhubung dengan Moon, sedangkan Tower dikaitkan dengan Mars.

6. Inspirasi seniman

Kartu Tarot telah menginspirasi banyak seniman sepanjang sejarah. Salvador Dalí, misalnya, merancang dek Tarot sendiri yang disebut “Dalí Tarot” dengan gaya seni surealisnya

7. Terkait psikologi manusia

Carl Jung, seorang psikolog terkemuka, sangat tertarik dengan kartu Tarot dan hubungannya dengan jiwa manusia. Ia percaya bahwa Tarot dapat berfungsi sebagai alat untuk penemuan diri (self-discovery) dan pemahaman pikiran bawah sadar.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Tarot: Perspektif Noviana Kusumawardhani (Bude Novi) dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

Mitos Kartu Tarot

FAKTA KARTU TAROT ADALAH

Selain mengetahui fakta, perlu juga mengenal mitos-mitos yang sering dibicarakan mengenai kartu Tarot itu sendiri. Berikut mitos-mitos yang umum tentang Tarot:

1. Anda tidak boleh membeli kartu sendiri

Fakta: Anda bisa membeli dek kartu Tarot sendiri dan mengikuti intuisi Anda. Tanpa memiliki dek, Anda tidak bisa belajar membaca Tarot.

2. Hanya paranormal atau memiliki indra keenam yang bisa membaca tarot

Fakta: Siapa pun bisa belajar membaca Tarot. Memiliki koneksi spiritual dengan dek dan keyakinan memang bisa membantu. Namun, keterampilan membaca Tarot dapat dipelajari oleh semua orang. Sebagian telah menjadi yang menguasai seni ini dan bisa membaca Tarot dengan lebih baik.

3. Kartu terbalik adalah pertanda buruk

Fakta: Kartu terbalik tidak selalu berarti nasib buruk atau kemalangan. Mereka bisa juga menunjukkan keberuntungan dan makna positif.

4. Ramalan selalu benar

Fakta: Tarot hanya memberikan prediksi, bukan ramalan. Dan, prediksi ini lebih berfungsi sebagai nasihat. Hasil akhirnya berada di tangan Anda, apakah mau mengubah keadaan atau bergerak terus menuju tujuan.

5. Kartu Mayor Arcana adalah sihir dan jahat

Fakta: Pembacaan Tarot bukan sihir dan pembacanya bukan penyihir. Mereka hanyalah orang-orang yang mempelajari cara kerja Tarot dan memiliki intuisi yang baik. Kartu Tarot bukanlah karya makhluk supernatural dan tidak akan membawa kutukan jika Anda memilikinya.

Fakta Belajar Pembacaan Kartu Tarot di JIVARAGA

Itulah beberapa fakta dan mitos kartu Tarot yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai Tarot, jangan lewatkan kesempatan ini belajar langsung dari Noviana Kusumawardhani atau sering dipanggil Bude Novi, seorang praktisi Tarot terkemuka,  di JIVARAGA.

Catat tanggalnya! Hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2024 nanti, berupa workshop spesialTarot Level 1 Course di JIVARAGA Space, Jakarta.  Dalam workshop ini, Anda akan mendapatkan wawasan mendalam tentang penggunaan tarot sebagai alat untuk self-awareness dan meningkatkan kesehatan mental. Bude Novi akan membagikan pengetahuannya yang luas serta pengalamannya dalam membaca tarot, juga membantu Anda memahami simbolisme dan makna di balik setiap kartu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai workshop spesial ini, dapat menghubungi via WA:

https://wa.me/6281188811338

Dan, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Pastikan Anda hadir di acara spesial ini dan temukan bagaimana tarot dapat menjadi pemandu yang bijaksana dalam hidup Anda!

(Sumber Foto: Freepik, Pexels)

Leave a Reply