You are currently viewing 7 Cara Efektif Melakukan Meditasi untuk Jadi Rutinitas Harian
Sumber: Freepik

7 Cara Efektif Melakukan Meditasi untuk Jadi Rutinitas Harian

Apa Anda kesulitan menjalani cara melakukan meditasi setiap hari? Mungkin Anda sudah mempunyai niat kuat untuk bermeditasi. Namun, sering kali, kesibukan sehari-hari membuat Anda kehabisan waktu. Meskipun meditasi hanya memerlukan waktu beberapa menit, menemukan momen tenang di tengah rutinitas yang sibuk bisa terasa sulit. Anda dapat mencoba beberapa cara melakukan meditasi yang bisa membantu untuk lebih konsisten bermeditasi setiap hari seperti di bawah ini.

Cara Melakukan Meditasi agar Menjadi Kebiasaan Setiap Hari

CARA MELAKUKAN MEDITASI RUTIN
Sumber: Freepik

Tantangan dalam cara melakukan atau menjalankan meditasi bisa muncul dari berbagai alasan. Seperti, jadwal yang padat, lingkungan yang kurang kondusif, bahkan rasa malas yang kerap datang. Padahal, kita tahu bahwa meditasi adalah praktik yang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Seperti, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan memberikan perasaan tenang.

Mengintegrasikan meditasi ke dalam rutinitas harian bisa jadi tantangan bagi banyak orang. Berikut adalah tujuh cara melakukan meditasi agar menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

1. Meditasi pada waktu yang sama setiap hari

Temukan waktu untuk cara melakukan meditasi pada waktu yang sama setiap hari dan patuhi. Anda dapat memilih jadwal meditasi pada pagi hari karena, menurut Cindy Gozali, Leadership & Mindfulness Coach JIVARAGA, meditasi di pagi hari membantu mengawali hari dengan tenang dan, hal ini, berdampak baik terhadap aktivitas selanjutnya.

Jika latihan pagi hari tidak cocok, bermeditasi setelah bekerja atau sebelum tidur mungkin bisa jadi pilihan. Coba bereksperimen dengan waktu yang berbeda dalam sehari dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda.

2. Mulai dengan durasi yang pendek

Memang, banyak yang menyarankan cara melakukan meditasi yang optimal adalah sekitar 15-20 menit. Namun, untuk pemulai, memulai dengan sesi meditasi yang singkat, sekitar 5-10 menit, bisa membantu membangun kebiasaan tanpa merasa terbebani. Seiring berjalannya waktu, durasi meditasi bisa ditingkatkan secara bertahap.

Baca Juga: Meditasi adalah Cara Menemukan Ketenangan untuk Kesehatan Jiwa

3. Ciptakan ruang meditasi yang nyaman

CARA MELAKUKAN MEDITASI DI RUMAH
Sumber: Freepik

Memiliki ruang khusus untuk meditasi dapat meningkatkan kualitas praktik. Ruang tersebut tidak harus besar, yang penting tenang dan bebas dari gangguan. Menambahkan elemen-elemen seperti lilin, bantal meditasi, atau musik relaksasi juga dapat meningkatkan pengalaman meditasi.

Ruang yang didekorasi dengan cermat dan sesuai preferensi pribadi akan membuat Anda merasa lebih terhubung dan nyaman selama sesi meditasi. Hal ini mempermudah cara Anda melakukan meditasi secara rutin.

4. Mengintegrasikan dengan aktivitas yang lain

Mengombinasikan meditasi dengan aktivitas lain, seperti yoga atau berjalan kaki, bisa menjadi cara efektif untuk melakukan meditasi secara konsisten. Kombinasi ini tidak hanya membuat meditasi lebih mudah diakses, tapi juga meningkatkan manfaatnya. Misalnya, mengakhiri yoga dengan meditasi dapat membantu tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan menyerap manfaat dari latihan fisik.

Meditasi juga tidak harus dilakukan dalam posisi duduk. Saat berjalan, fokus pada setiap langkah, perhatikan pernapasan, dan nikmati lingkungan sekitar. Aktivitas seperti ini mengajarkan Anda untuk tetap hadir dan sadar dalam setiap momen, sehingga meditasi menjadi bagian alami dari kehidupan sehari-hari.

5. Menghadiahi atau reward pada diri sendiri

Memberi hadiah kepada diri sendiri bisa menjadi cara untuk melakukan meditasi menjadi rutinitas harian yang konsisten. Setelah menyelesaikan sesi meditasi, berikanlah penghargaan kecil sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Hadiah ini bisa berupa secangkir teh favorit atau waktu untuk membaca buku yang Anda sukai.

Rewards tidak harus selalu bersifat material. Perasaan tenang dan puas yang Anda rasakan setelah meditasi juga merupakan bentuk penghargaan yang berharga. Mengaitkan meditasi dengan sesuatu yang positif dan menyenangkan akan memperkuat motivasi Anda untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga: Mengungkap 10 Mitos Meditasi untuk Manfaat yang Optimal

6. Latih kesabaran

Pepatah berkata, “Roma tidak dibangun dalam sehari”. Begitu pula usaha untuk mencapai perubahan positif dalam hidup. Kesabaran menjadi cara melakukan meditasi untuk menjadi rutinitas. Pada awalnya, Anda mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi atau merasa bahwa meditasi tidak memberikan manfaat langsung.

Jangan terburu-buru atau merasa kecewa jika hasilnya tidak segera terlihat. Ingatlah bahwa setiap sesi meditasi, tidak peduli seberapa singkat atau sederhana, adalah langkah maju menuju kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh.

7. Temukan komunitas meditasi

Bergabung dengan komunitas meditasi atau kelompok yang memiliki minat serupa bisa menjadi cara untuk mendukung Anda dalam melakukan meditasi secara rutin. Dalam komunitas seperti ini, Anda dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan tantangan yang sama. Ini membuat Anda merasa tidak sendiri dalam perjalanan meditasi Anda.

Diskusi yang diadakan secara rutin dalam kelompok tersebut dapat memberikan wawasan baru tentang teknik meditasi, berbagai pengalaman pribadi, serta solusi untuk mengatasi hambatan yang mungkin Anda hadapi. Praktik meditasi bersama juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan komitmen Anda terhadap rutinitas meditasi.

Meditasi bersama JIVARAGA

MEDITASI BARENG
Sumber: Freepik

Dengan berada dalam lingkungan yang positif dan inspiratif, Anda akan lebih termotivasi untuk tetap konsisten dan terus berkembang dalam praktik meditasi Anda. Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman ini adalah dengan mengikuti kelas-kelas meditasi JIVARAGA. Dalam kelas-kelas ini, Anda akan mendapatkan panduan langsung dari praktisi berpengalaman serta merasakan energi positif yang memotivasi Anda untuk mencapai kemajuan dalam meditasi Anda.

Salah satu kelas atau program meditasi yang dapat Anda ikuti di JIVARAGA adalah special event dalam rangka Hari Meditasi Sedunia, “World Meditation Day: Introduction to Mindfulness“. Acara ini akan berlangsung secara daring melalui platform Zoom pada hari Selasa, 21 Mei 2024, mulai pukul 20.30 hingga 21.25 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali sendiri.

Apakah Anda baru mengenal meditasi atau sudah berpengalaman, kelas Mindfulness Meditation ini akan memberikan pengantar yang mendalam tentang praktik meditasi dan manfaatnya bagi kesejahteraan kita. Yang lebih menarik, partisipasi dalam acara adalah GRATIS!

Anda hanya perlu mengikuti beberapa syarat ketentuan berikut ini:

Follow akun Instagram JIVARAGA @jivaragaspace

Repost promo “World Meditation Day: Introduction to Mindfulness” di IG story dan tag @jivaragaspace

Isi formulir pendaftaran di bawah ini:

https://bit.ly/JivaragaWorldMeditationDay

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami via WA:

https://wa.me/6281188811338

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk sebagai cara melakukan meditasi untuk menjadi rutinitas. Segera daftar untuk bergabung dengan JIVARAGA!

Leave a Reply