You are currently viewing Memahami 6 Jenis Aromaterapi: Pilihan Tepat untuk Setiap Kebutuhan Terapeutik Anda

Memahami 6 Jenis Aromaterapi: Pilihan Tepat untuk Setiap Kebutuhan Terapeutik Anda

Beragam jenis aromaterapi kini telah diproduksi menjadi berbagai bentuk. Seperti, stick, diffuse, hingga spray. Masing-masing menawarkan keunggunalan dan manfaat unik dari bentuknya tersebut. Keberagaman bentuk ini tidak hanya membuat aromaterapi lebih menarik dan menyenangkan. Jenis aromaterapi dengan bentuk yang berbeda membuat aromaterapi lebih mudah diakses dan disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Setiap metode jenis aromaterapi memiliki karakteristik tersendiri. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih cara yang paling sesuai dengan tujuan terapeutik yang diingankan. Simak terus artikel ini untuk mengetahui berbagai bentuk jenis aromaterapi dan cara penggunaannya yang efektif.

Sejarah Aromaterapi

Seperti yang disebutkan pada Healthline, aromaterapi adalah praktik penggunaan minyak esensial yang diekstrak dari berbagai bagian tumbuhan, seperti bunga, daun, kulit kayu, dan akar. Aromaterapi sendiri telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, tepatnya pada peradaban kuno di Mesir, Tiongkok, dan India.

Pada wilayah-wilayah tempat peradaban kuno yang disebutkan di atas, minyak esensial sering digunakan dalam praktik keagamaan, ritual, dan pengobatan tradisional. Orang Mesir kuno, misalnya, menggunakan minyak esensial dalam proses mumifikasi dan sebagai parfum. Pada abad pertama Masehi, Dioscorides, seorang dokter asal Yunani, menulis “De Materia Medica”, yang mendokumentasikan penggunaan lebih dari 500 tanaman obat, termasuk minyak esensial.

Meskipun praktik penggunaan minyak esensial sempat menurun selama Abad Pertengahan di Eropa, aromaterapi kembali bangkit pada awal abad ke-20. Kala itu, René-Maurice Gattefossé, seorang ahli kimia Prancis, menemukan sifat penyembuhan minyak lavender setelah menggunakannya untuk mengobati luka bakar di tangannya. Penemuan ini memicu minat baru dalam penelitian dan pengembangan aromaterapi modern.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aromaterapi untuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Menjaga Kesehatan yang menyeluruh

Jenis Aromaterapi dari Bentuknya

JENIS AROMATERAPI ADALAH

Aromaterapi saat ini telah diolah menjadi beberapa jenis atau bentuk yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan. Dengan demikian, manfaat aromaterapi, dari mengurangi stres hingga meningkatkan suasana hati, dapat dirasakan maksimal.

Berikut beberapa jenis aromaterapi dalam bentuk yang banyak digunakan saat ini:

1. Minyak Esensial

Minyak esensial adalah jenis aromaterapi utama yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara. Misalnya, dioleskan langsung ke kulit, ditambahkan ke air mandi, atau digunakan dengan diffuser.

Manfaat:

  • Menyegarkan udara: Menggunakan alat khusus untuk menguapkan minyak esensial dapat menyegarkan udara dalam ruangan.
  • Terapi kesehatan: Minyak esensial tertentu seperti lavender, peppermint, dan eucalyptus sering digunakan untuk meredakan sakit kepala, mengatasi masalah pernapasan, dan memperbaiki kualitas tidur.
  • Perawatan kulit: Minyak esensial juga bisa dicampurkan dengan carrier oil dan digunakan untuk perawatan kulit, memberikan manfaat seperti melembapkan dan menyembuhkan iritasi.

2. Stick (Incense)

Aromaterapi berbentuk batang panjang atau stick adalah salah bentuk aromaterapi yang paling tradisional. Jenis aromaterapi yang juga dikenal dengan nama incense ini biasanya terbuat dari campuran bahan-bahan alami, seperti kayu, resin, dan minyak esensial. Penggunaannya adalah dengan dibakar pada ujungnya, kemudian aromaterapi ini akan menghasilkan asap beraroma.

Manfaat:

  • Relaksasi: Banyak orang menggunakan stick aromaterapi untuk menciptakan suasana yang tenang dan menenangkan.
  • Meditasi dan yoga: Stick ini sering digunakan selama sesi meditasi dan yoga untuk membantu fokus dan meningkatkan pengalaman spiritual.
  • Pembersihan energi: Beberapa budaya percaya bahwa asap dari stick aromaterapi dapat membersihkan energi negatif dari lingkungan.

3. Lilin

Lilin aromaterapi adalah lilin yang mengandung minyak esensial. Ketika lilin dibakar, minyak esensial yang terkandung di dalamnya menguap dan mengisi ruangan dengan aroma yang menenangkan.

Manfaat:

  • Meningkatkan mood: Lilin aromaterapi dapat membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik, terutama saat digunakan di rumah atau tempat kerja.
  • Mengurangi stres: Aroma yang dilepaskan oleh lilin ini dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.
  • Dekorasi dan keindahan: Selain manfaat aromaterapi, lilin ini juga menambah estetika dan keindahan ruangan.

4. Diffuser

Diffuser adalah alat yang menguapkan minyak esensial ke udara dan menghasilkan kabut halus yang akan menyebar ke seluruh ruangan.

Manfaat:

  • Pembersihan udara: Diffuser dapat membantu membersihkan udara dari kuman dan bakteri.
  • Meningkatkan konsentrasi: Beberapa aroma, seperti rosemary dan lemon, dikenal mampu meningkatkan konsentrasi dan fokus.
  • Meningkatkan kualitas tidur: Pilihan minyak esensial lavender pada diffuser dapat membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Baca Juga: 6 Manfaat Sabun Organik untuk Menjaga Kesehatan Pribadi dan Lingkungan

5. Roll-on

Aromaterapi jenis roll-on berbentuk botol kecil yang berisi campuran minyak esensial yang sudah diencerkan dengan carrier oil. Ujung botol yang berbentuk bola membantu pengaplikasian langsung pada kulit.

Manfaat:

  • Praktis: Roll-on sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja.
  • Mengurangi stres dan kecemasan: Aplikasi minyak esensial pada titik nadi, seperti pergelangan tangan dan leher, dapat memberikan efek menenangkan.
  • Menyegarkan: Beberapa minyak esensial dalam bentuk roll-on dapat memberikan efek menyegarkan dan meningkatkan energi.

6. Spray

Jenis aromaterapi berbentuk spray biasanya berisi campuran air dan minyak esensial yang dikemas dalam botol semprot. Penggunanya dapat menyemprotkan aroma langsung ke udara, kain, atau permukaan lainnya.

Manfaat:

  • Meningkatkan kualitas udara: Menyemprotkan aromaterapi eucalyptus dan tea tree dapat membantu membersihkan udara dari kuman dan bakteri, serta menyegarkan udara di ruangan dengan cepat.
  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas: Semprotkan aromaterapi rosemary, peppermint, dan di ruang kerja atau ruang belajar untuk meningkatkan produktivitas.
  • Menyegarkan linen dan kain lainnya: Gunakan spray aromaterapi pada linen, bantal, atau gorden untuk aroma yang menyenangkan dan memberikan efek menenangkan saat tidur.

Berbagai jenis aromaterapi di atas dapat Anda temukan juga di JIVARAGA. Koleksi kami mencakup stick aromaterapi, lilin aromaterapi, dan minyak esensial untuk memberikan aroma mene. Tersedia juga aromaterapi berbentuk spray yang praktis dan roll-on yang mudah dibawa dan digunakan kapan saja untuk efek relaksasi dan penyegaran.

Anda dapat membeli beberapa jenis aromaterapi tersebut di JIVARAGA secara online melalui link berikut:

https://www.tokopedia.com/jivaraga

Atau, membeli langsung di JIVARAGA Space, Plaza Setiabudi II, Lt.2, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Atau, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Setiap produk di JIVARAGA dipilih dengan hati-hati untuk memastikan kualitas terbaik dan manfaat terapeutik yang optimal bagi pengguna.

(Sumber Foto: Pexels)

Leave a Reply