You are currently viewing Relaksasi adalah Jalan Menuju Ketenangan dan Kesehatan yang Menyeluruh di Tengah Kesibukan
Sumber: Freepik

Relaksasi adalah Jalan Menuju Ketenangan dan Kesehatan yang Menyeluruh di Tengah Kesibukan

Tanggung jawab pekerjaan, keluarga, dan sosial kerap membebani kita dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, tubuh dan pikiran kita sering kali berada dalam kondisi tegang dan stres. Di sinilah muncul peran relaksasi. Relaksasi adalah sebuah metode untuk mengurangi ketegangan fisik dan mental sehingga kita mampu menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

Relaksasi adalah cara yang menawarkan ketenangan dan keseimbangan di tengah kesibukan. Melalui berbagai teknik relaksasi, kita dapat menciptakan ruang bagi diri sendiri untuk bernapas, merefleksikan, dan memulihkan energi. Artikel ini mengajak Anda mengenal relaksasi lebih lanjut.

Apa Itu Relaksasi?

Relaksasi adalah sebuah proses atau keadaan ketika tubuh dan pikiran mengalami pengurangan atau penghilangan ketegangan, stres, dan kecemasan. Menurut Mayo Clinic, relaksasi bisa dicapai melalui berbagai teknik yang dirancang untuk mengurangi ketegangan fisik dan mental.

Contohnya, pemusatan perhatian, pernapasan, atau aktivitas fisik tertentu untuk mencapai tingkat relaksasi yang diinginkan. Alhasil, memungkinkan individu untuk mencapai keadaan tenang dan nyaman.

Relaksasi mengacu juga pada keadaan emosi dengan ketegangan rendah. Ini ditandai dengan tidak adanya rangsangan dari sumber negatif seperti kemarahan, kecemasan, atau ketakutan. Menurut Barkeley Well-Being Institute, relaksasi adalah proses yang mengurangi efek stres pada pikiran dan tubuh Anda. Saat Anda rileks, pernapasan Anda menjadi dalam, detak jantung Anda stabil, dan pikiran Anda menjadi jernih. Secara fisiologis, relaksasi mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda.

Manfaat dari Relaksasi adalah Kesehatan Secara Menyeluruh

RELAKSASI ADALAH DI TENGAH KOTA
Sumber: Freepik

Tujuan utama relaksasi adalah untuk mengurangi stres dan ketegangan yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Relaksasi memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Beberapa efek positif dari relaksasi meliputi:

1. Mengurangi stres

Tujuan relaksasi adalah untuk membantu mengurangi hormon stres, seperti kortisol, dalam tubuh. Dengan mengurangi tingkat kortisol, relaksasi membantu menenangkan sistem saraf, meredakan ketegangan fisik dan mental, serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Dengan membantu individu meredakan ketegangan fisik dan mental, relaksasi dapat membawa perasaan kesejahteraan dan ketenangan. Perasaan tersebut membantu pula mengatasi perasaan cemas dan depresi.

3. Meningkatkan konsentrasi

Dengan mengurangi gangguan dan kekacauan yang dapat mengganggu pemikiran, praktik relaksasi memungkinkan individu untuk memusatkan perhatian pada tugas atau aktivitas yang sedang dihadapi dengan lebih baik. Dalam keadaan pikiran yang tenang dan terfokus, seseorang menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Apabila ketegangan dan kecemasan yang dapat mengganggu tidur berkurang, relaksasi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tidur yang berkualitas. Ketika tubuh dan pikiran dapat bersantai sepenuhnya, seseorang cenderung mendapatkan tidur yang lebih dalam dan pulih dengan lebih baik selama malam.

5. Menurunkan tekanan darah

Salah satu tujuan utama dari praktik relaksasi adalah membantu menstabilkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan meredakan ketegangan fisik dan mental, relaksasi memungkinkan tubuh untuk mencapai keadaan yang lebih tenang. Hal ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan stres kronis.

6. Meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan hidup

Dengan membantu individu meredakan stres dan ketegangan, relaksasi menciptakan lingkungan internal yang lebih positif. Sehingga, memungkinkan seseorang untuk menangani tantangan hidup dengan sikap yang lebih optimis.

Teknik untuk Relaksasi

Ada berbagai teknik yang dapat digunakan untuk mencapai relaksasi, antara lain:

  • Meditasi: Proses memusatkan pikiran pada satu titik fokus, seperti pernapasan atau mantra, untuk mencapai keadaan tenang dan terkonsentrasi.
  • Yoga: Kombinasi dari latihan fisik, pernapasan, dan meditasi yang membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental.
  • Pernapasan dalam: Mengambil napas dalam-dalam dan perlahan untuk menenangkan sistem saraf.
  • Relaksasi otot progresif: Teknik yang melibatkan pengencangan dan kemudian melepaskan berbagai kelompok otot dalam tubuh untuk mengurangi ketegangan.
  • Visualisasi: Membayangkan tempat atau situasi yang menenangkan untuk membawa diri ke keadaan tenang.
  • Mendengarkan musik: Musik yang menenangkan dapat membantu merilekskan pikiran dan tubuh.
  • Pijat: Teknik fisik yang melibatkan penekanan dan penggosokan otot untuk mengurangi ketegangan fisik.
  • Aromaterapi: Penggunaan minyak esensial dengan aroma tertentu yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

Beberapa teknik relaksasi dapat Anda lakukan di JIVARAGA. Para praktisi berpengalaman JIVARAGA siap membimbing Anda melalui berbagai teknik relaksasi yang efektif. Mulai dari meditasi yang menenangkan hingga yoga yang menyegarkan. Dengan kelas yang beragam, JIVARAGA menyediakan kemudahan bagi Anda untuk menyesuaikan waktu relaksasi dengan rutinitas sibuk Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas dan sesi konsultasi pribadi di JIVARAGA, dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Bahkan, Anda dapat membeli produk untuk membantu relaksasi, seperti minyak esensial untuk aromaterapi di JIVARAGA, baik secara langsung di JIVARAGA Space maupun online di Tokopedia.

Follow juga Instagram JIVARAGA untuk berbagai informasi terbarunya:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Tak peduli apakah Anda mencari penyembuhan fisik, pemulihan mental, atau sekadar perasaan tenang dalam kesibukan kota, JIVARAGA menawarkan solusi relaksasi adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. JIVARAGA menghadirkan pengalaman relaksasi yang tak terlupakan di tengah kesibukan metropolitan.

Leave a Reply