You are currently viewing 5 Teknik Mindfulness yang Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepian
Sumber: Pexels

5 Teknik Mindfulness yang Mudah untuk Mengatasi Rasa Kesepian

Kesepian memang jadi salah satu perasaan yang lumrah dialami manusia. Kesepian bisa dialami siapa saja, bahkan di tengah keramaian atau koneksi digital yang berlimpah. Namun, rasa kesepian yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Teknik mindfulness dapat digunakan untuk mengatasi perasaan kesepian ini.

Di bawah ini akan membahas berbagai teknik mindfulness yang dapat membantu meringankan perasaan kesepian dan meningkatkan kesehatan Anda.

Ada Apa dengan Kesepian?

TEKNIK MINDFULNESS KESEPIAN
Sumber: Pexels

Sebelum membahas mengenai teknik mindfulness untuk mengatasi rasa kesepian, pahami dulu mengapa kesepian perlu dianggap serius. Ketika ada kesenjangan antara hubungan sosial yang ada dan yang kita inginkan, rasa kesepian muncul. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, bahkan ketika kita dikelilingi oleh banyak orang. Perasaan kesepian juga dapat disebabkan oleh perasaan disalahpahami, putus hubungan, atau tidak diterima di lingkungan sekitarnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kesepian jangka panjang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita. Kesepian terkait dengan peningkatan stres, kecemasan, dan penurunan fungsi kognitif.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa dampak negatif kesepian kronis setara dengan merokok 15 batang rokok per hari. Artinya, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, bahkan kematian dini. Kesepian juga dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Di sisi sosial, kesepian dapat menyebabkan perasaan isolasi yang mendalam, yang menyebabkan individu menarik diri dari interaksi sosial. Dengan demikian, memahami dan mengatasi kesepian bukan hanya penting untuk kesehatan emosional, tapi juga untuk kesehatan fisik dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Apa Itu Teknik Mindfulness?

MINDFULNESS
Sumber: Pexels

Mindfulness adalah kesadaran penuh terhadap apa yang terjadi saat ini, tanpa menghakimi. Ini berarti memberikan perhatian penuh pada pengalaman saat ini—pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh—dengan cara yang menerima dan tanpa penilaian.

Cindy Gozali, Leadership & Mindfulness Coach JIVARAGA, juga berpendapat serupa. “Mindfulness adalah keadaan sadar dan hadir sepenuhnya secara fisik, mental, emosional untuk diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,” sebutnya.

Bisa dibilang, teknik mindfulness berarti hadir secara sepenuhnya pada momen saat ini dan membuka diri untuk pengalaman saat ini juga dengan penuh perhatian dan tanpa prasangka.

Baca Juga: Mindfulness adalah Seni Menikmati Setiap Momen di Tengah Kesibukan

Teknik Mindfulness untuk Mengatasi Kesepian

Teknik mindfulness dapat menjadi cara untuk mengatasi kesepian karena membantu kita hadir sepenuhnya dalam setiap momen dan menerima perasaan tanpa menghakimi. Dengan teknik mindfulness, kita belajar untuk mengenali dan memahami perasaan kesepian, alih-alih melawannya atau mengabaikannya. Ini membuka jalan bagi kita untuk menghadapi emosi tersebut dengan cara yang lebih sehat dan konstruktif.

Berikut beberapa teknik mindfulness yang dapat Anda jalani untuk mengatasi kesepian:

1. Mengakui dan menerima perasaan kesepian

Langkah pertama dalam mengatasi kesepian menggunakan teknik mindfulness adalah dengan mengakui dan menerima perasaan tersebut. Daripada menolak atau melarikan diri dari perasaan kesepian, cobalah untuk menerimanya sebagai bagian dari pengalaman manusia. Dengan menerima perasaan ini, Anda bisa mulai menguranginya dan mencari solusi yang lebih efektif.

2. Luangkan waktu untuk latihan teknik mindfulness

Sisihkan waktu setiap hari untuk menyadari perasaan dan pikiran Anda tanpa menghakimi atau berprasangka apa pun. Misalnya, ketika merasa kesepian, coba identifikasi pikiran dan perasaan yang muncul. Tulis di jurnal jika perlu untuk membantu memahami pola-pola emosional Anda

3. Praktik rasa syukur atau gratitude

Rasa syukur membantu mengalihkan fokus dari apa yang kurang dalam hidup kita kepada apa yang kita miliki. Setiap hari, luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal yang Anda syukuri. Menulis daftar hal-hal yang Anda syukuri dapat menciptakan perasaan positif yang membantu melawan kesepian.

4. Berhubungan dengan masa kini

Wajar saja jika Anda merasa kesepian dan masih memikirkan hubungan masa lalu atau khawatir tentang hubungan di masa depan. Dengan teknik mindfulness, cobalah untuk ‘kembali’ ke masa kini dan menemukan kepuasan dalam lingkungan kita saat ini. Contohnya, bisa sambil menghargai rasa makanan, panas sinar matahari, atau keindahan lingkungan sekitar kita.

Mempraktikkan Teknik Mindfulness dengan Meditasi

LATIHAN TEKNIK MINDFULNESS KESEPIAN
Sumber: Pexels

Sekarang, saatnya mempraktikkan cara mindful untuk mengatasi kesepian. Pertama, luangkan beberapa menit setiap hari untuk menarik napas dalam-dalam dan memperhatikan pikiran dan perasaan kita tanpa berprasangka.

Salah satunya adalah dengan melakukan mindfulness meditation atau meditasi penuh kesadaran. Meditasi dapat membantu Anda menemukan kedamaian dan koneksi dalam diri Anda. Pada awalnya, mungkin sulit untuk menemukan aspek diri Anda yang selama ini Anda coba hindari. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda dapat belajar menerima dan menjadi diri yang lebih utuh.

Berikut teknik mindfulness meditation untuk mengatasi kesepian:

1. Cari tempat yang tenang dan duduk dengan nyaman.

Anda dapat di kursi dengan kaki rata di lantai atau duduk di atas bantal dengan kaki disilangkan. Bahkan, Anda dapat berbaring di permukaan datar. Pastikan tulang belakang Anda lurus untuk membantu pernapasan yang lebih baik.

2. Tutup mata dan fokuskan perhatian pada napas Anda

Tutup mata Anda dan tarik napas dalam-dalam beberapa kali untuk memberi tahu tubuh Anda bahwa Anda ingin bersantai. Setelah mengangkat dada dan perut, tarik napas perlahan melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut atau hidung. Ulangi ini beberapa kali dan fokus pada napas Anda.

3. Teknik mindfulness dengan mengakui perasaan kesepian yang ada

Perhatikan perasaan kesepian Anda. Kenali perasaan tersebut tanpa berusaha mengubah atau mempertimbangkan mereka. Gali perasaan ini dengan penuh kebaikan dan rasa ingin tahu.

4. Visualisasikan hubungan dengan orang lain

Bayangkan cahaya yang hangat dan lembut dari dalam hati Anda yang mewakili rasa cinta dan kasih sayang. Dengan setiap tarikan napas, sebarkan cahaya ini ke seluruh dunia. Langkah ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mereka yang juga merasa kesepian.

5. Bicara pada diri sendiri

Coba untuk mengucapkan kalimat pada diri sendiri yang membuat Anda merasa nyaman. Misalnya, “Tidak apa-apa merasa kesepian”, “Saya layak mendapatkan cinta dan hubungan”, atau “Saya tidak sendirian dalam perasaan kesepian.”

6. Akhiri meditasi dengan perlahan.

Kembalikan perhatian Anda ke napas Anda, kemudian ke lingkungan sekitar. Buka mata secara perlahan dan luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan perasaan Anda. Mungkin, rasa kesepian Anda tidak langsung hilang. Ingat saja, tujuan utamanya adalah membuat ruang dalam diri Anda untuk diterima dan disayangi.

7. Lakukan secara teratur

Jangan hanya sekali atau dua kali. Berlatih lah meditasi ini secara teratur guna membantu Anda menjadi lebih damai dan terhubung dengan diri sendiri. Anda dapat melakukannya 5-10 menit setiap hari jika merasa tidak memiliki banyak waktu.

Baca Juga: 7 Contoh Mindfulness di Puasa Ramadan, Dalami Koneksi Spiritual

Meditasi bersama JIVARAGA

TEKNIK MINDFULNESS MEDITATION
Sumber: Pexels

Untuk memudahkan Anda berlatih meditasi secara mindfulness, Anda dapat mengikuti kelas atau program yang ada di JIVARAGA. Di JIVARAGA, Anda akan mendapatkan bimbingan dari praktisi berpengalaman yang akan membantu Anda menguasai berbagai teknik meditasi mindfulness.

Untuk kelas meditasi rutin, Anda dapat mengikuti

  • Meditation (online), Selasa, pukul 20.30 – 21.15 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali.
  • De-stress Meditation, setiap Jumat, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Aldini Pratiwi.

Untuk mengikuti kelas-kelas tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri di Jivaraga.com, dengan beberapa pilihan paket registrasi, antara lain:

  • Per kelas: Rp200.000
  • First Timer: Rp290.000 (untuk tiga kelas, valid untuk satu minggu awal)
  • Kelas Online: Rp100.000
  • Online Classes Package: Rp350.000 (5 classes, valid for 2 months)
  • Unlimited Package: mulai dari Rp1.080.000/bulan

Akan hadir pula special event dalam rangka Hari Meditasi Sedunia, “World Meditation Day: Introduction to Mindfulness“. Acara ini akan berlangsung secara daring melalui platform Zoom pada hari Selasa, 21 Mei 2024, mulai pukul 20.30 hingga 21.25 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali dan GRATIS!

Anda hanya perlu mengikuti beberapa syarat ketentuan berikut ini:

Atau, mengikuti special event untuk meditasi, “Flower Moon Meditation”, pada hari Kamis, 23 Mei 2024, mulai pukul 15.30-17.00 WIB. Special event ini akan berlangsung di JIVARAGA Space, Plaza Setiabudi Lt.2, Kuningan, Jakarta Selatan, dipandu oleh Izabel Jahja.

Untuk mengikutinya, Anda dapat berinvestasi:

  • Rp300.000/orang (early bird hingga 23 Mei 2024)
  • Rp350.000/orang (normal)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas dan special event meditasi tersebut, dapat menghubungi JIVARAGA via WA:

https://wa.me/6281188811338

Atau follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk sebagai mendalami meditasi dan menggunakan teknik mindfulness guna mengatasi kesepian. Segera daftar untuk bergabung dengan JIVARAGA!

Leave a Reply