You are currently viewing 9 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Well-Being Menyeluruh
Sumber: Freepik

9 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Well-Being Menyeluruh

Pernahkah Anda terbangun dalam kondisi lelah meski sudah tidur selama delapan jam? Atau, sering mengalami kesulitan terlelap dan pikiran terus berputar sepanjang malam? Dalam hal ini, kualitas tidur yang rendah dapat menjadi penyebabnya. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga kondisi tubuh juga tetap optimal.

Jangankan membuat tidur yang berkualitas, sekadar tidur saja saat ini jadi salah satu komponen penting gaya hidup sehat yang sering diabaikan. Kesibukan, stres, dan gaya hidup modern sering kali menjadi penghalang untuk mencapai tidur berkualitas. Padahal, tidur—terutama yang berkualitas—menjadi kunci untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Sebelum terlambat, cobalah beberapa cara yang disarankan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Mengapa Tidur Penting untuk Berkualitas?

KUALITAS TIDUR 2
Sumber: Freepik

Tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan jiwa dan raga kita secara menyeluruh. Meskipun kondisi sedang tertidur tanpa melakukan kegiatan apa pun, tubuh justru bekerja aktif menjalani berbagai proses pemulihan dan regenerasi yang kita butuhkan. Berikut alasan pentingnya memiliki tidur yang berkualitas.

1. Meningkatkan fungsi otak

Saat tidur, otak justru bekerja untuk mengoptimalkan fungsinya bagi tubuh kita. Menurut Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc., ahli syaraf dari University of Rochester, dalam Newsinhealth-National Institute of Health, ketika tidur, otak mengolah informasi dan mempekuat memori.

Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan belajar, daya ingat, dan konsentrasi. Kurang tidur dapat menyebabkan kesulitan berpikir jernih, mudah lupa, dan lamban dalam memproses informasi.

2. Cara meningkatkan kualitas tidur untu memperkuat sistem kekebalan

Tidur berkualitas, seperti disebutkan Healthline, membantu tubuh memproduksi sel-sel kekebalan yang melawan infeksi dan penyakit. Kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ini membuat Anda mudah terserang flu, batuk, dan penyakit lainnya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Tidur yang cukup dan berkualitas memainkan peranan penting dalam mengatur tekanan darah, detak jantung, dan kadar gula darah. Disebutkan dalam Sleepfoundation.org, kualitas tidur yang konsisten membantu mengatur kadar gula darah dan respons tubuh terhadap insulin. Hal ini dapat menurunkan risiko diabeter tipe 2.

Tidur yang berkualitas juga meningkatkan kesehatan jantung karena detak jantung melambat dan tekanan darah menurun selama beristirahat. Dampaknya, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kardiovaskular lainnya.

4. Menjaga berat badan ideal

Tidur yang kurang baik akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang memicu rasa lapar dan hormon leptin yang menurunkan rasa kenyang. Hal ini menyebabkan nafu makan meningkat.

Makan berlebilan pun membuat berat badan terus bertambah dan meningkatkan pula risiko kegemukan atau obesitas. Tidur berkualitas membantu mengatur hormon nafsu makan dan menjaga berat badan supaya tetap ideal.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Tidur memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan energi. Bangun dari tidur yang cukup pun berdampak positif pada suasana hati. Ini akan membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Pada akhirnya, tidur yang berkualitas akan memperbaiki kondisi mental dan menurunkan risiko gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Efek dari Kurang Tidur, Ini 5 Langkah Mengatasi Kulit Kusam

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

CARA MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR 2
Sumber: Freepik

Langkah meningkatkan kualitas tidur melibatkan beberapa aspek dalam hidup. Terutama saja pada rutinitas harian yang memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan kita untuk tertidur, lelap, dan merasa segar ketika bangun. Melakukan perubahan positif pada kebiasaan tidur bisa menjadi cara meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

1. Tetapkan jadwal tidur yang konsisten

Tubuh manusia memiliki jam internal yang mengatur siklus tidur dan bangun. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Rutinitas ini membantu mengatur jam biologis tubuh dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tubuh juga jadi terbiasa dengan pola tidur yang teratur sehingga memudahkan kita untuk tertidur dan bangun dengan mudah.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Kamar tidur yang tenang, redup, dan sejuk akan menjaga kenyamanan tidur. Investasikan kasur dan bantal yang mendukung untuk menopang tulang belakang dengan baik. Gunakan tirai atau masker tidur untuk menimalisasi paparan cahaya—yang dapat menganggu ritme sirkadian penunjang tidur. Jaga kebersihan kamar tidur dan atur suhu ruang supaya sejuk—tidak terlalu dingin atau panas.

3. Batasi paparan layar sebagai cara meningkatkan kualitas tidur

Tidak bosan-bosannya mengingatkan untuk hindari penggunaan perangkat elektronik, seperti TV, laptop, hingga smartphone sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat ini dapat menganggu produksi melatonin sebagai hormon yang mengatur kemampuan tidur.

4. Hindari makanan berat dan kafein

Tidur akan terasa lebih sulit jika tubuh masih mencerna makan malam, apalagi dalam jumlah yang besar. Untuk menimalisasi gangguan tidur akibat makanan, hindari terlambat makan malam dan kurangi makan makanan berlemak atau pedas sat itu. Jika membutuhkan camilan, pilih makanan yang ringan.

Selain itu, hindari juga meminum minuman berkafein, termasuk kopi, teh, dan soda, pada sore hari. Minuman berkafein sering digunakan untuk memberikan energi dalam mengatasi rasa kantuk sebelum waktu tidur. Namun, pendekatan ini tidak sustainable dan dapat mengganggu kemampuan untuk tidur nyenyak. Dalam jangka panjang, hal ini akan mengurangi kualitas tidur.

5. Lakukan aktivitas relaksasi

Praktikkan aktivitas relaksasi sebelum tidur yang membuat tubuh lebih nyaman, mengurangi ketegangan, dan siap untuk tertidur lelap. Aktivitas relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran sehingga Anda lebih cepat tertidur, mengurangi terjaga di malam hari, dan meningkatkan kedalaman tidur. Aktivitas-aktivitas relaksasi yang dapat dilakukan, antara lain meditasi dan yoga.

Baca Juga: 10 Strategi Mengatasi Insomnia dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Aktivitas Relaksasi dari Jivaraga sebagai Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

KUALITAS TIDUR 3
Sumber: Freepik

Semua aktivitas relaksasi yang Anda butuhkan tersebut tersedia di Jivaraga untuk membantu meraih kualitas tidur yang lebih baik. Berbagai sesi yang disediakan oleh Jivaraga dirancang khusus untuk membantu Anda menghilangkan stres, menenangkan pikiran, menyiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.

1. Yoga

Untuk meningkatkan kualitas tidur, yoga akan membantu tubuh dan pikiran mencapai keadaan relaksasi yang lebih dalam. Terdapat berbagai sesi yoga di Jivaraga yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

  • Yoga Restoratif: Yoga yang berfokus pada relaksasi dan pernapasan dalam. Setiap Senin, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Elisa dan Kiki.
  • Hatha Yoga: Bentuk yoga yang pelan dan halus, menggabungkan pose fisik dan kontrol pernapasan. Setiap Sabtu, pukul 08.00 – 09.00 WIB, dipandu oleh Elisa.
  • Yin Yoga: Yoga yang setiap posenya berdurasi sekitar 3-5 menit dan dapat meningkatkan fleksibilitas dan relaksasi. Setiap Selasa (Yin & Singing Bowl), pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Sandra dan setiap Rabu (Yin & Meditation), pukul 19.00 – 20.15 WIB, dipandu oleh Adiyoga.

2. Meditasi

Meditasi membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres dengan cara memfokuskan diri pada momen saat ini. Selain itu, mengurangi aliran pikiran yang terus-menerus yang dapat mengganggu tidur. Kondisi tenang setelah meditasi akan membantu transisi ke tidur yang nyenyak.

Sesi meditasi di Jivaraga memberikan kesempatan untuk mengintegrasikannya ke dalam rutinitas Anda dan menikmati tidur yang lebih berkualitas. Anda dapat mengikuti kelas meditasi di Jivaraga, yaitu:

  • Yin & Meditation, setiap Rabu, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Adiyoga.
  • Letting Go of the Day Meditation (online), Rabu, pukul 20.30 – 21.00 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali.
  • De-stress Meditation, setiap Kamis, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Aldini Pratiwi.

Untuk mengikuti kelas-kelas yoga dan meditasi tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri di Jivaraga.com, dengan beberapa pilihan paket registrasi, antara lain:

  • Per kelas: Rp200.000
  • First Timer: Rp290.000 (untuk tiga kelas, valid untuk satu minggu awal)
  • Unlimited Package: mulai dari Rp1.080.000/bulan

Baca Juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Produktivitas Karyawan yang Optimal

3. Access Bars

Terapi holistik dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur dengan pendekatan yang menyeluruh dan seimbang. Jivaraga menyediakan teknik Access Bars sebagai salah satu terapi holistik yang dapat Anda jalani.

Access Bars melibatkan sentuhan halus pada 32 titik energi di kepala untuk melepaskan energi negatif dan mengurangi stres, menciptakan perasaan relaksasi yang mendalam. Dengan teknik ini, tubuh dan pikiran dapat bersiap untuk tidur nyenyak, membantu Anda merasa lebih segar dan berenergi ketika bangun.

Sesi Access Bars di Jivaraga dipandu oleh para praktisi berpengalaman untuk memberikan manfaat terapi holistik yang aman dan efektif. Mereka adalah Purde Soraya, Damma S. Pane, Laurina B. Pane.

Value untuk sesi Access Bars adalah Rp850.000/sesi dan paket untuk tiga sesi sebesar Rp2.300.000. Untuk informasi lebih lanjut dan appoinment dapat WhatsApp ke +62-811-8881-1338.

4. Aromaterapi

Menggunakan minyak esensial, seperti lavender, chamomile, atau sandalwood dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman sebelum tidur. Menghirup aroma ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan siap untuk tidur. Cara ini tentu akan meningkatkan kualitas tidur.

Anda bisa mendapatkan essential oils berkualitas tinggi di Jivaraga. Dapat Anda beli langsung di Jivaraga Space atau melalui e-commerce di Tokopedia ini.

Minyak esensial, seperti lavender, chamomile, dan sandalwood dikenal karena sifatnya yang menenangkan, membantu meredaka stres, dan menciptakan suasana kondusif untuk tidur. Aplikasikan minyak esensial dari Jivaraga ke diffuser atau bantal dan rasakan manfaat relaksasi untuk membantu tubuh bersiap tertidur nyenyak.

Itulah beberapa cara untuk membantu Anda meningkatkan kualitas tidur dan menikmati istirahat malam yang lebih nyenyak. Dengan menerapkan kebiasaan tidur yang sehat, termasuk menerapkan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau aromaterapi, Anda dapat merasakan manfaat tidur yang berkualitas dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat, ya, tidur yang baik adalah investasi dalam kesehatan jiwa dan raga secara menyeluruh!

Jivaraga

Rumah aman & nyaman bagi kesehatan holistik membuka pintu untuk siapapun yang ingin hidup seimbang & bahagia