You are currently viewing Strategi Mengelola Stres untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga
Sumber: Freepik

Strategi Mengelola Stres untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga

Mengelola stres adalah kemampuan penting dalam menghadapi tekanan dan tantangan sehari-hari. Stres bisa datang dari berbagai sumber, baik itu pekerjaan, hubungan, atau tanggung jawab lainnya. Namun, dengan pendekatan yang tepat, stres dapat diatasi sehingga kita dapat menjaga keseimbangan emosional dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara efektif yang dapat membantu kita mengelola stres dan tetap tenang dalam menghadapi situasi yang menantang.

Setiap hari kita menghadapi tuntutan pekerjaan yang tinggi, selalu terhubung dengan teknologi, dan perubahan cepat dalam berbagai aspek kehidupan. Aktivitas padat, dari pekerjaan hingga tanggung jawab keluarga, bisa membuat kita kewalahan. Tantangan-tangan ini dapat memicu stres yang berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara efektif dalam mengelola stres dan menjaga keseimbangan di tengah kesibukan modern.

Sekilas tentang Stres

STRES ADALAH
Sumber: Freepik

Stres adalah respons alami tubuh terhadap situasi yang menimbulkan tekanan, baik fisik, emosional, maupun mental. World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa respons ini dapat terjadi akibat pepristiwa atau tantangan yang menuntut perhatian dan penanganan yang cepat, seperti deadline pekerjaan, masalah dalam hubungan, atau perubahan besar dalam hidup. Respons terhadap stres tersebut disebut juga “fight-or-flight” yang melepaskan banyak hormon, seperti adrenalin dan kortisol. Pelepasan hormon ini akan membantu tubuh mengatasi situasi tersebut.

Sebenarnya, stres dapat menjadi dorongan untuk bertindak dan menyelesaikan masalah, serta memberikan motivsai dan energi untuk mengatasi tekanan. Namun, jika berlangsung dalam jangka panjang atau berlebihan, dapat berdampak buruk pada kesehatan. Seoerti, menyebabkan kecemasan, insomnia, nyeri otot, tekanan darah tinggi, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres agar tidak berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita.

Baca Juga: Bullying adalah Isu yang Terus Membayangi Masyarakat dan Upaya Mengatasinya

7 Cara Efektif Mengelola Stres

CARA MENGELOLA STRES
Sumber: Freepik

Dalam kehidupan modern saat ini, stres memang jadi bagian tak terhindarkan. Namun, kita dapat mengelola stres agar tidak mengganggu kesehatan fisik dan mental. Untuk membantu Anda menghadapi tekanan sehari-hari dengan lebih baik, berikut adalah beberapa cara mengelola stres yang bisa Anda coba.

1. Mulai manajemen waktu

Mengatur waktu dengan baik dapat membantu mengurangi perasaan terburu-buru dan stres. Membuat jadwal dan daftar tugas dapat membantu Anda tetap teratur dan produktif. Hindari juga menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan. Penundaan adalah musuh utama produktivitas dan sumber stres. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk.

2. Berbicara dengan orang lain

Saat kita merasa stres, bicarakanlah perasaan dan masalah Anda dengan teman, keluarga, atau kerabat yang terpercaya. Membicarakan perasaan kita dapat membantu meredakan tekanan dan memberikan perspektif berbeda. Dukungan sosial juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental.

3. Teratur berolahraga

Kesehatan fisik dapat membantu mengelola stres. Tubuh yang sehat akan membantu kita menangani stres dengan lebih baik. Olahraga tentu akan meningkatkan kesehatan kita. Aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, berenang, atau yoga dapat membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang meningkatkan suasanan hati dan mengurangi stres.

4. Tidur yang cukup

Mendapatkan tidur yang cukup setiap malam tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tapi juga membantu mengelola stres. Tidur yang cukup membantu tubuh dan pikiran pulih dari tekanan sehari-hari.

5. Menjaga pola makan sehat

Makanan sehat, seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat, menjaga kestabilan kadar gula darah dan energi sepanjang hari. Asupan nutrisi yang tepat juga mendukung produksi hormon pengatur mood, seperti serotonin dan dopamin, yang dapat mengurangi stres.

Pola makan sehat juga meningkatkan fisik, membuat tubuh lebih siap menghadapi tekanan. Menghindari makanan olahan dan mengurangi gula atau kafein juga membantu mengelola tingkat stres tetap rendah.

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Optimalkan Kualitas Hidup

6. Mencari bantuan profesional

Bantuan profesional untuk mengelola stres dapat memberikan dukungan yang efektif dan terarah. Seorang profesional, seperti psikolog atau konselor, memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk membantu individu memahami penyebab stres. Selanjutnya, dapat mengembangkan strategi untuk mengatasinya.

Melalui sesi terapi, seseorang dapat belajar teknik relaksasi, teknik kognitif, atau cara-cara lain untuk menghadapi situasi stres dengan lebih baik. Bantuan profesional juga menawarkan lingkungan yang aman untuk berbicara tentang permasalahan. Ini dapan mengurangi beban emosional.

7. Gunakan teknik relaksasi

Menggunakan teknik relaksasi membantu mengelola stres dengan meredakan ketegangan fisik dan mental. Teknik-teknik, seperti pernapasan dalam, meditasi, dan yoga, dapat menenangkan pikiran dan tubuh, mengurangi gejala stres, dan meningkatkan kesehatan jiwa dan raga secara menyeluruh. Relaksasi membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan tingkat kortisol—hormon stres—sehingga memberikan rasa tenang dan seimbang.

Tidak perlu bingung mencari tempat untuk menjalani teknik-teknik relaksasi tersebut. Jivaraga terdapat beragam program, seperti kelas yoga, meditasi, dan teknik pernapasan, yang dirancang untuk membantu juga seseorang dalam mengelola stres.

Baca Juga: 6 Cara Menemukan Kunci Kebahagiaan di Era Digital yang Semakin Canggih

Pilihan Teknik Relaksasi untuk Mengelola Stres di Jivaraga

LANGKAH MENGELOLA STRES
Sumber: Freepik

Di Jivaraga, sesi yoga, meditasi, dan kelas-kelas wellness lainnya dirancang untuk membantu individu dalam menjaga keseimbangan jiwa dan raga, termasuk mengelola stres. Program-program ini dipandu oleh praktisi berpengalaman, memberikan alat yang efektif bagi siapa saja yang ingin meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental mereka.

1. Meditasi

Meditasi membantu mengelola stres dengan menenangkan pikiran dan tubuh serta meningkatkan fokus. Selain itu, meditasi dapat mengurangi reaksi emosional terhadap situasi stres dan meningkatkan kemampuan merespons dengan tenang. Praktik rutin meditasi dapat menciptakan perasaan damai dan membantu seseorang menghadapi stres lebih baik.

Sesi meditasi di Jivaraga membantu Anda untuk mengadopsi meditasi ke dalam rutinitas harian guna mengelola stres. Anda dapat memilih dari berbagai kelas meditasi yang ditawarkan di Jivaraga, seperti:

  • Yin & Meditation, setiap hari Rabu, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Adiyoga.
  • Letting Go of the Day Meditation (online), setiap hari Rabu, pukul 20.30 – 21.00 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali.
  • De-stress Meditation, setiap hari Kamis, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Aldini Pratiwi.

2. Sound Therapy

Sound therapi membantu mengelola stres dengan menggunakan singing bowl dan getarannya untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Suara-suara yang timbul dari peralatan tersebut dapat menginduksi keadaan relaksasi yang mendalam, menurunkan ketegangan dan stres.

Jivaraga juga menawarkan kelas-kelas sound therapy yang dipandu oleh praktisi-praktisi berpengalaman seperti berikut ini. Melalui sesi ini, peserta bisa merasakan manfaat terapi suara dalam mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

  • Yin & Singing Bowl, setiap hari Selasa, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Sandra Chuhairy.
  • Sunset & Sound Bath, setia[ hari Jumat, pukul 18.00 – 19.00 WIB, dipandu oleh Raja Burman.

3. Yoga

Praktik yoga membantu melepaskan ketegangan otot dan merilekskan tubuh, sambil mengarahkan fokus pada pernapasan yang dalam dan terkendali. Anda dapat mengembangkan keterampilan menghadapi stres dengan lebih baik dan meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh dengan rutin berlatih yoga di Jivaraga. Berikut pilihan kelas yoga di Jivarag:

  • Yoga Restoratif: Yoga untuk memberikan pengalaman relaksasi dan penyembuhan. Setiap hari Senin, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Elisa Tanzi dan Kiki Tegar.
  • Hatha Yoga: Yoga ini membantu menenangkan pikiran dan tubuh, cocok untuk pemula. Setiap hari Sabtu, pukul 08.00 – 09.00 WIB, dipandu oleh Elisa Tanzi.
  • Yin Yoga: Yoga yang setiap posenya berdurasi sekitar 3-5 menit untuk mencapai relaksasi mendalam yang mengurangi stres.. Setiap hari Selasa (Yin & Singing Bowl), pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Sandra Chuhairy dan setiap hari Rabu (Yin & Meditation), pukul 19.00 – 20.15 WIB, dipandu oleh Adiyoga.
  • Slow Vinyasa Yoga: Gerakan dinamis yang disinkronkan dengan pernapasan, membantu melepaskan ketegangan dan stres melalui gerakan flow. Setiap hari Selasa, pukul 18.00 – 19.00 WIB, dipandu oleh Adiyoga.

Untuk mengikuti kelas-kelas tersebut (Meditasi, Sound Therapy, dan Yoga), Anda dapat mendaftarkan diri di Jivaraga.com, dengan beberapa pilihan paket registrasi, antara lain:

  • Per kelas: Rp200.000
  • First Timer: Rp290.000 (untuk tiga kelas, valid untuk satu minggu awal)
  • Unlimited Package: mulai dari Rp1.080.000/bulan

4. Access Bars

Teknik Access Bars yang dilakukan dengan menyentuh 32 titik energi di kepala akan membantu melepaskan pikiran, perasaan, dan emosi yang terjebak. Hal ini menimbulkan perasaan lega, mengurangi ketegangan, dan menciptakan keseimbangan dalam tubuh.

Sesi Access Bars di Jivaraga dipandu oleh para praktisi berpengalaman untuk memberikan manfaat terapi holistik dalam mengelola stres yang aman dan efektif. Mereka adalah Purde Soraya, Damma S. Pane, Laurina B. Pane.

Value untuk sesi Access Bars adalah Rp850.000/sesi dan paket untuk tiga sesi sebesar Rp2.300.000. Untuk informasi lebih lanjut dan appointment dapat WhatsApp ke +62-811-8881-1338.

Itulah beberapa cara untuk mengelola stres yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mencoba berbagai metode ini, Anda dapat membangun keterampilan dan strategi yang efektif untuk mengelola stres dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara menyeluruh.

Jivaraga

Rumah aman & nyaman bagi kesehatan holistik membuka pintu untuk siapapun yang ingin hidup seimbang & bahagia