You are currently viewing Regulasi Emosi adalah Kunci Hadapi Dinamika Hidup dengan Bijak
Sumber: Freepik

Regulasi Emosi adalah Kunci Hadapi Dinamika Hidup dengan Bijak

Untuk yang bekerja di kantor, misalnya, dalam sehari bisa menghadapi tumpukan pekerjaan yang penuh deadline, lalu meeting yang harus dihadiri, ditambah sosialisasi dengan rekan kerja yang kadang memecah konsentrasi. Di sinilah regulasi emosi memainkan peran dalam menjaga ketenangan dan fokus sepanjang hari. Dengan pengelolaan emosi yang baik, tidak hanya membawa keberhasilan menghadapi berbagai situasi penuh tantangan, tapi juga kepuasan memperoleh tujuan yang diharapkan.

Setiap hari kita dihadapkan pada beragam tantangan dan situasi yang menimbulkan emosi. Mulai dari rasa bahagia, senang, hingga stres dan frustasi. Mampu regulasi emosi dengan bijaksana dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan mental dan hubungan sosial kita. Regulasi emosi bukan hanya soal meredakan emosi negatif, tetapi juga tentang memahami dan mengekspresikan emosi secara sehat.

Kenali Regulasi Emosi

EMOSI
Sumber: Freepik

Emosi adalah respons psikologis dan fisiologis yang kompleks terhadap rangsangan atau peristiwa tertentu. Bentuk emosi mencakup perasaan subjektif, repons fisik—seperti peningkatan detak jantung atau berkeringat—dan ekspresi perilaku, seperti tersenyum atau menangis. Emosi bisa positif, seperti kebahagiaan dan cinta, atau negatif, seperti kemarahan dan ketakutan. Dalam kehidupan sehari-hari, emosi berperan memengaruhi cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita, dan memengaruhi keputusan kita.

Sedangkan, regulasi emosi, melansir dari PositivePsychology.com adalah kemampuan individu untuk mengendalikan dan mengelola pengalaman serta ekspresi secara efektif. Ini melibatkan berbagai proses, termasuk mengenali, memahami, dan memodifikasi respons emosional terhadap situasi atau rangsangan tertentu.

Regulasi emosi juga mencakup kemampuan untuk mengendalikan intensitas emosi, mengalihkan perhatian dari emosi yang tidak diinginkan, dan menggunakan strategi kognitif untu meredam perasaan yang tidak nyaman. Dengan regulasi emosi yang baik, seseorang dapat menghadapi tantangan hidup yang lebih bijaksana, menjaga keseimbangan emosional, dan meningkatkan kualitas interaksi sosial serta kesejahteraan mentalnya.

Baca Juga: Pahami Esensi Mindful Eating untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Pentingnya Regulasi Emosi

REGULASI EMOSI PENGERTIAN
Sumber: Freepik

Di tengah kehidupan yang penuh dinamika dan tantangan, kemampuan untuk mengelola dan mengatur emosi menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kesehatan mental dan fisik.

Di tengah dinamika kehidupan yang seringkali penuh tantangan, kemampuan untuk mengelola dan mengatur emosi menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kesejahteraan. Berikut beberapa alasan lebih lanjut mengapa regulasi emosi penting.

1. Mendukung kesehatan mental

Regulasi emosi yang baik dapat membantu seseorang menghadapi stres dan kondisi hidup yang penuh tantangan secara sehat. Apabila dilakukan dengan tepat, melansir dari Medicalnews.com, regulasi emosi dapat mencegah peningkatan emosi dan perilaku negatif. Serta, mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

2. Meningkatkan hubungan sosial

Kemampuan regulasi emosi berkontribusi pada interaksi sosial yang positif. Orang yang dapat mengelola emosinya dengan baik cenderung memiliki hubungan interpersonal dengan orang lain yang lebih baik. Sebab, mereka memungkinkan komunikasi dan pemahaman yang lebih jelas antarindividu. Mereka dapat merespons situasi dengan lebihtenang dan bijaksana.

3. Meningkatkan produktivitas

Regulasi emosi yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam pekerjaan atau pendidikan. Seseorang yang mampu mengendalikan emosi negatif, seperti stres, frustasi, kegagalan, membuatnya dapat menghadapi tantangan dengan lebih efektif. Pada akhirnya, mereka mampu lebih fokus berusaha untuk mencapai tujuan dan impiannya.

4. Membantu pengambilan keputusan

Regulasi emosi yang baik membantu membuat keputusan yang lebih rasional dan objektif. Bukan hanya bertindak berdasarkan dorongan hati. Dengan demikian, dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan.

5. Meningkatkan kesehatan keseluruhan

Pada akhirnya, regulasi emosi yang efektif berkaitan dengan peningkatan kesehatan jiwa dan raga secara menyeluruh. Emosi yang terkelola dengan baik emosi dapat membantu individu merasa lebih baik dalam jangka pendek dan meningkatkan kebahagiaan jangka panjang.

Baca Juga: 13 Penyebab Masalah Kesehatan Mental, Perlu Waspada!

Strategi Melakukan Regulasi Emosi yang Baik

MENGELOLA EMOSI
Sumber: Freepik

Tidak semua orang secara alami mampu melakukan regulasi emosi dirinya sendiri. Namun, kemampuan regulasi emosi dapat diperoleh dengan melatih diri secara konsisten. Berikut beberapa cara yang dapat membantu melakukan regulasi emosi.

1. Kesadaran diri

Langkah pertama dalam regulasi emosi adalah mengenali dan memahami emosi Anda sendiri. Ini termasuk memahami pemicu emosi dan bagaimana perasaan tersebut memengaruhi Anda. Coba jelajahi perasaan Anda. Sebutkan emosi yang secara spesifik Anda saat ini. Tulis jika mau supaya lebih jelas. Tidak perlu berpikir salah dan benar, yang dibutuhkan Anda hanyalah kesadaran penuh setiap perasaan yang mengendalikan pikiran Anda ‘saat ini’.

2. Penilaian ulang kognitif

Mengubah cara berpikir Anda tentang suatu situasi dapat mengubah respons emosi Anda. Hal ini disebut reframing, yaitu teknik kognitif berupa mengubah cara Anda memandang situasi yang menimbulkan emosi. Misalnya, melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

3. Komunikasikan untuk mengekspresikan

Mengekspresikan emosi secara sehat dan tepat waktu dapat membantu mencegah akumulasi emosi negatif. Berbicara dengan orang yang terpercaya atau menulis jurnal adalah cara untuk mengekspresikan perasaan. Mengekspresikan emosi dengan jelas dan tegas dapat mencegah kesalahpahaman dan membangun hubungan yang lebih kuat.

4. Mindfulness

Praktik mindfulness, dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada kondisi yang ada dan  mengelola emosi lebih baik. Mindfulness dapat meningkatkan kesadaran diri dan membantu Anda merespons emosi dengan cara yang lebih bijaksana. Fokus dan konsentrasi sepenuhnya pada kondisi saat ini dapat meningkatkan kesadaran akan emosi tanpa memberikan penilaian berlebihan.

5. Praktik teknik relaksasi

Menjalani praktik-praktik relaksasi dapat membantu regulasi emosi dengan menurunkan tingkat stres dan ketegangan. Pada gilirannya, hal tersebut dapat meredakan intensitas emosi negatif, seperti kecemasan dan kemarahan.

Dengan mempraktikkan teknik seperti penapasan, meditasi, atau yoga, seseorang dapat menenangkan pikiran dan  tubuh, sehingga lebih mudah untuk mengendalikan respons emosional terhadap situasi yang menantang. Serta, teknik relaksasi dapat meningkatkan kesadaran diri, membantu seseorang mengatami emosi tanpa reaksi berlebihan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres yang Strategis di Era Digital

Regulasi Emosi dengan Jivaraga

Untuk membantu meregulasi emosi, Jivaraga menyediakan berbagai fasilitas dan program untuk membantu menangkan pikiran dan tubuh. Beberapa sesi Jivaraga berikut akan membantu invidu mengekspresikan emosi lebih baik.

1. Energy Vitality Mapping

Untuk mengenali kondisi emosi Anda, dapat diawali dengan melakukan Energy Vitality Mapping (EVM). EVM dapat membantu individu memahami bagaimana energi mereka dialokasikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pekerjaan, relationship, dan kesehatan. Dengan cara ini, seseorang dapat mengenali ketidakseimbangan energi atau titik-titik stres yang memengaruhi kesejahteraan emosionalnya.  

EVM juga memberikan insight mengenai sumber energi positif dan negatif, memungkinkan individu untuk mengambil langkah-langkah dalam meningkatkan vitalitas dan mengoptimalkan regulasi emosi. Pendekatannya yang komprehensif menjadi EVM sebagai alat yang berharga untuk menjaga kesehatan mental dan keseimbangan emosi seseorang.

Daftarkan diri Anda untuk pembacaan EVM value Rp500.000/30 menitdi Jivaraga untuk memperoleh panduan regulasi emosi yang terbaik.

2. Meditasi dan Breathwork

Meditasi memungkinkan seseorang untuk fokus kondisinya saat ini, mengamati pikiran, dan perasaan tanpa menghakimi. Cara ini akan meningkatkan kesadaran diri dan kemampuan untuk merespons emosi dengan lebih bijaksana.

Anda dapat mengikuti sesi-sesi meditasi di Jivaraga sebagai berikut:

  • Yin & Meditation, setiap hari Rabu, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Adiyoga.
  • Letting Go of the Day Meditation (online), setiap hari Rabu, pukul 20.30 – 21.00 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali.
  • De-stress Meditation, setiap hari Kamis, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Aldini Pratiwi.

Sedangkan, menjalani breathwork atau teknik pernapasan dapat meredakan stres dan kecemasan dengan mengaturs sistem saraf otonom, menurunkan detak jantung, dan mengurangi ketegangan. Untuk lebih mengenal tentang breathwork, Anda dapat mengikuti special eventActive Conciousness Breathwork” bersama Tsamara Fahrana, pada hari Sabtu, tanggal 28 April 2024 nanti.

BREATHWORK

3. Sesi Privat (reading-counseling-therapy)

Jivaraga raga juga menyediakan ruang untuk sesi privat 1-ON-1 untuk memberikan dukungan personal yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Melalui seri reading, individu dapat memperoleh wawasan dan pemahaman mendalam tentang pola pikir dan emosi mereka.

Counseling memberikan ruang aman bagi individu untuk berbagi perasaan dan pengalaman, serta mendapatkan panduan praktis untuk menghadapi tantangan emosional. Dan, terapi dapat membantu mengatasi masalah mendasar yang memengaruhi kesejahteraan emosional, seperti trauma atau konflik bantin.

Salah satu sesi privat yang dapat Anda pilih adalah Family Constellation yang mengungkapkan dinamika keluarga sehingga memungkinkan individu memahami bagaimana sejarah keluarga memengaruhi emosi dan perilaku. Proses ini memungkinkan penyembuhan dan rekonsiliasi dalam hubungan keluarga, yang pada akhirnya mendukung regulasi emosi yang lebih sehat dan harmonis.

Untuk mengikuti sesi meditasi dan kelas lainnya di Jivaraga, Anda dapat mendaftarkan diri di Jivaraga.com, dengan beberapa pilihan paket registrasi, antara lain:

  • Per kelas: Rp200.000
  • First Timer: Rp290.000 (untuk tiga kelas, valid untuk satu minggu awal)
  • Unlimited Package: mulai dari Rp1.080.000/bulan

Sedangkan, untuk Sesi Privat dan informasi mengenai Jivaraga lainnya dapat langsung menghubungi WhatsApp ke +62-811-8881-1338.

Jivaraga

Rumah aman & nyaman bagi kesehatan holistik membuka pintu untuk siapapun yang ingin hidup seimbang & bahagia