You are currently viewing Energy Vitality Mapping untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga
Sumber: Freepik

Energy Vitality Mapping untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga

Dalam dinamika kehidupan modern yang serba cepat, tantangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari terus bertambah. Untuk menjaga keseimbangan dan kualitas hidup yang optimal, penting untuk memahami dan mengelola aspek-aspek yang memengaruhi kesehatan jiwa dan raga kita secara menyeluruh. Salah satu cara untuk memahami hal tersebut adalah melalui energy vitality mapping (EVM).

Dapat dikatakan bahwa energy vitality mapping adalah sebuah pendekatan yang holistik dalam memahami dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan EVM, kita diajak untuk memetakan dan memahami pola energi, tingkat stres, serta kondisi emosional dengan lebih mendalam. Pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor tersebut dapat menjadi panduan untuk mengambil langkah-langkah yang lebih terarah dalam merancang gaya hidup yang sehat dan seimbang.

Apa Itu Energy Vitality Mapping?

Energy Vitality Mapping (EVM) adalah proses yang melibatkan pengukuran, analisis, dan pemetaan tingkat energi, vitalitas, serta faktor-faktor terkait lainnya yang memengaruhi kesehatan jiwa dan raga seseorang.

Pada EVM, menggunakan pendekatan berbagai aspek kehidupan, seperti pola tidur, pola makan, tingkat aktivitas fisik, tingkat stres, dan kondisi emosional. Semua diukur dalam sebuah pemindaian yang komprehensif. Melalui penggambaran ini, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana gaya hidup, kebiasaan, dan lingkungan sehari-hari memengaruhhi kesehatan fisik dan mental mereka.

Baca Juga: Mental Health adalah Menjaga Keseimbangan Pikiran, Jiwa, dan Perasaan

Arti Penting Energy Vitality Mapping

Planning
Sumber: Freepik

EVM memiliki beberapa arti penting yang dapat membantu individu dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan jiwa dan raga secara keseluruhan. Di antaranya, berpengaruh pada aspek-aspek:

1. Memberikan pemahaman antara energi dan vitalitas manusia

Dengan memetakan tingkat energifisik, tingkat stres, dan kondisi emosional, kita dapat mencari tahu pola-pola dan tren yang memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Dari sini, dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga keseimbangan yang sehat.

2. Manajemen stres lebih efektif

EVM memungkinkan seseorang mengenali faktor-faktor penyebab stres dalam kehidupan mereka. Dengan mengetahui apa yang memicu stres dan bagaimana stres tersebut memengaruhi kesehatan jiwa dan raga mereka, seseorang dapat mengembangkan strategi untuk mengelola stres yang lebih efektif.

3. Optimasi kesehatan jiwa dan raga

EVM memberikan wawasan bagaimana gaya hidup, pola makan, dan tingkat aktivitas fisik dapat memengaruhi kondisi tubuh. Hal ini membantu seseorang untuk mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental mereka.

4. Perbaikan kualitas tidur

EVM dapat memetakan pola tidur seseorang. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi kualitas tidur—seperti kebiasaan tidur atau lingkungan tidur—seseorang dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan situasi tidurnya. Tidur yang berkualitas penting dalam memelihara kesehatan fisik dan mental.

5. Peningkatan kinerja dan produktivitas

Setelah mengetahui kondisi energi dan vitalitas mereka, seseorang dapat berusaha menjaga keseimbangan dalam kehidupan mereka. Seperti, seimbang dalam bekerja dan beristirahat dan mengelola stres yang efektif. Sehingga, seseorang dapat lebih bertenaga dan fokus menyelesaikan tugas-tugas mereka secara efisien.

Baca Juga: Mindfulness adalah Seni Menikmati Setiap Momen di Tengah Kesibukan

Manfaat Energy Vitality Mapping

Balancing
Sumber” Freepik

EVM menawarkan sejumlah manfaat yang dapat membawa perubahan atau peningkatan dalam kesehatan jiwa dan raga seseorang. Berikut adalah lima manfaat utama dari penggunaa EVM:

1. Menggambarkan dan mengintepretasikan profil energi yang unik

Setelah melihat pola energi, tingkat stres, dan kondisi emosional secara rinci, seseorang dapat memahami bagaimana faktor-faktor tertentu memengaruhi kondisi fisik dan mental mereka secara menyeluruh. Informasi ini dapat jadi panduan dalam memilih intervensi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Mengidentifikasi sumber ketidakseimbangan dan stres dengan energy vitality mapping

Dengan memetakan berbagai faktor yang memengaruhi kondisi tubuh, seperti pola tidur, pola makan, dan tingkat aktivitas fisik, seseorang dapat melihat secara langsung di mana ketidakseimbangan mungkin terjadi. Selanjutnya, berpegang pada faktor-faktor tersebut, seseorang dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi dampaknya dan menjaga kesejahteraan mereka.

3. Memantau kemajuan dan menyesuaikan gaya hidup

Setelah mengetahui kondisi energi dan vitalitas tubuhnya, seseorang dapat melihat efek dari perubahan yang ia perbuat dalam gaya hidup mereka. Misalnya, jika seseorang mulai berolahraga secara teratur atau meningkatkan kualitas tidur mereka, mereka dapat melihat apakah ini berdampak positif pada tingkat energi dan vitalitasnya.

4. Mendorong perubahan perilaku positif

Adanya gambaran yang jelas tentang kebiasaan hidup tertentu dapat memengaruhi kesehatan jiwa dan raga dapat memberikan motivasi tambahan bagi individu untuk membuat perubahan yang lebih sehat. Ketika peta energi dan vitalitas mereka berubah pun dapat meningkatkan motivasi untuk terus mempertahankan gaya hidup sehat.

5. Meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh

Adanya EVM membuat kita paham langkah-langkah adapa yang perlu dilakukan untuk mengelola energi dan faktor-faktor kesehatan lainnya. Seseorang pun jadi merasa lebih bertenaga, fokus, dan bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Tentu, ini berdampak positif untuk kesehatan mental dan fisik dalam jangka panjang.

Baca Juga: 12 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Keseimbangan Hidup

Pemindaian dengan Teknologi Mutakhir

Sumber: Bio-Well.com

Dari penjelasan di atas, Anda dapat melihat komprehensifnya pembacaan EVM yang berguna untuk kesehatan holistik kita. Jivaraga sendiri memiliki sesi pemindaian dan pembacaan EVM yang dapat dilakukan selama waktu operasional. Pemindaian EVM di Jivaraga menggunakan sebuah alat yang inovatif yang disebut Bio-Well.

Bio-Well adalah alat yang dikembangkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Dr. Konstantinn Korotkov, seorang profesor ilmu Fiskita dari  St. Petersburg Federal Research University of Informational Technologies, Mechanics and Optics di Saint Petersburg, Russia. Alat ini bekerja dengan cara menginduksi pelepasan elektron dari jari yang bersentuhan dengan oluker udara dan sesuai dengan jumlah elektton yang dilepaskan.

Kamera Bio-Well menginduksi pelepasan elektron dari jari yang bersentuhan dengan molekul udara dan sesuai dengan jumlah elektron yang dilepaskan, cahaya dipancarkan, yang dapat dilihat secara visual melalui perangkat ini sebagai biofield yang mengelilingi tubuh. Kamera Bio-Well menyatukan pengetahuan Timur (Ayurveda – pengetahuan India tentang Chakra, pengetahuan tradisional Tiongkok tentang meridian) dengan ilmu pengetahuan konvensional Barat tentang organ dan sistem organ, yang memungkinkan memperoleh gambaran lengkap tentang kondisi mental dan fisik tubuh

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kesepian di Era Digital

Diagram Pembacaan Energy Vitality Mapping

Hasil dari pemindaian dengan Bio-Well ditunjukkan melalui 4 diagram Energy Field, Organ Balance, Chakra, dan Stress Level.

energy field
Sumber: Bio-Well.com
  • Energy Field: Diagram untuk mengeksplorasi bagaimana energi bergerak atau berinteraksi dalam tubuh manusia, serta bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang secara menyeluruh. Diagram ini sering mencakup titik-titik energi tertentu di tubuh, serta jalur-jalur atau pola energi yang dianggap mengalir melalui tubuh.
  • Stress Level: Diagram yang menggunakan berbagai warna untuk menunjukkan tingkat stres yang berbeda yang dialami individu pada titik waktu yang berbeda. Dengan mencatat tingkat stres, seseorang dapat mengidentifikasi pola, pemicu, dan tren dalam respons stres mereka
  • Chakra: Diagram yang menggambarkan kondisi chakra dalam tubuh seseorang. Chakra diyakini sebagai pusat energi atau roda energi yang terletak di sepanjang tulang belakang, menurut. Pusat energi ini dianggap berhubungan dengan berbagai aspek kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual.
  • Organ Balance: Diagram ini bertujuan untuk mengilustrasikan bagaimana organ-organ tersebut saling terhubung dan berinteraksi, serta bagaimana fungsi dan kesehatan mereka mempengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan. Selain untuk memahami kompleksitas sistem tubuh manusia, diagram ini juga mengidentifikasi area-area di mana penyimpangan dari keseimbangan alami mungkin terjadi.

Itulah sesi Energy Vitality Mapping di Jivaraga. Dalam sesi ini, Anda bukan hanya diberi informasi mengenai kondisi tubuh, tapi juga diinformasikan mengenai langkah-langkah konkret yang dapat diambil dalam merawat dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh. Energy Vitality Mapping memnjadi sebuah langkah proaktif menju pemahaman diri yang lebih dalam serta pengembangan potensi diri secara maksimal dalam berbagai aspek kehidupan.