You are currently viewing 10 Prinsip Feng Shui Rumah agar Rezeki Lancar dan Meningkatkan Kesehatan
Sumber: Freepik

10 Prinsip Feng Shui Rumah agar Rezeki Lancar dan Meningkatkan Kesehatan

Setiap orang pasti ingin memperoleh kelancaran rezeki dan kesehatan dalam hidup mereka. Ketidakpastian ekonomi, tekanan pekerjaan, sekaligus keinginan menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan profesional membuat banyak orang mencari solusi mudah yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Salah satu pendekatan yang populer adalah menerapkan prinsip-prinsip Feng Shui ketika menata rumah agar rezeki lancar dan senantiasa sehat.

Feng Shui, seni dan ilmu kuno dari Tiongkok, telah lama digunakan untuk mengatur dan mengharmonisasikan energi di dalam rumah. Feng Shui juga dapat dioptimalkan pada rumah untuk menciptakan aliran rezeki yang lebih lancar dan sehat. Dengan demikian, dapat mengundang kekayaan serta kemakmuran ke dalam rumah dan kehidupan kita.

Menerapkan Prinsip Feng Shui di Rumah agar Rezeki Lancar dan Sehat

feng shui rumah agar rezeki lancar ruang tamu
Sumber: Freepik

Inti dari Feng Shui adalah konsep “chi” atau “qi”. Konsep ini merujuk pada energi kehidupan yang mengalir melalui segala sesuatu di alam semesta. Chi adalah kekuatan yang tak terlihat, tapi dapat mempengaruhi kesejahteraan, kebahagiaan, dan kemakmuran seseorang

Untuk memanfaatkan kekuatan chi dalam kehidupan sehari-hari, pastikan bahwa chi mengalir bebas ke seluruh ruangan tempat tinggal Anda. Berikut beberapa cara agar chi dalam Feng Shui dapat digunakan agar rezeki mengalir lancar dan membawa kesejahteraan bagi seluruh penghuni rumah.

1. Pintu utama yang bersih dan terawat

Pintu utama rumah adalah mulut chi, yaitu tempat utama energi memasuki rumah. Oleh karena itu, pastikan bahwa pintu utama selalu bersih, tidak rusak, dan bebas dari hambatan apa pun. Ini untuk memastikan bahwa energi positif dapat mengalir dengan lancar ke seluruh rumah, membawa keberuntungan dan kesehatan bagi penghuninya.  

Selalu periksa apakah ada kerusakan, seperti engsel yang berdecit atau kayu yang retak. Pintu yang kokoh mencerminkan kekuatan dan stabilitas. Pilihlah pintu yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama.

Selain itu, pastikan cat pintu tidak mengelupas atau memudar. Pasalnya, hal tersebut bisa menggambarkan energi yang lemah atau kurang bersemangat. Pintu utama juga harus bebas dari penghalang, seperti sepatu, payung, atau barang-barang lain yang bisa menghambat aliran chi masuk ke dalam rumah.

2. Aliran energi di ruang tamu

Ruang tamu memiliki peran penting sebagai titik awal pertemuan antara energi luar dan energi dalam rumah. Sebagai ruangan yang pertama kali dilihat setelah pintu utama, pastikan bahwa ruang tamu memiliki kesan yang positif dan membuka jalan bagi aliran energi positif masuk ke dalam rumah.

Ruang tamu harus terbuka dan terang dengan baik. Gunakan pencahayaan yang cukup untuk menerangi ruang tamu, baik dengan cahaya alami maupun buatan. Pencahayaan ini menciptakan atmosfer yang menyambut dan penuh kehangatan.

Rapikan ruangan dan pastikan furnitur serta dekorasi tersusun dengan baik. Hindari menempatkan barang-barang yang dapat menghalangi aliran energi positif, seperti meja tamu yang penuh barang atau kursi terletak di tengah-tengah ruangan. Pastikan juga tidak ada furnitur yang menghalangi pintu masuk atau jendela, agar energi dapat mengalir dengan bebas.

Baca Juga: Ciptakan Keseimbangan, Ini 5 Tata Ruang Rumah yang Perlu Dihindari Menurut Feng Shui

3. Penerangan yang baik untuk Feng Shui rumah agar rezeki lancar dan sehat

Pencahayaan pada rumah yang baik, terang, dan nyaman—baik dari cahaya alami maupun buatan—sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan memperlancar aliran energi positif. Salah satunya adalah dengan memastikan penggunaan lampu yang tepat di seluruh rumah. Dengan cara ini, Feng Shui rumah agar rezeki lancar dan kesehatan penghuninya meningkat dapat diterapkan.

Gunakan lampu yang cukup terang dan memberikan pencahayaan yang merata, terutama di area-area kunci, seperti pintu masuk dan ruang tamu. Pintu yang terang dan ramah akan menyambut energi positif ke dalam rumah Anda. Manfaatkan juga cahaya alami sebanyak mungkin dengan memastikan jendela terbuka dan tidak terhalang oleh barang-barang atau penutup jendela tebal.

4. Warna yang menarik rezeki

Beberapa warna diyakini dapat membuka jalan bagi aliran energi positif dan membawa keberuntungan, seperti merah, hijau, dan ungu. Merah melambangkan kekuatan dan keberuntungan dalam budaya Tiongkok sehingga dianggap simbol kekayaan dan kemakmuran.

Hijau melambangkan pertumbuhan dan kelimpahan alam yang dikaitkan juga dengan keuangan yang stabil dan kesuksesan. Sedangkan ungu, dengan kesan kemewahan dan keberuntungan, sering dipilih untuk menarik keberuntungan dan kekayaan. Anda dapat menerapkan warna-warna tersebut pada dekorasi, cat dinding, atau aksesori rumah, sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi.

5. Tata letak meja makan

feng shui rumah ruang makan
Sumber: Freepik

Tata letak meja makan berperan dalam menciptakan harmoni di dalam rumah dan memastikan aliran energi lancar selama makanan dikonsumsi. Oleh karena itu, pastikan bahwa meja makan selalu bersih dan bebas dari tumpukan barang yang tidak perlu. Meja makan yang berantakan dapat mengganggu aliran energi dan mengganggu kualitas waktu makan.

Posisi meja makan sebaiknya dipilih dengan bijaksana. Idealnya, meja makan ditempatkan di area yang luas dan terbuka. Letak ini memungkinkan semua orang yang duduk di meja memiliki pandangan yang menyenangkan ke arah pintu masuk. Namun, meja makan sebaiknya tidak langsung sejajar dengan pintu masuk. Hal tersebut dianggap makan menghadang aliran energi positif yang memasuki rumah.

Baca Juga: 5 Penerapan Feng Shui Simpel untuk Interior Design yang Ideal

6. Area dapur yang tertata

Dapur bukan hanya tempat untuk memasak. Dalam feng shui, dapur juga menjadi pusat kekayaan dan kemakmuran. Jaga supaya dapur selalu bersih, rapi, dan tertata untuk memastikan aliran energi yang positif dan mendukung kelancaran rezeki serta kesehatan dalam rumah.

Bersihkan dapur secara teratur dari debu, kotoran, dan sisa-sisa makanan. Rapikan peralatan dapur, wadah penyimpanan, dan area memasak. Periksa juga peralatan dapur secara berkala untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Perbaiki keran yang bocor atau peralatan yang rusak segera setelah Anda menemukan masalahnya. Kebocoran dapat menyimbolkan kebocoran kekayaan juga dan menghambat aliran rezeki dan kesehatan.

7. Gunakan cermin

Dalam feng shui, cermin dianggap dapat memantulkan dan mengalirkan energi di sekitar ruangan. Penggunaan cermin yang bijaksana dapat membantu meningkatkan aliran energi positif atau chi di dalam rumah.

Cermin perlu diletakkan di tempat-tempat strategis yang memungkinkan cermin-cermin dapat memantulkan bahaya dan memperluas ruang. Ini bisa menciptakan kesan rruangan yang lebih luas dan terang. Suasana pun terasa lebih terbuka dan menyenangkan.

Cermin juga dapat membantu memperbaiki aliran chi dengan memantulkan energi positif ke seluruh ruangan. Namun, perlu diingat untuk menghindari menempatkan cermin di depan pintu utama. Hal tersebut malah akan membuat energi positif keluar dari rumah. Letakkanlah cermin di dinding yang berlawanan dengan pintu masuk untuk membantu memantulkan energi yang masuk ke dalam rumah.

8. Tanaman hias untuk Feng Shui rumah agar rezeki lancar dan sehat

Tanaman hijau secara simbolis melambangkan pertumbuhan, kehidupan, dan keberlimpahan. Memperkenalkan tanaman hias ke dalam rumah tidak hanya akan menambah keindahan visual. Aliran energi positif juga akan meningkat.

Pilihlah tanaman yang sehat dan subuh sehingga dapat memberikan udara bersih dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pastikan juga untuk menempatkan tanaman di tempat yang cukup cahaya. Sinar matahari akan membantu proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman.

Letakkan tanaman di berbagai area rumah, termasuk ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Langkah ini dapat menyebarkan energi positif ke seluruh ruangan.

9. Air mengalir

Menempatkan air mancur kecil di rumah, terutama dekat pintu masuk, dapat membantu memperkuat aliran rezeki positif ke dalam rumah. Air yang mengalir dengan lembut dan berirama menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan. Ini dapat mengundang energi positif ke dalam lingkungan rumah.

Pastikan juga bahwa air mancur tersebut selalu bersih dan airnya mengalir dengan lancar. Perawatan yang teratur diperlukan untuk menjaga kebersihan air mancur dan menghindari kerusakan yang bisa menghalangi aliran energi positif.

10. Jaga kebersihan dan kerapian

Tentu saja, rumah perlu selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Bukan hanya untuk memberikan kenyamanan visual. Kebersihan dan kerapian merupakan fondasi utama dari praktik feng shui yang sukses.

Energi positif tidak dapat mengalir dengan baik di lingkungan yang kotor dan berantakan. Oleh karena itu, bersihkan rumah secara teratur dari debu, kotoran, dan sampah lainnya yang dapat menghalangi aliran energi positif. Pastikan juga untuk menjaga kerapian dengan mengorganisasi atau menyusun barang-barang. Sedangkan, barang-barang yang sudah tidak diperlukan atau tidak terpakai boleh “disingkirkan”.

Dengan menjaga rumah tetap bersih, rapi, dan terorganisasi, Anda menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan, kesehatan, dan kebahagiaan bagi seluruh keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres yang Strategis di Era Digital

Feng Shui Rumah agar Rezeki Lancar bersama JIVARAGA

feng shui rumah sofa
Sumber: Freepik

Ingin lebih memahami Feng Shui? Anda dapat memperdalam pengetahuan mengenai Feng Shui dan bagaimana menerapkannya untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengikuti workshopThe Art of Feng Shui” yang diadakan oleh JIVARAGA pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, mulai pukul 13.00 – 18.00 WIB, di JIVARAGA Space, Jakarta

Bersama ahli Feng Shui yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidangnya, Zour, Anda akan mempelajari teknik-teknik untuk mengatur ruang di rumah agar lebih harmonis dan mendatangkan energi positif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips praktis untuk memperlancar aliran rezeki dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental melalui penataan yang tepat.

Anda dapat mengikuti workshop ini dengan investasi:

  • Rp1.200.000 (early bird hingga 22 Mei 2024)
  • Rp1.800.000 (harga normal)

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat mengirimkan pesan WhatsApp ke: https://wa.me/6281188811338

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meraih kesejahteraan dan kebahagiaan dengan mengikuti workshop yang komprehensif dan inspiratif di JIVARAGA ini.

Leave a Reply