You are currently viewing 3 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Jiwa Raga
Pexels.com

3 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Jiwa Raga

Untuk menjaga kebugarannya, sebagian besar orang memilih waktu olahraga pagi hari karena ada berbagai manfaat olahraga pagi yang tak ingin dilewatkan. Selain udaranya yang masih sejuk, tubuh juga masih segar untuk berolahraga. Ketika hari menjelang siang atau malah sudah terlalu sore, orang cenderung lebih mudah malas berolahraga. Namun dalam dunia medis, tidak ada penelitian yang benar-benar menunjukan kalau olahraga pagi adalah waktu yang paling baik. 

Meski demikian, memang ada manfaat-manfaat tertentu yang bisa diperoleh saat memilih olahraga di pagi hari.

Manfaat Olahraga Pagi

Olahraga apa yang paling sering Anda lakukan agar tetap bugar setiap hari? Sebut saja lari, yoga, atau sengaja melangkahkan kaki ke pusat kebugaran. Apaan pun yang Anda lakukan, ada baiknya Anda mempertahankan untuk membantu menjaga kebugaran raga, “menabung” masa otot agar terhindar dari penyakit penyusutan otot seiring dengan berjalannya usia, hingga meningkatkan hormon bahagia.

Kapan pun Anda melakukannya tidak menjadi soal. Namun orang seringkali menyukai olahraga pagi karena dipercaya memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat olahraga pagi? Simak beberapa hal berikut:

Baca Juga: Inner Child adalah Salah Satu Kunci Atasi Pola Hubungan Toxic

1.Lebih Punya Banyak Energi

Olahraga yang teratur mampu membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Ketika Anda berolahraga, oksigen dan nutrisi akan lancar mengalir ke jantung dan paru-paru, sehingga meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan.

Manfaat olahraga pagi yang dapat Anda rasakan adalah Anda akan merasa lebih berenergi sepanjang hari. Contohnya saat olahraga lari. Seseorang yang rajib berolahraga seperti berlari akan mengeluarkan endorphine yang membuatnya bahagia. Oleh karena itu, tak mengherankan kalau seorang yang rajin lari pagi kelihatan segar, ceria, energik, dan tampak begitu sehat.

Meskipun demikian, orang yang sedang dalam kondisi tidak sehat tidak akan serta merta menjadi sehat setelah berlari. Untuk dapat rutin berolahraga lari dibutuhkan tubuh yang sehat juga. Hidup harus teratur, pola makan terjaga, dan cukup istirahat.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat olahraga pagi yang tak boleh Anda lewatkan adalah Andaa bisa mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Hal ini karena paparan cahaya pagi akan membantu meningkatkan kadar melatonin di malam hari. Dengan kadar melantonin yang baik, Anda akan lebih mudah tidur pulas.

Baca Juga: Regulasi Emosi adalah Kunci Hadapi Dinamika Hidup dengan Bijak

3. Menjadi Lebih Waspada

Manfaat olahraga pagi yang tak kalah penting adalah membantu membuat Anda menjadi lebih waspada. Kondisi ini terjadi karena meningkatnya hormon kortisol. Hormon inilah yang membantu Anda tetap terjaga dan waspada.

Pada umumnya, hormon kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari. Hormon ini akan mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi. Jika Anda memiliki ritme sirkadian ( proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam) yang sehat, tubuh akan lebih siap untuk berolahraga di pagi hari saat hormon kortisol sedang dalam puncaknya. 

Psstt...di JIVARAGA ada banyak kelas yang dapat Anda ikuti untuk membantu menjaga kesehatan jiwa dan raga sekaligus meraih berbagai manfaat kesehatan secara optimal. Berbagai kelas yoga yang dipandu oleh berbagai fasilitator dapat Anda pilih sebelum memulai atau mengakhiri hari. Tersedia paket unlimited senilai Rp 1.080.000 sebagai akses untuk masuk ke lebih dari 70 kelas kami. Tunggu apa lagi? Book your slot, now!

Leave a Reply