You are currently viewing Gerakan Yoga untuk Pemula: Mudah Dilakukan Setiap Hari
Pexels.com

Gerakan Yoga untuk Pemula: Mudah Dilakukan Setiap Hari

Hidup yang penuh dengan rutinitas dan tekanan membuat perjalanan memulai kebiasaan sehat, seperti olahraga, tidaklah mudah. Tak perlu berkecil hati, mulailah dengan olahraga yang paling mudah seperti melakukan gerakan yoga.

Ada berbagai gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan hanya 15-30 menit sehari, Anda bisa merasakan manfaat yoga tanpa harus mengorbankan banyak waktu.

Yoga bukanlah aktivitas yang harus dilakukan selama berjam-jam. Bahkan bagi mereka yang baru memulai, gerakan-gerakan yoga sederhana ini dapat membantu memberikan manfaat signifikan.

Gerakan Yoga untuk Pemula

Peregangan ringan pada punggung, paha belakang, dan pinggul bisa memberikan rasa nyaman dan kesegaran setiap hari. Simak apa saja sederet gerakan yoga untuk pemula yang dapat Anda lakukan setiap hari berikut ini:

1. Peregangan Cat-Cow ( Chakravakasana)

    Gerakan yoga yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah peregangan cat-cow. Caranya, Tempatkan kedua telapak tangan dan kedua lutut di atas matras selebar bahu seperti sedang akan merangkak. Kemudian, ambil napas sembari membuka dada dan mengayunkan kepala dari sejajar dengan leher hingga mendongak. Ketika menghela napas, turunkan kembali kepala dan lengkungkan punggung hingga Anda merasakan bagian perut tertarik ke dalam. 

    Lakukan gerakan yoga ini selama 5 -10 kali. Peregangan ini akan memperluas gerakan di sepanjang tulang belakang, membantu membangunkan dan menyegarkan seluruh tubuh.

    Baca Juga:  Persiapan Yin Yoga dan Pose untuk Relaksasi serta Revitalisasi

    2. Downward Facing Dog (Adho Mukha Svanasana)

    Gerakan yoga selanjutnya adalah Downward Facing Dog Walaupun cocok buat pemula, tetapi bukan berarti pose ini sangat mudah. Hal ini karena ada orang yang sering kali membawa kedua telapak tangan terlalu jauh ke depan sehingga membuat pose ini tampak seperti pose plank.

    Sebaiknya, ingatlah untuk menjaga berat badan sebagian besar berada di telapak kaki dan biarkan bokong mengarah tinggi seolah hendak mencapai langit-langit ruangan. Jangan lupa, pastikan tumit diregangkan ke arah lantai (tumit tidak harus menapak lantai). Pada gerakan ini, layangkan pandangan Anda menghadap pusar.

    Anda akan merasakan otot betis terasa sedang aktif. Jika terasa kurang nyaman, tekuk lutut untuk menyesuaikan diri dengan gerakan yoga tersebut. Tahan gerakan yoga downward facing dog selama 5 sampai 10 tarikan napas untuk meregangkan paha belakang, betis, dan kaki lebih jauh.

    3. Low Lunge (Anjaneyasana)

    Gerakan yoga untuk pemula yang ketiga adalah low lunge. Dari gerakan downward facing dog, langkahkan kaki kanan ke depan. Tepatnya di samping tangan kanan untuk melakukan low lunge.

    Saat kaki kanan maju ke depan, Anda dapat menurunkan lutut kaki kiri yang berada di belakang ke lantai. Pastikan bagian lutut sampai jari kaki menempel ke lantai dengan telapak kaki menghadap atas. 

    Pada gerakan ini, tubuh akan menghadap ke depan. Gerakan ini akan membantu peregangan di kedua pinggul. Tahan selama 3-5 napas.

    4. Triangle Pose ( Utthita Trikonasana)

    Gerakan Yoga
    Pexels.com

    Gerakan yoga yang tak kalah penting dan perlu dilakukan setiap hari adalah triangle pose. Gerakan ini membantu meregangkan area pinggang, pinggul, dan kaki.

    Berdiri dan buka kaki sedikit lebih lebar dari bahu. Jaga posisi kaki tetap terbuka seperti segitiga, dan pastikan seluruh jari kakimu menghadap ke arah yang sama yaitu ke sisi matras yang panjang. Tarik napas dahulu di posisi ini selama beberapa detik.

    Baca Juga: Meditasi adalah Cara Menemukan Ketenangan untuk Kesehatan Jiwa

    Setelah itu, rentangkan kedua tangan ke samping. Miringkan tubuh dari pinggang hingga kepala ke sisi kanan, sentuh jari kaki Anda dengan ujung jari tangan. Atau, Anda bisa menyentuh area tulang kering. Pada posisi ini, tangan kiri akan berada sejajar dengan tangan kanan, menghadap ke atas.

    Pastikan pandanganmu mengarah ke atas, melihat ke arah tangan kiri. Gerakan ini sangat bagus untuk memperkuat kaki, punggung, dan meregangkan sisi tubuh.

    Yuk, praktikkan keempat gerakan yoga untuk pemula yang mudah di rumah. Namun, jangan terlalu dipaksakan ya. Berbagai gerakan yoga akan membantu melatih kesabaran Anda. Lakukan secara konsisten. Jika merasa kesulitan coba ikut kelas yoga seperti yang ada di JIVARAGA.

    Anda dapat memulai perjalanan kesehatan jiwa dan raga dengan mengikuti Unlimited Package di JIVARAGA. Dengan melakukan investasi seharga Rp 1.080.000,-  Anda dapat mengikuti lebih dari 70 kelas, mulai dari yoga, sound therapy, hingga meditasi. Book your slot, NOW!

    Leave a Reply