You are currently viewing 7 Manfaat Restorative Yoga untuk Mencapai Keseimbangan Fisik dan Emosional
Sumber: Freepik

7 Manfaat Restorative Yoga untuk Mencapai Keseimbangan Fisik dan Emosional

Restorative yoga dapat jadi pilihan bagi yang ingin merawat diri di tengah kesibukan dan tekanan. Dalam hiruk-pikuk kehidupan modern, restorative yoga menawarkan manfaat ketenangan dan pemulihan. Dengan manfaat pose-pose yang mendukung pernapasan yang dalam, restorative yoga menghadirkan sejumlah manfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional yang mendalam.

Apa Itu Restorative Yoga?

Restorative yoga adalah bentuk yoga yang berfokus pada manfaat relaksasi dan pemilihan tubuh melalui pose-pose yang lembut dan mampu mendukung tubuh. Perbedaannya dengan jenis yoga yang lebih dinamis—seperti Vinyasa atau Ashtanga—adalah restorative yoga menekankan pada ketenangan, pernapasan, dan meditasi.

Dalam restorative yoga, gerakannya mencakup pose-pose yang ditahan dalam waktu yang lebih lama. Umumnya, 5-20 menit. Ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk benar-benar rileks dan melepaskan ketegangan.

Restorative yoga juga, melansir dari Healthline, merupakan praktik yang dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Sistem saraf ini bertanggung jawab untuk respons “istirahat dan cerna” (rest and digest) pada tubuh untuk membantu menjaga fungsi dasar tubuh sebagaimana mestinya. Sistem saraf parasimpatik sendiri membantu mengurangi stres dan meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh. Inilah yang memberikan nilai lebih pada manfaat restorative yoga.

Dalam sesi restorative yoga, alat bantu seperti blok yoga, bolsters, selimut, dan tali sering digunakan untuk mendukung tubuh dalam berbagai pose. Dengan demikian, otot-otot dapat benar-benar rileks. Beberapa pose restorative yoga juga ada yang dilakukan dengan berbaring atau duduk guna memastikan kenyamanan dan stabilitas yang maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Utama Yin Yoga: Dengarkan Tubuh, Damaikan Pikiran

Manfaat Restorative Yoga

MANFAAT RESTORATIVE YOGA ADALAH
Sumber: Freepik

Manfaat restorative yoga mencakup berbagai aspek penting yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan emosional. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari praktik restorative yoga yang dapat membawa perubahan positif dalam hidup.

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Salah satu manfaat terbesar dari restorative yoga adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan. Pose-pose pada yoga dan pernapasan yang dalam membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Penelitian menemukan juga bahwa yoga mampu mengurangi tingkat hormon stres seperti kortisol.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian juga menemukan bahwa berkurangnya stres dan ketegangan pada yoga membawa efek positif lain pada tubuh. Salah satunya adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Yoga sendiri memang sering direkomendasikan bagi mereka yang mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Well-Being Menyeluruh

3. Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas

Gerakan restorative yoga memang terasa lebih lambat dan halus. Meski demikian, restorative yoga tetap dapat memberikan manfaat meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas. Yoga ini membantu memanjangkan dan merilekskan otot-otot secara perlahan. Pose yang ditahan dalam waktu yang lama memungkinkan jaringan ikat dan otot untuk melepaskan ketegangan dan meningkatkan jangkauan gerak.

4. Meningkatkan fungsi sistem imun

Latihan restorative yoga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem imun terkait dengan berkurangnya tingkat stres kronis. Tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh berada dalam keadaan rileks, ia lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

5. Mengurangi nyeri kronis

Fungsi restorative yoga yang dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan memperbaiki sirkulasi darah baik juga untuk mengurangi nyeri kronis pada tubuh. Contohnya, mengurangi nyeri punggung atau arthritis. Latihan yoga membantu tubuh untuk melepaskan pola-pola ketegangan yang seringkali berkontribusi pada rasa sakit.

6. Meningkatkan keseimbangan emosional

Selain manfaat fisik, restorative yoga juga memberikan manfaat untuk membantu keseimbangan emosional. Praktik meditasi dan pernapasan dalam restorative yoga membantu mengolah emosi yang sulit dan menciptakan rasa kedamaian dan kesejahteraan.

7. Mendukung penyembuhan pascacedera atau penyakit

Restorative yoga adalah pilihan yang baik bagi mereka dalam masa pemulihan dari cedera atau penyakit. Gerakan restorative yoga yang halus dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu jadi cara yang aman untuk tetap aktif dan mempercepat proses pemulihan.

Itulah beberapa manfaat restorative yoga yang dirasakan tidak hanya untuk kesehatan fisik, tapi juga keseimbangan mental dan emosional. Bagi siapa saya yang mencari  mencari cara untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui latihan yang halus dan mendalam, restorative yoga adalah pilihan yang sangat baik. Cobalah memasukkan sesi restorative yoga ke dalam rutinitas mingguan Anda dan rasakan sendiri manfaatnya yang menenangkan dan memulihkan.

Nah, Anda dapat merasakan manfaat mendalam dari restorative yoga di JIVARAGA. Sesi restorative yoga di JIVARAGA berlangsung setiap hari Senin, pukul 19.30 – 20.45 WIB. Di sini, Anda akan dipandu oleh Kiki Tegar dalam suasana yang tenang dan mendukung.

Setiap sesi dirancang untuk membantu Anda melepaskan stres, meningkatkan fleksibilitas, dan mencapai ketenangan pikiran.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Atau, Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

 Jangan lewatkan kesempatan untuk memulihkan energi dan meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan di JIVARAGA. Daftarlah sekarang dan rasakan sendiri manfaat luar biasa dari restorative yoga.

Leave a Reply