You are currently viewing 5 Manfaat Utama Sunscreen untuk Kesehatan yang Menyeluruh
Sumber: Freepik

5 Manfaat Utama Sunscreen untuk Kesehatan yang Menyeluruh

Berulang kali kita mendengar atau membaca agar selalu menyertakan sunscreen dapat dalam perawatan kulit sehari-hari. Tidak hanya di luar ruang, sunscreen disebutkan tetap perlu digunakan meski banyak beraktivitas dalam ruang. Sebabnya, meski memberikan manfaat untuk produksi vitamin D, sinar matahari berisiko juga membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sunscreen hadir memberikan manfaat perlindungan terhadap efek berbahaya sinar ultraviolet (UV) matahari.

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Penggunaan sunscreen secara rutin tidak hanya menjaga kesehatan kulit, tetapi juga memberikan manfaat keseimbangan hidup yang menyeluruh, baik dari segi fisik maupun mental. Simak beberapa manfaat sunscreen pada artikel di bawah ini.

Memahami Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan

MANFAAT SUNSCREEN UNTUK KESEHATAN
Sumber: Freepik

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan manfaat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Cara kerja sunscreen adalah dengan menyerap, memantulkan, atau menyebarkan sinar UV. Hal ini mencegah kerusakan kulit yang dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Sunscreen biasanya mengandung bahan aktif seperti oxybenzone, avobenzone, zinc oxide, atau titanium dioxide yang bertindak sebagai filter UV. Sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk krim, lotion, gel, dan semprotan. Dengan demikian, manfaat sunscreen dapat dirasakan dengan penggunaan yang disesuaikan pada berbagai jenis kulit dan kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Berikut manfaat sunscreen untuk kesehatan sekaligus keseimbangan hidup secara menyeluruh:

1. Melindungi dari kanker kulit

Salah satu manfaat kesehatan paling penting dari penggunaan sunscreen adalah melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak DNA sel kulit dan memicu perkembangan kanker kulit. Salah satunya, yang disebut melanoma, yaitu jenis kanker kulit paling berbahaya. Sunscreen membantu mengurangi paparan sinar UV sehingga mengurangi risiko kanker kulit dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Manfaat sunscreen untuk mencegah penuaan dini

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan. Dengan menggunakan sunscreen, kita dapat melindungi kulit dari kerusakan ini. Kulit pun dapat tetap sehat dan tampak muda lebih lama. Kulit yang sehat dan terawat baik berkontribusi pada rasa percaya diri dan kesejahteraan emosional, yang pada akhirnya mendukung keseimbangan jiwa dan raga.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon untuk Meningkatkan Kecantikan Kulit Wajah

3. Mengurangi stres kulit dan hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan stres oksidatif pada kulit. Stres oksidatif ini dapat memicu peradangan dan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana sebagian area kulit menjadi lebih gelap karena peningkatan produksi melanin.

Penggunaan sunscreen memberikan manfaat mengurangi stres oksidatif dan risiko hiperpigmentasi. Hal ini juga menjaga kulit tetap bersih dan merata warnanya. Pada gilirannya, hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri dan kesejahteraan mental.

4. Mencegah kerusakan kolagen dan elastin

Kolagen dan elastin adalah protein penting yang menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit menjadi kendur, berkerut, dan kehilangan elastisitasnya.

Sebagai melindungi kulit dari sinar UV, sunscreen membantu mempertahankan kolagen dan elastin. Dengan demikian, sunscreen memberikan manfaat menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan elastis. Kulit yang sehat mendukung kesehatan fisik dan emosional, mendukung kehidupan yang seimbang.

5. Sunscreen mendukung manfaat pelindung alami kulit

Kulit memiliki fungsi pelindung alami yang melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal, seperti bakteri, polusi, dan zat berbahaya lainnya. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat merusak lapisan pelindung ini, membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi.

Sunscreen membantu menjaga integritas lapisan pelindung kulit, memastikan kulit tetap berfungsi optimal dalam melindungi tubuh. Kulit yang sehat dan terlindungi berkontribusi pada kesehatan fisik yang baik. Ketika fisik sudah sehat, pada gilirannya akan mendukung kesejahteraan jiwa dan raga secra menyeluruh.

Penggunaan sunscreen adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mendukung kehidupan yang seimbang antara jiwa dan raga. Untuk manfaat optimal, pastikan menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dan aplikasikan secara rutin setiap kali Anda beraktivitas—terutama di luar ruang.

Manfaat Sunscreen secara Menyeluruh dengan JIVARAGA

Selain menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan sunscreen, penting juga untuk merawat kesehatan jiwa dan raga secara menyeluruh. Salah satu cara efektif untuk mencapai keseimbangan tersebut adalah dengan mengikuti kelas-kelas wellness di JIVARAGA.

Di JIVARAGA, Anda dapat menemukan berbagai program yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, seperti yoga, meditasi, hingga sound healing. Kelas-kelas ini tidak hanya membantu mengurangi stres dan kecemasan, tetapi juga memperbaiki postur, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh.

Selian itu, terdapat juga sesi konsultasi privat 1-on-1 yang akan membantu Anda memberikan solusi pada masalah fisik dan emosional Anda.

Untuk informasi tentang kelas, jadwal, booking tempat, dapat menghubungi JIVARAGA:

https://wa.me/6281188811338

Atau, follow Instagram JIVARAGA di:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Dengan menggabungkan perlindungan kulit dan partisipasi dalam kegiatan wellness di JIVARAGA, Anda dapat mencapai keseimbangan hidup yang optimal serta menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Leave a Reply