You are currently viewing 7 Teknik Relaksasi yang Efektif Atasi Stres dan Cemas
Sumber: Freepik

7 Teknik Relaksasi yang Efektif Atasi Stres dan Cemas

  • Post author:
  • Post category:Jiva

Stres adalah bagian tak terhindarkan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Untuk membantu mengatasi stres, Anda bisa melakukan teknik relaksasi yang efektif dan mudah dipraktikkan.

Teknik relaksasi ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Walaupun setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres, tetapi tak ada salahnya Anda mempraktikkan teknik-teknik relaksasi berikut ini!

Teknik Relaksasi yang Ampuh Atasi Stress

Relaksasi adalah sebuah proses yang dirancang untuk mengurangi ketegangan fisik dan mental. Salah satu manfaat relaksasi yaitu untuk membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi stres serta kecemasan. 

Inilah beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan: 

1. Meditasi Mindfulness

TEKNIK MINDFULNESS MEDITATION
Sumber: Pexels

Meditasi adalah teknik relaksasi yang melibatkan fokus dan konsentrasi pikiran. Teknik ini melibatkan duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan, dan membawa perhatian pikiran ke saat ini tanpa terganggu oleh kekhawatiran tentang masa lalu atau masa depan.

Cobalah untuk bermeditasi dengan cara duduk nyaman, tutup mata, dan fokus pada napas. Lakukan meditasi setidaknya 10-15 menit setiap hari untuk hasil yang optimal. 

Nikmati efeknya dalam mengurangi kecemasan, depresi, dan rasa sakit. 

2. Latihan Pernapasan Dalam

Pernapasan dalam adalah teknik sederhana yang melibatkan pengambilan napas panjang dan lambat untuk menenangkan sistem saraf. Latihan ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres. 

Cobalah teknik pernapasan 4-7-8: tarik napas selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, dan hembuskan napas perlahan selama 8 detik. Ulangi beberapa kali hingga merasa lebih tenang.

Fokuslah pada setiap napas dan rasakan bagaimana udara masuk dan keluar dari tubuh Anda. Teknik ini efektif untuk mengurangi ketegangan dan menenangkan pikiran.

3. Yoga

Yoga menggabungkan postur tubuh, pernapasan, dan meditasi untuk membantu relaksasi. Berbagai gerakan yoga, seperti savasana dan balasana, sangat efektif untuk mengurangi stres dan ketegangan. 

Praktik yoga secara teratur tidak hanya meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, tetapi juga menenangkan pikiran.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik atau suara alam, dapat membantu merilekskan pikiran dan tubuh. 

Musik memiliki kemampuan untuk mempengaruhi suasana hati dan dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi stres.

5. Aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial untuk merangsang indra penciuman dan mempengaruhi suasana hati. Minyak esensial seperti lavender, chamomile, dan peppermint dikenal memiliki efek menenangkan. 

Anda bisa menggunakan diffuser atau meneteskan beberapa tetes minyak esensial pada bantal sebelum tidur untuk menciptakan suasana yang lebih rileks. 

6. Doa Berulang

Dalam teknik ini, Anda mengulangi secara diam-diam doa pendek atau frasa dari doa sambil mempraktikkan fokus pernapasan. Metode ini mungkin sangat menarik jika agama atau spiritualitas memiliki makna bagi Anda.

Alih-alih memilih hanya satu teknik, para ahli merekomendasikan untuk mencoba beberapa teknik untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. 

Cobalah berlatih setidaknya 20 menit sehari, meskipun beberapa menit saja sudah dapat membantu. Namun, semakin lama dan semakin sering Anda mempraktikkan teknik relaksasi ini, semakin besar manfaatnya dan semakin Anda dapat mengurangi stres.

7. Berjalan Kaki di Alam

Berjalan kaki di alam, seperti di taman atau hutan, dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pikiran. Paparan alam dan udara segar dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental. 

Cobalah berjalan kaki selama 20-30 menit setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

Teknik relaksasi ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Mulailah Terapkan Relaksasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Menerapkan teknik relaksasi dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi langkah besar untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Agar lebih efektif dalam meredakan stres, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika melakukan praktik relaksasi:

1. Tetapkan Waktu dan Tempat Khusus untuk Relaksasi

Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih teknik relaksasi, meskipun hanya 10-15 menit. Menjadwalkannya pada waktu yang sama setiap hari, seperti pagi hari atau sebelum tidur, dapat membantu menjadikannya kebiasaan.

Anda juga bisa mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk berlatih relaksasi. Matikan gangguan seperti televisi atau ponsel, dan ciptakan suasana yang mendukung ketenangan, seperti menyalakan lilin aromaterapi atau mendengarkan musik yang menenangkan.

2. Mulai dengan Teknik Sederhana

Jika Anda baru memulai, coba teknik relaksasi yang sederhana seperti pernapasan dalam atau pernapasan diafragma. Fokus pada napas Anda dan rasakan bagaimana udara masuk dan keluar dari tubuh. Teknik ini mudah dipelajari dan dapat dilakukan di mana saja.

3. Coba Beberapa Teknik Relaksasi

Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres. Beberapa orang mungkin lebih suka meditasi, sementara yang lain mungkin menemukan yoga atau tai chi lebih bermanfaat. 

Cobalah berbagai teknik relaksasi untuk menemukan yang paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Apalagi saat ini banyak aplikasi dan sumber online yang menawarkan panduan relaksasi, meditasi, dan yoga. Gunakan alat ini untuk membantu Anda memulai dan menemukan teknik yang paling cocok untuk Anda.

4. Tetapkan Tujuan Realistis

Mulailah dengan tujuan yang realistis, seperti berlatih relaksasi selama 5-10 menit setiap hari. Secara bertahap tingkatkan durasinya seiring dengan meningkatnya kenyamanan dan kemampuan Anda dalam berlatih. 

Kalau perlu, integrasikan teknik relaksasi ke dalam rutinitas harian Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan latihan pernapasan dalam saat istirahat kerja, atau melakukan yoga ringan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

5. Catat Perkembangan Anda

Buat catatan harian tentang praktik relaksasi Anda dan perhatikan perubahan yang Anda rasakan. Ini dapat membantu Anda tetap termotivasi dan melihat manfaat dari usaha Anda. 

Jangan lupa untuk bersabar dengan diri sendiri dan terus berlatih hingga teknik relaksasi menjadi bagian alami dari rutinitas harian Anda.

Itulah informasi mengenai teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan sebagai bagian penting dari menjaga kesehatan mental dan fisik. Dengan rutin melakukan teknik-teknik relaksasi, Anda dapat merasakan berbagai manfaat ini dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pastikan Anda juga tetap menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi.

Gapai keseimbangan fisik dan mental dengan menerapkan berbagai teknik relaksasi yang tersedia di Jivaraga.  

Ada beragam kelas yang bisa diikuti secara online maupun offline bersama ahlinya. Cek Jivaraga.com untuk jadwal kelas, konseling, atau workshop di Jivaraga Space serta informasi menarik mengenai berbagai aktivitas yang bisa jadi mood booster.

Simak dan follow juga Instagram @jivaragaspace dan WhatsApp untuk informasi terbaru tentang Jivaraga. Serta kunjungi Jivaraga di Tokopedia untuk membeli berbagai produk wellness terbaik dari Jivaraga.  

Jivaraga

Rumah aman & nyaman bagi kesehatan holistik membuka pintu untuk siapapun yang ingin hidup seimbang & bahagia