You are currently viewing Sederet Manfaat Relaksasi dan Cara Melakukannya

Sederet Manfaat Relaksasi dan Cara Melakukannya

  • Post author:
  • Post category:Jiva

Ketika mengalami stres yang tinggi, ketegangan pada otot dan pikiran sering kali muncul. Salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan relaksasi. Manfaat relaksasi sangat penting untuk membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi stres. 

Relaksasi tidak hanya penting untuk kesehatan mental, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan fisik. Lantas, seperti apa proses relaksasi dan apa saja manfaatnya?

Makna Relaksasi

Relaksasi adalah proses atau keadaan di mana tubuh dan pikiran berada dalam kondisi tenang, bebas dari ketegangan dan stres. Teknik ini merupakan cara untuk mengurangi ketegangan fisik dan mental yang kita alami sehari-hari. 

Teknik ini dapat dicapai melalui berbagai teknik yang dirancang untuk menenangkan tubuh dan pikiran, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Manfaat Relaksasi

wellness adalah
Sumber: Freepik

Relaksasi memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:  

1. Mengurangi Stres

Manfaat yang pertama dari relaksasi adalah membantu menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol, sehingga membantu mengurangi perasaan cemas dan tegang. 

Teknik pernapasan dalam, yang sering digunakan dalam relaksasi, meningkatkan oksigenasi darah dan membantu menenangkan sistem saraf. Selain itu, aktivitas relaksasi juga meningkatkan produksi endorfin, hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan tenang.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol, relaksasi membuat tubuh lebih mudah untuk beralih ke mode istirahat.

Pada akhirnya, hal tersebut dapat membantu mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Dengan pikiran dan tubuh yang lebih tenang, Anda dapat tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Relaksasi juga ternyata memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah, yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan stroke. 

Teknik relaksasi membantu menurunkan denyut jantung, yang secara langsung berdampak pada penurunan tekanan darah. Alhasil, irama jantung juga dapat lebih terjaga, stabil, dan sehat.

4. Konsentrasi yang Meningkat

Seperti diketahui, stres dan kecemasan sering kali menjadi penghalang utama untuk konsentrasi. Dengan pikiran yang lebih tenang, kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi juga meningkat.

Teknik relaksasi seperti meditasi dan mindfulness membantu meningkatkan kesadaran diri dan kehadiran saat ini, yang sangat penting untuk konsentrasi. 

5. Meningkatkan Mood

Aktivitas relaksasi dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, relaksasi pun membantu dalam menjaga keseimbangan emosional dan meningkatkan perasaan bahagia.

6. Mengurangi Nyeri

Teknik relaksasi seperti meditasi dan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi persepsi nyeri pada tubuh. Jika dilakukan secara rutin, relaksasi dapat membantu mengelola nyeri kronis dan kondisi medis yang terkait dengan nyeri.

7. Memperbaiki Sistem Imun

Ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih tahan terhadap penyakit? Cobalah melakukan berbagai teknik relaksasi.  Sebab, relaksasi yang teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Tubuh yang rileks memiliki kemampuan pemulihan yang lebih baik dari penyakit atau cedera.

Cara Menerapkan Relaksasi dalam Keseharian

Relaksasi adalah suatu keadaan di mana tubuh dan pikiran berada dalam kondisi tenang dan bebas dari stres. Ada berbagai cara menerapkan relaksasi agar mencapai manfaat tersebut, yaitu:

  • Meditasi: Teknik ini melibatkan fokus pada pernapasan atau mantra tertentu untuk menenangkan pikiran.
  • Yoga: Kombinasi dari postur tubuh, pernapasan, dan meditasi yang membantu menyeimbangkan tubuh dan pikiran.
  • Pernapasan Dalam: Mengambil napas dalam-dalam dan lambat dapat membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental.
  • Relaksasi Otot Progresif: Teknik ini melibatkan penegangan dan pelepasan otot secara bergantian untuk mengurangi ketegangan.
  • Mendengarkan Musik: Musik yang menenangkan dapat membantu merelaksasi pikiran dan tubuh.

Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih teknik relaksasi, meskipun hanya beberapa menit. Pastikan lingkungan sekitar Anda mendukung suasana relaksasi, seperti ruangan yang tenang dan nyaman.

Selain itu, pastikan lakukan teknik relaksasi secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal. Cobalah berbagai teknik relaksasi dan temukan yang paling efektif untuk Anda.

Itulah informasi mengenai apa itu relaksasi sebagai bagian penting dari menjaga kesehatan mental dan fisik. Dengan rutin melakukan teknik-teknik relaksasi, Anda dapat merasakan berbagai manfaat ini dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Gapai keseimbangan fisik dan mental dengan menerapkan berbagai teknik relaksasi yang tersedia di Jivaraga.  

Ada beragam kelas yang bisa diikuti secara online maupun offline bersama ahlinya. Cek Jivaraga.com untuk jadwal kelas, konseling, atau workshop di Jivaraga Space serta informasi menarik mengenai berbagai aktivitas yang bisa jadi mood booster.

Simak dan follow juga Instagram @jivaragaspace dan WhatsApp untuk informasi terbaru tentang Jivaraga. Serta kunjungi Jivaraga di Tokopedia untuk membeli berbagai produk wellness terbaik dari Jivaraga.  

Jivaraga

Rumah aman & nyaman bagi kesehatan holistik membuka pintu untuk siapapun yang ingin hidup seimbang & bahagia