You are currently viewing 5 Cara Membuat Hari Senin Terasa Lebih Ringan dan Menyenangkan
Sumber: Freepik

5 Cara Membuat Hari Senin Terasa Lebih Ringan dan Menyenangkan

Apakah Anda sering merasa Senin adalah hari yang sulit dihadapi? Bangun tidur pas Senin pagi rasanya berat sekali? Anda tidak sendirian. Hari Senin sering kali dianggap sebagai awal beraktivitas yang sulit setelah menjalani weekend yang santai. Untungnya, ada beberapa strategi sederhana yang dapat membuat hari Senin menjadi lebih baik dan produktif.

Mengapa Hari Senin Memberatkan?

BLUE MONDAY
Sumber: Freepik

Sering, nih, pada Minggu malam malah timbul rasa cemas menghadapi hari Senin esok harinya. Dan, ketika alarm berbunyi pada Senin pagi, pikiran untuk bangun dan menghadapi segala sesuatu yang menumpuk untuk diselesaikan cukup membuat kita menekan tombol snooze berkali-kali. Rasanya, kesenangan yang kita rasakan pada weekend menghilang begitu saja.

Melansir dari Verywell Mind, menurut Ricardo Santiago, LMHC, CCAT, MS, MBA, QS, Direktur Klinis di Diamond Behavioral Health, rasa takut atau cemas yang tidak bisa digambarkan pada hari Senin pagi terjadi karena kita sedang bertransisi dari periode relaksasi di akhir pekan ke persiapan mental menghadapi hari-hari penuh kerjaan dan stres yang menyertainya.

Bahkan, rasa takut ini jadi lebih buruk jika kita memiliki pekerjaan yang tidak kita sukai, jarak commuter ke tempat kerja yang jauh, atasan yang ‘sulit’, beban kerja yang berat, tenggat waktu yang ketat, atau lingkungan kerja yang penuh tekanan.

Baca Juga: Cara Mengendalikan Emosi di Kantor untuk Kesuksesan Karier

Cara Mengatasi Ketakutan Menghadapi Hari Senin

HARI SENIN DRESSED UP
Sumber: Freepik

Mau tak mau, semua hal-hal yang membuat kita merasa takut menghadapi hari Senin tersebut tetap harus dihadapi karena waktu terus berjalan. Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai upaya menjadikan hari Senin Anda lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi Senin yang buruk dan memulai minggu dengan semangat yang baru.

1. Bersiap-siap penuh semangat

Kenakan pakaian yang membuat Anda merasa percaya diri dan nyaman ketika hari Senin tiba. Memilih pakaian yang Anda sukai dapat meningkatkan mood dan memberikan energi positif untu menghadapi hari kerja yang baru. Anda pun siap menghadapi tantangan dan menjalani hari dengan lebih percaya diri.

2. Sarapan yang sehat

Mulai hari Senin Anda dengan sarapan yang sehat dan bergizi. Sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat akan memberi Anda energi yang stabil dan bertahan lama. Juga, membantu menjaga konsentrasi dan produktivitas sepanjang pagi.

Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu. Dengan makanan yang tepat untuk memulai hari Senin, Anda dapat meningkatkan mood dan menjaga kesehatan.

3. Luangkan waktu untuk sesuatu yang menyenangkan sebelum memulai hari Senin

Aktivitas yang Anda nikmati, seperti membaca buku favorit, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan di taman, dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Memberi Anda momen kecil untuk menikmati kesenangan dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat dan siap menghadapi tugas-tugas yang menantang di hari Senin. Anda pun dapat memulai minggu dengan perasaan yang lebih positif dan bugar.

Baca Juga: 5 Cara Meditasi di Tempat Kerja, Kendalikan Stres dengan Mudah

4. Berolahragalah

Jadwalkan waktu untuk berolahraga sebelum memulai hari kerja. Aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, atau yoga, tidak hanya membantu meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati, tapi juga mengurangi stres dan kecemasan. Melakukan olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sepanjang hari. Anda pun dapat memulai hari Senin dengan tubuh yang segar dan pikiran yang jernih.

5. Meditasi

Meluangkan waktu untuk meditasi di pagi hari dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan fokus Anda untuk menghadapi hari yang baru. Dengan berlatih meditasi secara teratur, Anda dapat menciptakan suasana hati yang lebih positig dan tenang. Hal ini tentu dapat membantu Anda mengatasi tekanan dan tugas-tugas yang menantang di hari Senin.

Menghadapi Hari Senin bersama Jivaraga

MANIFESTASI HANDS
Sumber: Freepik

Jika Anda ingin mulai berlatih yoga dan meditasi supaya bisa mempraktikkannya di pagi hari, Jivaraga menyediakan kelas-kelas yoga dan meditasi yang mudah untuk diikuti.  Dengan memiliki akses ke kelas-kelas yang terstruktur dan dipandu oleh instruktur ahli, Anda dapat membangun dasar yang kuat untuk praktik yoga dan meditasi Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang teknik dan manfaatnya untuk menjadikan hari Senin Anda lebih penuh semangat.

Kelas-kelas yoga di Jivaraga, antara lain:

  • Yoga Restoratif: Yoga yang berfokus pada relaksasi dan pernapasan dalam. Setiap Senin, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Elisa Tanzi dan Kiki Tegar.
  • Hatha Yoga: Bentuk yoga yang pelan dan halus, menggabungkan pose fisik dan kontrol pernapasan. Setiap Sabtu, pukul 08.00 – 09.00 WIB, dipandu oleh Elisa Tanzi.
  • Yin Yoga: Yoga yang setiap posenya berdurasi sekitar 3-5 menit dan dapat meningkatkan fleksibilitas dan relaksasi. Setiap Selasa (Yin & Singing Bowl), pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Sandra Chuhairy dan setiap Rabu (Yin & Meditation), pukul 19.00 – 20.15 WIB, dipandu oleh Adiyoga.

Dan, berikut kelas-kelas meditasi untuk mengasah kemampuan meditasi Anda:

  • Letting Go of the Day Meditation (online), Rabu, pukul 20.30 – 21.00 WIB, dipandu oleh Cindy Gozali.
  • De-stress Meditation, setiap Kamis, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Aldini Pratiwi.

Untuk mengikuti kelas-kelas tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri di Jivaraga.com, dengan beberapa pilihan paket registrasi, antara lain:

  • Per kelas: Rp200.000
  • First Timer: Rp290.000 (untuk tiga kelas, valid untuk satu minggu awal)
  • Unlimited Package: mulai dari Rp1.080.000/bulan

Leave a Reply