You are currently viewing Menjalani Hobi adalah untuk Keseimbangan Hidup: Ini 5 Cara Menemukannya
Sumber: Freepik

Menjalani Hobi adalah untuk Keseimbangan Hidup: Ini 5 Cara Menemukannya

Hobi adalah aktivitas yang sering kali dianggap aktivitas pengisi waktu luang. Padahal, hobi dapat membuat seseorang mencapai kehidupan yang lebih seimbang, bahagia, dan sehat, yang pada akhirnya mengarah pada kesehatan yang lebih holistik. Namun, kerap kali muncul kebingungan untuk menemukan hobi yang dapat ditekuni. Tidak perlu bingung. Ketika hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Hobi adalah Aktivitas yang Lebih dari Sekadar Hiburan

Hobi adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan seseorang di waktu luang mereka untuk kesenangan dan relaksasi dan bukan sebagai pekerjaan atau kewajiban. Sering kali, hobi adalah kegiatan yang sangat dinikmati oleh individu dan memberikan kepuasan pribadi serta rasa pencapaian.

Hobi juga dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri. Lebih dari itu, hobi memiliki manfaat lebih untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas waktu luang dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol sendiri dikenal sebagai hormon stres dan berdampak negatif pada energi, suasana hati, dan kualitas tidur.

Bahkan, hobi dapat memperkuat hubungan sosial. Ketika seseorang terlibat dalam kegiatan yang disukai, mereka sering kali bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Pada akhirnya, mereka tidak hanya saling berinteraksi, tapi juga berbagi dalam sebuah komunitas. Hal ini dapat membentuk ikatan persahabatan yang kuat.

Dari beberapa manfaat hobi yang telah disebutkan, dapat dibilang melakukan hobi adalah secara sengaja memberikan waktu dan perhatian kepada diri sendiri. Hobi menjadi bentuk self-care diri dan self-love yang sangat bermanfaat.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Mood dalam Aktivitas Sehari-hari

Hobi adalah Dapat Ditemukan dengan Beberapa Cara Berikut

Hobi terbaik untuk kesehatan mental adalah yang menggabungkan stimulasi fisik dan mental. Contohnya, berkebun memerlukan aktivitas fisik ringan sekaligus mental untuk perencanaan dan memecahkan masalah ketika merawat tanaman. Atau, yoga yang tidak hanya melibatkan tubuh melalui gerakan fisik yang lembut, tapi juga menenangkan pikiran melalui meditasi dan fokus pada pernapasan.

Di sisi lain, hasil survey Ask Your Target Market, konsultan pemasaran berbasis di Amerika Serikat, menemukan bahwa sekitar 20 persen partisipan survey tersebut tidak memiliki hobi. Diperkirakan hal tersebut karena tidak mengetahui cara menemukan menemukan waktu untuk menjalani hobi terbaik untuk mereka. Bukan berarti Anda tidak bisa, tapi belum mengetahui hal-hal apa yang memotivasi Anda. Penyebab kesulitan menemukan hobi adalah karena terlalu sibuk, tidak banyak kebebasan atau pilihan dalam hidup, atau trauma.

Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan hobi untuk Anda sendiri:

1. Brainstorming ide hobi

Menemukan hobi adalah diawali dengan bertukar pikiran, baik dengan diri sendiri atau bersama teman dan keluarga untuk menemukan ide hobi yang menarik. Tuliskan semua aktivitas  yang Anda sukai atau nikmati. Bayangkan diri Anda melakukan sesuatu yang selalu ingin Anda lakukan untuk mengeksplorasi berbagai pilihan.

2. Manfaatkan masa kecil Anda

Mengenang masa kecil adalah bisa jadi cara menemukan hobi baru yang mengasyikkan. Cobalah untuk mengingat kembali aktivitas atau hal-hal apa yang dulu membuat Anda senang dan antusias. Mungkin Anda suka menggambar, memasak, atau bermain musik saat masih kecil. Sering kali, seiring berjalannya waktu, minat dan kegemaran kita ikut terlupakan.

3. Uji coba hal baru dan persempit daftarnya

Mencoba hal-hal baru adalah langkah penting dalam proses menemukan hobi yang tepat. Coa luangkan waktu mencicipi berbagai aktivitas yang menarik minat. Anda dapat merasakan langsung apakah aktivitas tersebut sesuai dengan minat dan kebutuhan pribadi,

Jika sudah membuat daftar panjang hobi potensial, coba persempit daftar menjadi lima hal yang benar-benar bisa dilakukan. Selain itu, pertimbangkan juga hobi yang paling menarik atau dapat dikerjakan dengan nyaman.

Anda dapat mencoba kelas-kelas di JIVARAGA yang menggabungkan stimulasi fisik dan mental untuk menemukan hobi baru yang memperkaya hidup Anda. Dengan kurang lebih 70 kelas yang tersedia setiap bulannya, mulai dari yoga hingga meditasi dan mindfulness, JIVARAGA menawarkan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan Anda.

Kelas-kelas ini tersedia dari hari Sening hingga Minggu, memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk menjadwalkan sesi sesuai waktu Anda. Para praktisi berpengalaman JIVARAGA siap membimbing dan memastikan Anda mendapat pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan.

Untuk informasi tentang kelas, jadwal, booking tempat, dapat menghubungi JIVARAGA:

https://wa.me/6281188811338

Atau, follow Instagram JIVARAGA di:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

4. Cari jadwal yang nyaman

Menemukan waktu untuk menjalani hobi mungkin memerlukan penyesuaian dalam rutinitas harian. Tinjau lagi ketersediaan waktu Anda secara realistis dan pertimbangkan seberapa fleksibel Anda dalam menyesuaikan jadwal Anda untuk hobi baru. Pastikan juga tidak mengorbankan waktu untuk istirahat dan healing.

5. Hobi adalah yang dilakukan tanpa perlu menjadi perfeksionis

Melepaskan sikap perfeksionis adalah salah satu langkah untuk menemukan dan menikmati hobi. Sering kali, tekanan untuk melakukan sesuatu dengan sempurna menghalangi kita untuk menikmati proses dan eksplorasi.

Ingatlah bahwa hobi adalah tentang kesenangan dan pembelajaran, bukan tentang mencapai standar tertentu. Hal-hal baru membutuhkan waktu untuk dipelajari. Tidak ada yang menilai atau mengatur waktu Anda. Jadi, nikmati tantangan, waktu luang, atau proses pembelajarannya.

Leave a Reply