You are currently viewing Anxiety Disorder Adalah? Simak Penjelasan dan Gejalanya
Pexels.com

Anxiety Disorder Adalah? Simak Penjelasan dan Gejalanya

Pernahkah Anda mengalami anxiety disorder atau gangguan kecemasan? Anxiety disorder (gangguan kecemasan) adalah gangguan mental yang membuat seseorang merasa cemas berlebihan, khawatir, atau takut sehingga kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Memang, rasa cemas seringkali datang dan dianggap sebagai teman tidak diundang dalam kehidupan kita. Namun, rasa cemas dan gangguan kecemasan adalah dua kondisi yang sangat berbeda.

Rasa cemas bisa hilang dengan cepat karena Anda tahu cara tepat mengatasinya. Sedangkan gangguan kecemasan membuat Anda mudah sekali khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika sedang berada dalam situasi normal.

Ketika seseorang sedang dilanda gangguan kecemasan, rasanya seperti menghadapi gelombang tak terduga: terkadang tenang, namun seringkali datang dengan kekuatan yang lebih besar.

Tak jarang, bagi orang dengan tingkatan Pada tingkatan yang sudah tergolong parah, anxiety disorder atau gangguan ansietas juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dari orang yang mengalaminya.

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah segala perasaan tak nyaman yang menjalar ke seluruh tubuh, perasaan khawatir yang tidak menyenangkan dan kerap disertai dengan ketegangan, antisipasi skenario berbahaya – seringkali tidak realistis – hingga berbagai bentuk manifestasi fisik,” ujar Gabriela Bezerra de Menezes, seorang Psikiater dan peneliti di Universitas Federal Rio de Janeiro (UFRJ).

Yang menarik, survei yang dilakukan tim peneliti di Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia kepada lebih dari 100 responden anak muda usia 16-24 tahun di Indonesia, menemukan bahwa lebih dari 95% responden menyatakan mereka pernah mengalami gejala kecemasan dan 88% pernah mengalami gejala depresi.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Family Constellation, bersama Silvia Basuki, Family Constellation Therapist

Gejala Gangguan Kecemasan atau Anxiety Disorder

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah gangguan kesehatan mental yang seringkali tidak disadari namun dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik.

Tahukah Anda? Ada beberapa gejala gangguan kecemasan yang secara umum dapat dideteksi secara fisik seperti:

  • Perasaan panik, khawatir dan gelisah.
  • Gangguan tidur yang membuat kualitas tidur menurun.
  • Tangan dan kaki terasa berkeringat dingin.
  • Napas pendek.
  • Jantung terasa berdebar-debar.
  • Kecenderungan tidak bisa diam dan tenang.
  • Mulut terasa kering.
  • Tegang otot.
  • Sakit kepala atau migren
  • Mual tanpa sebab jelas.

Anxiety disorder adalah gangguan kecemasan yang terbagi menjadi beberapa jenis. Gejala yang muncul pun berbeda antara masing – masing tipenya. Berikut ini adalah gejala anxiety disorder atau gangguan cemas sesuai tipenya, yaitu:

1.Gangguan Panik: Serangan Tanpa Peringatan

Serangan tanpa peringatan seperti diteror seringkali menghantui individu yang mengidap panic disorder. Gejala-gejala seperti berkeringat, nyeri dada, dan perasaan tercekik mungkin muncul secara tiba-tiba, menambah ketidaknyamanan yang dirasakan.

Baca Juga: 13 Penyebab Masalah Kesehatan Mental, Perlu Waspada!

2.Ketakutan di Tempat Umum: Terjebak dalam Ketakutan

Bagi mereka yang mengalami gangguan cemas sosial, situasi sosial atau di tempat umum menjadi momok yang menakutkan. Rasa cemas berlebihan akan dihakimi atau melakukan sesuatu yang memalukan seringkali merajalela, membuat keseharian terasa menyiksakan.

3.Fobia Spesifik: Ketakutan Akan Objek atau Situasi Tertentu

Ketinggian, penerbangan, atau objek tertentu bisa menjadi sumber ketakutan yang tak terkendali bagi individu yang mengalami fobia spesifik. Ketakutan yang intens terhadap situasi atau objek tersebut dapat membatasi kehidupan sehari-hari mereka.

4.Kekhawatiran yang Melanda Semua Hal

Dalam gangguan cemas menyeluruh, kekhawatiran dan tegangan berlebihan menguasai pikiran, bahkan terhadap hal-hal kecil yang seharusnya tidak menimbulkan kecemasan. Serangan cemas bisa muncul tanpa pemicu yang jelas, meningkatkan beban emosional individu yang mengalaminya.

Baca Juga: Meditasi adalah Cara Menemukan Ketenangan untuk Kesehatan Jiwa

Segera temui sosok ahli atau Psikolog atau Psikiater jika Anda atau seseorang yang Anda sayangi mengalami beberapa hal ini:

  • Anda terus-terusan dirundung rasa khawatir hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Anda sulit mengendalikan rasa takut, khawatir, dan cemas.
  • Anda mengalami stres kronis, kecanduan alkohol, menggunakan narkoba, atau gejala masalah kesehatan mental lainnya.
  • Muncul keinginan untuk melukai diri sendiri atau bahkan bunuh diri.

Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan tak biasa yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh Anda. Jadi, tak perlu didiagnosa khusus memiliki gangguan jiwa untuk pergi ke Psikolog atau berkunjung menemui Expert yang piawai di bidang mental health, ya!

JIVARAGA memiliki beragam kelas hingga sesi konsultasi privat yang dapat membantu menjaga kesehatan mental. Coba atur waktu dan kunjungi kami di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan. Atau mulailah untuk mengatur waktu Anda atau sekedar bertanya berbagai jadwal konsutasi dengan klik tombol Whatsapp di kanan bawah!

Leave a Reply