You are currently viewing 10 Cara Sukses Hadapi Mercury Retrograde 2024 dengan Bijak
Sumber: Freepik

10 Cara Sukses Hadapi Mercury Retrograde 2024 dengan Bijak

Sekadar mengingatkan, saat ini Anda sedang berada di salah satu fase Mercury retrograde 2024, yaitu antara tanggal 1 hingga 23 April 2024. Menjawab, kan, mengapa belakangan ini semuanya terasa serba salah? Dari mulai omongan atau kata-kata yang salah sebut, gadget yang ‘bertingkah’, sampe rencana yang tiba-tiba batal, semua terjadi karena planet Merkurius yang dianggap sedang mengalami anomali. Namun, tenang aja, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk bertahan di periode yang bikin frustasi ini.

Bagaimana Pengaruh Mercury Retrograde 2024?

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

Mercury retrograde berasal dari ilusi pergerakan planet Merkurius yang tampak mundur terhadap posisi matahari dan bumi. Fenomena astronomi ini populer karena, dari segi astrologi, dianggap periode yang menimbulkan kekacauan dalam beberapa aspek di kehidupan sehari-hari. Periode Mercury retrograde sering kali dianggap sebagai waktu yang menantang dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam astrologi, planet Merkurius memiliki peran penting dalam komunikasi, intelektualitas, dan perjalanan. Ketika Merkurius berada dalam fase retrograde, energi yang terkait dengan planet ini menjadi terdistorsi atau terhambat. Hal ini kemudian diyakini dapat mempengaruhi cara kita berpikir, berkomunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Dampak dari retrograde ini bisa beragam, mulai dari kesulitan menyampaikan pesan dengan jelas, hambatan dalam perjalanan, mengalami masalah teknis dengan perangkat elektronik, hingga proyek besar yang terhambat. Anda mungkin mengalaminya juga pada Mercury retrograde 2024 ini.

Baca Juga:

Cara Menghadapi Mercury Retrograde agar Aktivitas Tetap Lancar

MERCURY RETROGRADE BIJAK
Sumber: Freepik

Banyak hal yang terasa “serba ribet” saat Mercury retrograde tidak harus mencegah Anda untuk beraktivitas. Dengan perencanaan dan kesadaran, Anda dapat menjaga aktivitas tetap lancar. Seperti, langkah-langkah berikut yang akan membantu Anda melalui Mercury retrograde 2024 ini dengan produktif dan positif.

1. Atur respons Anda

Menjaga ketenangan dan adaptasi saat menghadapi perubahan atau hambatan adalah element penting ketika menghadapi Mercury retrograde. Hindari merespons dengan panik atau kekhawatiran yang berlebihan.

2. Komunikasi jelas dan terbuka

Penting untuk menjaga saluran komunikasi dengan orang lain tetap terbuka. Sampaikan pesan dengan jelas, berikan klarifikasi jika diperlukan, dan pastikan untuk mendengarkan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Hindari membuat perubahan atau keputusan besar

Selama periode Mercury retrograde, disarankan untuk menunda membuat keputusan besar atau mengambil langkah drastis dalam hidup. Terutama, jika dalam kondisi emosi yang tinggi. Energi astrologis saat ini membuat kita cenderung terpengaruh secara emosional. Akibatnya, sulit untuk melihat situasi secara obyektif.

Menunda keputusan penting dapat memberi kita waktu untuk mempertimbangkannya lagi lebih hati-hati. Dengan demikian, menghindari potensi kesalahan atau penyesalan di masa depan.

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Optimalkan Kualitas Hidup

4. Hindari berdebat dengan orang lain

Energi dari Mercury retrograde sering kali memperkuat kesalahpahaman. Hal ini dapat meningkatkan potensi perdebatan yang tidak perlu atau membuang-buang energi secara negatif. Fokuslah pada komunikasi yang lebih bijaksana dan penih dengan empat untuk membantu menjaga kedamaian dan keseimbangan dalam hubungan kita. Serta, hindari kemungkinan konflik selama periode ini.

5. Hati-hati dalam merencanakan

HINDARI BERDEBAT
Sumber: Freepik

Ketika membuat perencanaan, lakukan dengan lebih terperinci dan cermat sebelum melaksanakan kegiatan Anda. Hal ini mencakup perencanaan perjalanan, penjadwalan pertemuan, atau menangani proyek-proyek krusial.

6. Tunda memulai proyek baru

Proyek baru yang membutuhkan bahnyak usaha atau energi coba untuk ditunda dulu. Energi dari Mercury retrograde membuat proyek baru lebih rentan terhadap hambatan dan kesulitan yang tidak terduga.

Coba untuk fokus pada penyelesaian proyek yang sudah ada atau gunakan waktu ini untuk merencanakan dan merumuskan ide-ide baru secara cermat. Dengan cara ini Anda dapat meminimalisasi risiko frustasi dan kegagalan yang mungkin timbul akibat memulai sesuatu yang baru selama periode ini.

Baca Juga: 13 Penyebab Masalah Kesehatan Mental, Perlu Waspada!

7. Cadangkan data pada perangkat

Kemungkinan risiko masalah teknis yang akan timbul selama Mercury retrograde 2024, pastikan untuk membuat cadangan atau menyalin data penting Anda. Selain itu, secara teratur, periksa kondisi gadget atau perangkat teknologi Anda.

8. Jalani rutinitas apa adanya

Tunda dulu keinginan untuk melakukan hal-hal yang ambisius dari rutinitas Anda. Ini adalah saat yang teoat untuk memprioritaskan keseimbangan dan stabilitas. Ketika berpegang pada rutinitas yang dikenal dan nyaman, Anda dapat membantu menjaga kestabulan dan ketenangan dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul.

9. Jalani self-care untuk keseimbangan hidup

Meskipun sedang “berhati-hati” saat beraktivitas, jangan lupakan perawatan diri. Melakukan olahraga, meditasi, atau meningkati aktivitas yang menyenangkan bisa membantu menjaga keseimbangan emosional Anda.

Tidak perlu khawatir ketika mencari tempat untuk self-care selama Mercury retrograde. Jivaraga menyediakan beragam kelas untuk menjalani rencana self-care Anda. Dari yoga, meditasi, sound therapy, hingga access bars. Tersedia juga berbagai konsultasi pribadi dan workshop yang dibimbing oleh praktisi berpengalaman.

Dengan pilihan yang beragam ini, Anda dapat menyesuaikan perawatan diri sesuai dengan kebutuhan, membantu menjaga keseimbangan dalam menghadapi beragam tantangan selama periode Mercury retrograde 2024.

Baca Juga: Mental Health adalah Menjaga Keseimbangan Pikiran, Jiwa, dan Perasaan

10. Refleksi dan pengembangan diri

Manfaat periode Mercury retrograde untuk merenungkan kembali tujuan hidup, meninjau ulang kemajuannya, dan membuat perubahan yang diperlukan. Untungnya, Jivaraga menyediakan fasilitas yang dapat mendukung proses ini, yaitu workshop bertajuk Discover Your Life’s Purpose yang akan dipandu oleh Aldini Pratiwi pada tanggal 21 April ini. Workshop ini akan membantu Anda menemukan, mengevaluasi, dan menghidupkan kembali tujuan hidup agar lebih seimbang secara fisik dan spiritual.

Itulah beberapa cara menghadapi Mercury retrograde 2024. Meskipun terasa banyak tantangan, kita  dapat memanfaatkan Mercury retrograde menjadi periode yang membawa kedamaian, refleksi, dan pertumbuhan pribadi yang penuh nilai.