You are currently viewing 7 Langkah Mudah Menciptakan Ruang Kerja yang Produktif dengan Feng Shui
Sumber: Freepik

7 Langkah Mudah Menciptakan Ruang Kerja yang Produktif dengan Feng Shui

Semakin banyak orang yang memilih bekerja dari rumah ini saat ini dengan alasan efisiensi waktu komuter di dunia yang serba cepat. Oleh karena itu, penting menciptakan ruang kerja yang mendukung produktivitas di dalam rumah. Salah satu pendekatan yang dapat membantu adalah menggunakan prinsip feng shui ketika mendesain ruang kerja di rumah.

Ada beberapa prinsip feng shui yang dapat Anda gunakan dalam menata ruang kerja. Bukan hanya untuk estetika ruang. Lebih dari itu, prinsip-prinsip feng shui tersebut dapat menciptakan lingkungan yang meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan efisiensi dalam pekerjaan Anda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui prinsip feng shui terbaik yang dapat mudah Anda terapkan pada ruang kerja di rumah.

Manfaat Ruang Kerja dengan Feng Shui

KERJA DI RUMAH
Sumber: Freepik

Feng Shui adalah sebuah sistem filsafat Tiongkok kuno yang berfokus pada harmoni antara manusia dan lingkungannya. Dengan memperhatikan arah, tata letak, dan pengaturan ruang, Feng Shui bertujuan untuk menciptakan aliran energi yang seimbang, yang diyakini dapat mempengaruhi keberuntungan, kesejahteraan, dan keseimbangan hidup seseorang.

Penerapan feng shui pada ruang kerja di rumah secara umum menciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas dan keseimbangan antara hidup pribadi dan profesional. Dalam hal ini, disebabkan oleh kaburnya batasan antara tempat kerja dan tempat tinggal pada ruang kerja ketika bekerja dari rumah.

Dengan memperhatikan aspek-aspek seperti tata letak, penempatan furnitur, dan pemilihan warna yang sesuai, feng shui dapat membantu menciptakan lingkungan dengan energi positif yang mengalir. Selanjutnya, dapat meningkatkan fokus dan mengurangi stres.

Baca Juga: 5 Penerapan Feng Shui Simpel untuk Interior Design yang Ideal

Contoh Penataan Ruang Kerja dengan Prinsip Feng Shui

ruang kerja DI RUMAH
Sumber: Freepik

Supaya bekerja dari rumah Anda bisa berjalan efektif, tata ruang kerja menggunakan panduan dari feng shui seperti berikut ini.

1. Gunakan tempat khusus untuk ruang kerja di rumah

Menyiapkan ruang khusus untuk ruang kerja di rumah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas dan fokus. Namun, jika tidak memungkinkan membuat ruang terpisah, batasi antara ruang kerja dan ruang lainnya di rumah yang memiliki fungsi berbeda. Gunakan penghalang visual, seperti rak buku atau pembatas ruang.

Blokir pandangan Anda ke tempat tidur atau area lain yang tidak relevan untuk pekerjaan. Singkirkan elemen-elemen yang terkait ruang lain dari padangan—seperti, elemen makanan jika dekat meja makan. Cara ini membantu mempertahankan fokus dan mengurangi godaan untuk melakukan aktivitas lain yang tidak terkait pekerjaan.

2. Tempatkan meja kerja di posisi komando

Posisi komando adalah letak meja kerja yang memungkinkan Anda melihat ke seluruh ruang dan pintu masuk ketika sedang bekerja. Dengan posisi ini, Anda akan merasa memiliki kendali atas lingkungan sekitar. Ini memberikan rasa kontrol dan keamanan dalam diri. Anda pun dapat lebih fokus bekerja dan produktivitas meningkat.

Dalam feng shui, penempatan meja kerja secara komando dapat membantu mengalirkan energi positif dan menghalau gangguan konsentrasi. Dengan memiliki pandangan luas terhadap ruang kerja, Anda juga dapat cepat menanggapi situasi dan merasa lebih siap menghadapi tantangan yang mungkin muncul.

3. Hindari berhadapan dengan pintu masuk

Ketika meja ditempatkan langsung menghadap pintu masuk, energi yang masuk ke ruangan dapat menjadi terlalu kuat dan tidak teratur. Energi ini dianggap dapat mengganggu fokus dan konsentrasi. Posisi berhadapan langsung dengan pintu masuk juga dapay membuat Anda merasa tidak stabil secara mental. Sebabnya, Anda merasa harus selalu waspada menghadapi “serangan” dari luar ruang.

Sebaiknya, letakkan meja kerja sedikit di belakang atau samping pintu masuk. Anda pun masih bisa memantau siapa yang masuk atau keluar. Dengan demikian, tercipta perasaan lebih tenang dan aman. Anda jadi dapat berkonsentrasi dan fokus pada pekerjaan.

4. Lay out ruang yang simetri

Simetri jadi salah satu elemen penting dalam feng shui karena menciptakan keseimbangan dan harmoni. Oleh karena itu, pastikan furnitur dan dekorasi ruang kerja di rumah ditempatkan secara simetris. Ruang kerja yang diatur simetri membuat energi dalam ruang lebih mengalir lancar dan teratur.  Sehingga, lingkungan lebih nyaman dan meningkatkan produktivitas.

Jika Anda meletakkan meja kerja di satu sisi ruangan, coba menyeimbangkan dengan pemasangan rak atau lemari di sisi lain. Simpan juga lampu meja secara simetri dengan barang lain pada meja. Atau, dekorasi, seperti lukiran atau tanaman, tempatkan secara seimbang.

5. Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang baik membantu mengoptimalkan aliran energi positif di dalam ruangan. Kombinasi cahaya alami dan buatan dianjurkan untuk mencapai pencahayaan yang ideal. Cahaya alami memiliki energi yang menyegarkan. Ini dapat meningkatkan suasana hati serta konsentrasi.

Letakkan meja kerja Anda dekat jendela untuk mendapatkan akses yang maksimal ke cahaya matahari. Jika kurang terang, dapat tambahkan lampu buatan. Namun, jangan sampai ruang terlalu terang. Ini dapat menciptakan atmosfer yang terlalu bersemangat dan malah menyebabkan mata lelah dan rasa tidak nyaman.

6. Jaga kebersihan dan kerapihan

Mungkin, ada orang yang tidak masalah atau malah lebih suka bekerja dengan tumpukan barang yang tidak terorganisasi saat menyelesaikan tugasnya. Namun, dalam feng shui, kondisi tempat kerja yang tidak rapi dianggap akan menciptakan ketidakseimbangan dan kekacauan yang mengganggu dalam lingkungan kerja. Produktivitas pun jadi terhambat.

Oleh karena itu, rapikan ruang kerja secara rutin dan batasi jumlah barang yang ada. Hanya letakkan barang-barang yang benar-benar penting untuk digunakan dalam jangkauan tangan. Gunakan laci, rak, atau pengatur desktop untuk membantu menciptakan ruang kerja yang terorganisasi dan efisien.

7. Letakkan tanaman

Bukan tanaman palsu atau plastik, tapi simpan tanaman hidup dalam ruang kerja Anda. Tanaman hidup tidak hanya memberikan sentuhan alami dan menambah estetika ruang. Pada saat bersamaan, membantu membersihkan udara dari polusi dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Pilih tanaman yang sesuai dengan elemen alam yang Anda pilih untuk ruang kerja. Misalnya, tanaman dengan daun lebar dan berlimpah, cocok untuk unsur kayu. Sedangkan, tanaman dengan bentuk tegak dan daun kecil, cocok untuk unsur api. Pemilihan tanaman sesuai elemen alam Anda akan membantu menciptakan keseimbangan energi yang lebih baik dalam ruang kerja sesuai prinsip-prinsip feng shui.

Baca Juga: Ciptakan Keseimbangan, Ini 5 Tata Ruang Rumah yang Perlu Dihindari Menurut Feng Shui

Feng Shui bersama Jivaraga

Itulah beberapa prinsip dasar Feng Shui untuk ruang kerja yang dapat diterapkan dengan mudah untuk mendukung produktivitas Anda secara keseluruhan. Ingat pula bahwa setiap orang dan ruang memiliki kebutuhan yang unik. Jadi, sesuaikan dengan yang diperlukan untuk mencapai keseimbangan yang tepat.

Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan langsung dari ahli Feng Shui berpengalaman, Zour, dengan menghadiri workshopThe Art of Feng Shui” yang diselenggarakan oleh Jivaraga pada akhir Mei ini.

Di workshop ini, Anda akan belajar cara menciptakan lingkungan yang seimbang dan harmonis sesuai dengan prinsip-prinsip Feng Shui, serta mendapatkan saran praktis untuk meningkatkan kualitas ruang kerja dan kehidupan Anda secara keseluruhan. Informasi dan pendaftaran di https://wa.me/6281188811338 atau follow Instagram @jivaragaspace. Jadikan langkah pertama menuju keseimbangan dan kesejahteraan dengan Feng Shui.

Leave a Reply