You are currently viewing Perspektif Unik Vedic Astrology dan Sistem Astrologi Lain di Dunia
Sumber: Freepik

Perspektif Unik Vedic Astrology dan Sistem Astrologi Lain di Dunia

Astrologi bukan sekadar meramal nasib atau masa depan. Wawasan mengenai tipe-tipe pembacaan astrologi di dunia dapat memberikan alternatif cara dalam memahami diri sendiri. Setelah membahas pengenalan terhadap Vedic astrology sebelumnya, artikel ini akan menampilkan perbedaan dengan astrologi lainnya di dunia, seperti astrologi Barat dan Ba Zi.

Pendekatan-pendekatan yang digunakan setiap sistem pembacaan astrologi dapat menghasilkan interpretasi yang berbeda dan unik. Meski demikian, secara umum, sistem-sistem astrologi tersebut dapat memberikan wawasan yang berharga tentang diri dan kehidupan kita.

Astrolodi sebagai Bentuk Kebudayaan

VEDIC ASTROLOGY constelation
Sumber: Freepik

Vedic astrology—dikenal juga dengan nama “Jyotish”—adalah sistem astrologi kuno yang berasal dari India dan berakar dalam Veda (teks-teks suci Hindu). Sistem astrologi ini mengandung kekayaan tradisi spiritual dan mitos budaya India kuno.

Berbeda dengan astrologi Barat yang menggunakan zodiak tropis berdasarkan musim, vedic strology menggunakan zodiak sidereal. Zodiak tersebut mengukur posisi astronomi planet-planet terhadap konstelasi bintang pada saat kelahiran. Sistem astrologi ini dijuluki juga “Mata Veda” yang membantu melihat jalan hidup dan memahami eksistensi kita di dunia.

Sedangkan, Western atau astrologi Barat adalah sistem astrologi yang berasal dari tradisi Eropa dan Mediterania kuno—yang berfokus pada posisi dan gerakan planet di Tata Surya pada saat kelahiran. Astrologi Barat menggunakan zodiak tropis, berdasarkan posisi matahari, bulan, dan planet-planet dalam 12 rumah astrologi.

Kemudian, dalam tradisi astrologi Tiongkok, terdapat Ba Zi yang digunakan untuk menganalisis dan memprediksi nasib seseorang berdasarkan data kelahiran. Nama “Ba Zi” secara harfiah berarti “delapan karakter” yang merukuk pada delapan unsur pembentukan horoskop seseorang.

Sistem Ba Zi melibatkan empat pilar utama: tahun, bulan, hari, dan jam kelahiran seseorang dalam kalender Tiongkok. Setiap pilar terdiri dari dua karakter yang mewakili elemen dan cabang binatang dari alam semesta dalam tradisi Tiongkok.

Baca Juga: Vedic Astrology adalah Wawasan Kosmis untuk Pencerahan dan Pemahaman Diri Lebih Dalam

Perbedaan Vedic Astrology dengan Astrologi Barat

VEDIC ASTROLOGY moon
Sumber: Freepik

Selain perbedaan sistem zodiak, yaitu sidereal pada vedic astrology dan tropis pada astrologi Barat, ada beberapa perbedaan lainnya.

1. Pendekatan dan filosofi

Oleh karena berasal dari tradisi India kuno dan memiliki akar dalam teks suci Hindu, pendekatan Vedic astrology cenderung lebih spiritual dan terkait erat dengan konsep karma dan reinkarnasi. Sedangkan astrologi Barat modern lebih berorientasi pad psikologi dan perkembangan individu.

Oleh karena itu, astrologi ini cenderung memberikan insights tentang dharma pribadi, jalan hidup, dan bakat seseorang. Ini dapat membantu untuk memahami hubungan dengan keluarga, teman, dan pasangan hidup. Dan, pada akhirnya, akan meringankan dan menghilangkan stres dan beban emosional kita.

2. Perhitungan horoskop

Vedic astrology menggunakan rumah-rumah astrologi dan posisi planet berdasarkan posisi bintang-bintang. Sementara, astrologi Barat cenderung menggunakan aspek-aspek antarplanet dan posisi planet berdasarkan zodiak tropis.

3. Penggunaan planet tambahan

Vedic astrology memiliki planet tambahan atau bayangan (nodal) yang disebut Rahu dan Ketu. Keduanya tidak ada dalam astrologi Barat. Rahu dan Ketu diyakini mewakili energi karmik dan perubahan tak terduga dalam kehidupan. Keberadaan dan posisi Rahu dan Ketu dalam horoskop dapat memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang yang mungkin dihadapi individu dalam perjalanan hidup mereka.

Baca Juga: Ramalan Shio 2024: Perpaduan Kekuatan dan Pertumbuhan

Perbedaan Vedic Astrology dengan Ba Zi

CONSTELLATION
Sumber: Freepik

Selain Ba Zi berakar dari budaya Tiongkok dan menggunakan delapan karakter yang mewakili tahun, bulan, hari, dan jam kelahiran seseorang dalam kalender Tiongkok, ada beberapa perbedaan lain dengan Vedic astrology.

1. Sistem kalender

Sistem kalender yang digunakan dalam Vedic astrology adalah kalender Hindu yang didasarkan pada gerak bulan. Kalender ini sangat terkait dengan perhitungan siklus bulan lunar dan sering digunakan dalam menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Hindu.

Sedangkan, Ba Zi menggunakan kalender Tiongkok yang berbasis pada siklus tahunan matahari. Kalender Tiongkok ini didasarkan pada pergerakan matahari dan peristiwa-peristiwa alam lainnya terkait dengan siklus tahunan, seperti musim dan panen.

2. Pendekatan analisis

Vedic astrology sering kali menekankan interpretasi karakteristik individu dan peristiwa kehidupan berdasarkan posisi planet dan aspek astrologi lainnya. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kepribadian, potensi, dan tantangan yang mungkin dihadapi individu.

Sedangkan, pada Ba Zi, lebih fokus pada nasib dan arah hidup seseorang berdasarkan delapan karakter dalam horoskop. Delapan karakter ini mewakili tahun, bulan, hari, dan jam kelahiran individu. Dengan demikian, analisis Ba Zi dilakukan berdasarkan karakteristik horoskop individu.

3. Penggunaan konsep dan simbolisme khusus

Ba Zi menggunakan konsep Lima Elemen (kayu, api, tanah, logam, air) sebagai aspek fundamental alam semesta. Dikombinasikan dengan Dua Belas Cabang Bumi (shio) untuk interpretasi horoskop.

Vedic astrology menggunakan konsep-konsep, seperti Dosha (ketidakseimbangan energi), yoga (kombinasi planet yang menghasilkan efek tertentu), dan konsep-konsep lain yang unik dalam tradisi astrologi India. Perbedaan ini mencerminkan keragaman filosofi, budaya, dan tradisi astrologinya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Hari Ini Mei 2024

Lebih Jauh tentang Vedic Astrology bersama Jivaraga

Itu tadi perbedaan Vedic astrology dengan beberapa sistem astrologi lain di dunia. Lebih jauh mengenai sistem astrologi ini dapat Anda temukan pada workshopIntroduction to Vedic Astrology” yang akan diselenggarakan oleh Jivaraga bulan ini.

vedic astrology flyer

Workshop ini akan dipandu oleh Zour, seorang praktisi Vedic astrology yang telah berkecimpung di bidang ini selama 15 tahun. Dalam workshop ini, Anda akan mendapat kesempatan bertanya langsung dari seseorang seseorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip Vedic astrology. Selanjutnya, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Untuk informasi dan pendaftaran, dapat WA ke https://wa.me/6281188811338.

Leave a Reply