You are currently viewing Vedic Astrology adalah Wawasan Kosmis untuk Pencerahan dan Pemahaman Diri Lebih Dalam
Sumber: Freepik

Vedic Astrology adalah Wawasan Kosmis untuk Pencerahan dan Pemahaman Diri Lebih Dalam

Astrologi saat ini sudah jadi bagian dari keseharian manusia. Pergerakan dan posisi benda-benda lagi dianggap sebagai salah satu cara untuk memahami tentang nasib dan berbagai peristiwa kehidupan di bumi. Sebagian besar dari kita mungkin terbiasa dengan astrologi dari Barat yang memang telah sangat populer di seluruh dunia. Namun, vedic astrology adalah cara lain yang dapat menjadi perspektif berbeda dalam menambah wawasan astrologi Anda.

Vedic Astrology adalah Salah Satu Metode Kuno

gugusan bintang
Sumber: Freepik

Secara umum, menurut Ensiklopedia Britannica dan kamus Merriam Webster, astrologi adalah sebuah sistem pengetahuan kuno yang mempelajari hubungan antara posisi dan gerakan benda langit, seperti planet, bintang, dan bulan, dengan kehidupan manusia dan kejadian di bumi. Prinsip dasar astrologi adalah keyakinan bahwa posisi relatif planet-planet dan bintang-bintang pada saat kelahiran seseorang dapat memberikan pengaruh terhadap kepribadian, nasib, dan peristiwa dalam hidupnya.

Pada praktiknya, astrologi melibatkan pengamatan pola-pola langit dan interpretasinya. Hasilnya, digunakan untuk melakukan analisis pada berbagai aspek kehidupan, seperti karier, cinta, kesehatan, dan keuangan. Astrologi bagi sebagian orang menjadi cara untuk memahami diri mereka sendiri dan dunia di sekitarnya,

Vedic astrology sendiri adalah salah satu metode astrologi yang secara khusus berasal dari budaya India. Teknik astrologi yang juga dikenal sebagai Jyotish (dari bahasa Sansekerta yang berarti “ilmu cahaya”) ini adalah sistem astrologi yang berasal dari tradisi kuno India dan diwariskan dalam teks-teks suci Veda.

Astrologi Barat yang umumnya kita temui merupakan zodiak tropis atau berpusat pada pelintasan matahari terhadap bumi. Sedangkan, vedic astrology adalah menggunakan zodiak sideral yang didasarkan pada posisi aktual bintang-bintang lainnya di langit pada saat pengamatan. Jadi, dengan kata lain, perbedaan utama antara kedua sistem tersebut adalah zodiak tropis berdasarkan pada gerakan matahari. Sedangkan, zodiak sideral berdasarkan pada posisi bintang-bintang.

Vedic astrology sendiri menggabungkan prinsip-prinsip filsafat Hindu, kosmologi, dan konsep-konsep seperti karma dan reinkarnasi. Sebagai sistem astrologi yang kaya warisan dan kompleksitasnya, astrologi Veda digunakan untuk memberikan wawasan tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk kepribadian, karier, kesehatan, hubungan, dan spiritualitas. Vedic astrology memberikan pemahaman bahwa melalui pengaruh langit, seseorang dapat mengoptimalkan potensi hidupnya dan menghadapi tantangan dengan lebih bijaksana.

Baca Juga: Healing Artinya Lebih dari Sekadar Piknik atau Traveling

Vedic Astrology adalah Memiliki Beberapa Elemen

NATAL CHART vedict astrology
Sumber: Freepik

Dalam memahami dan menerapkan vedic astrology, tedapat beberapa konsep mendasar yang perlu diketahui. Konsep-konsep ini nantinya digunakan untuk menganalis kepribadian atau berbagai aspek kehidupan seseorang.

1. Kundli (natal chart)

Natal charta atau kundli dalam vedic astrology adalah diagram atau grafik yang menggambarkan posisi planet-planet pada saat kelahiran seseorang. Natal Chart digunakan dalam astrologi Vedic untuk menganalisis dan menginterpretasi karakteristik individu. Informasi yang diperlukan untuk membuat Natal Chart meliputi tanggal, waktu, dan tempat kelahiran seseorang

2. Navagraha (sembilan planet) adalah elemen vedic astrology

Navagraha adalah sembilan planet yang menjadi fokus penting dalam vedic astrology. Ini meliputi Ini meliputi Surya (Matahari), Chandra (Bulan), Mangala (Mars), Budha (Merkurius), Guru (Jupiter), Shukra (Venus), Shani (Saturnus), Rahu (Kepala Naga) dan Ketu (Ekor Naga). Setiap planet memiliki pengaruh uniknya terhadap kehidupan manusia.

3. Rashi (tanda zodiak atau tanda matahari)

Rashi merujuk pada tanda zodiak tempat matahari berada pada saat kelahiran seseorang. Ada dua belas rashi dalam vedic astrology, masing-masing mewakili periode sekitar 30 derajat dari zodiak.

  • Mesha: 14 April – 14 Mei
  • Vrishabha: 15 Mei – 14 Juni
  • Mithuna: 15 Juni – 15 Juli
  • Karka: 16 Juli – 16 Agustus
  • Simha: 17 Agustus – 16 September
  • Kanya: 17 September – 16 Oktober
  • Tula: 17 Oktober – 15 November
  • Vrishchika: 16 November – 15 Desember
  • Dhanu: 16 Desember – 13 Januari
  • Makara: 14 Januari – 12 Februari
  • Kumbha: 13 Februari – 13 Maret
  • Meena: 14 Maret – 13 April

4. Bhava (rumah atau dasa)

Bhava adalah rumah-rumah astrologi yang mewakili berbagai aspek kehidupan, seperti kepribadian, karier, kekayaan, keluarga, kesehatan, dan hubungan. Analisis bhava dalam sebuah horoskop memberikan wawasan tentang bagaimana planet-planet berinteraksi dalam berbagai area kehidupan.

5. Dasha (periode planet)

Dasha adalah siklus periode planet yang mempengaruhi kehidupan seseorang dalam jangka waktu tertentu. Elemen ini menggambarkan periode waktu ketika pengaruh planet tertentu menjadi dominan dan memberikan pengaruh yang signifikan pada individu.

6. Yoga dan dosha

Aspek ini adalah kombinasi planet dalam sebuah horoskop yang memberikan hasil tertentu, baik positif maupun negatif, tergantung pada konfigurasi planet tersebut. Yoga menggambarkan situasi yang menguntungkan atau penguatan tertentu dalam kehidupan, sementara dosha mengindikasikan potensi konflik atau kesulitan.

Baca Juga: 5 Penerapan Feng Shui Simpel untuk Interior Design yang Ideal

Manfaat Vedict Astrology adalah Luas untuk Kehidupan Manusia

pahami astrologi
Sumber: Freepik

Keberadaan vedict astrology bukan semata-mata untuk mengetahui penandaan atau posisi manusia di alam semesta. Lebih dari itu, vedict astroloy juga memberikan manfaat bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Antara lain:

1. Pemahaman diri

Vedic astrology membantu individu untuk memahami diri mereka sendiri lebih baik dengan menganalisis kepribadian, kecenderungan, dan potensi mereka berdasarkan pada posisi planet pada saat kelahiran. Ini memungkinkan individu untuk mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, serta mengembangkan strategi untuk pertumbuhan pribadi.

2. Kesempatan di masa depan

Dengan menganalisis natal chart atau kundli, vedic astrology dapat memberikan wawasan tentang peluang-peluang masa depan yang mungkin terjadi dalam kehidupan individu. Termasuk, kesempatan, tantangan, dan perubahan yang mungkin di hadapi.

3. Keseimbangan dan harmoni

Manfaat lain dari vedic astrology adalah membantu dalam mencapai keseimbangan dan harmoni dalam hidup, baik dalam hubungan personal, karier, atau kesehatan. Dengan memahami pengaruh planet-planet terhadap berbagai aspek kehidupan, individu dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik.

4. Pemilihan karier yang sesuai

Analisis vedic astrology dapat membantu individu dalam memilih karier yang sesuai dengan bakat alami, minat, dan potensi mereka. Dengan memahami posisi planet yang memengaruhi kecenderungan dan potensi karier seseorang, astrolog dapat memberikan saran yang berharga tentang jalur karier yang dapat memberikan kepuasan dan kesuksesan.

5. Vedic astrology adalah untuk mengelola waktu

Vedic astrology menggunakan konsep, seperti dasha (siklus periode planet) untuk membantu individu dalam merencanakan kegiatan dan pengambilan keputusan di waktu yang tepat. Pemahaman mengenai periode yang dipimpin oleh planet tertentu membantu individu memanfaatkan energi yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Baca Juga: Ciptakan Keseimbangan, Ini 5 Tata Ruang Rumah yang Perlu Dihindari Menurut Feng Shui

Vedic Astrology berama Jivaraga

Itulah sekilas mengenai pengenalan Vedic astrology dan manfaatnya Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, Jivaraga akan mengadakan workshop khusus mengena vedic astrology ini.Workshop ini akan dipandu khusus oleh astrolog berpengalaman, Zour.

Workshop ini akan menjadi kesempatan yang bagus untuk mendalami pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar astrologi Vedic, mempelajari bagaimana menerapkan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan memahami lebih dalam manfaat dan relevansinya dalam membimbing langkah-langkah kita dalam perjalanan kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan Anda tentang vedic astrology ini!

Leave a Reply