You are currently viewing JIVARAGA Ajak Komunitas Dewi Tenggelam dalam Relaksasi Yoga, Meditasi, dan Sound Therapy
Intimate Gathering with Jivaraga & Dewi Magazine. Doc. Jivaraga

JIVARAGA Ajak Komunitas Dewi Tenggelam dalam Relaksasi Yoga, Meditasi, dan Sound Therapy

Hidup berkualitas berarti mampu menjaga kesehatan jiwa dan raga. Tak dapat dipungkiri, kesehatan jiwa dan raga merupakan elemen yang krusial saat ini. Keduanya saling memengaruhi dan terkait satu sama lain. Hal ini pun disetujui oleh sederet komunitas perempuan Dewi Magazine pada sebuah intimate gathering bertajuk “Unwind & Recharge” hasil kerjasama dengan Jivaraga pada Sabtu, 11 Mei 2024 lalu.

Mengambil tempat di Jivaraga Space, tepatnya di bilangan Setiabudi Building, Jakarta, sebanyak 15 perempuan hadir untuk menikmati sesi “me time” masing-masing. Saat itu, Dewi Magazine dan Jivaraga Space menghadirkan pengalaman yoga flow, meditasi, dan sound therapy.

Di tengah mobilitas kota Jakarta yang padat dengan berbagai kegiatan serta tekanan hidup yang kian meningkat, acara ini dibuat sebagai oase bagi seluruh peserta. Sejalan dengan empat pilar utama JIVARAGA yaitu body, mind, soul, dan social, kami berharap seluruh orang yang hadir di JIVARAGA tidak hanya berkesempatan untuk memperdalam praktik spiritual mereka namun juga menjadi momen untuk menenangkan pikiran serta menyegarkan tubuh,” ujar Silvia Basuki selaku Chief Marketing Officer dan Chief Operating Officer, JIVARAGA.

Baca Juga: Kolaborasi dan Inspirasi: Melihat Bali Spirit Festival 2024 Melalui Mata JIVARAGA

Me Time Hingga Matahari Terbenam

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB itu dibuka dengan ajakan untuk melakukan Yoga Flow bersama Anni Yuliantin, Selama kurang lebih 35 menit, Anni secara perlahan menghadirkan berbagai pose yoga yang sangat mudah diikuti namun tetap memberikan peregangan dan yang merelakskan bagai menari.

Yoga Flow
Yoga flow dan peregangan tubuh yang usir penat. Doc. Jivaraga

Tak perlu tergesa-gesa dan berkompetisi menampilkan pose terbaik. Dengarkan tubuh Anda masing-masing. It’s you against your ego,” ujarnya.

Momen me time dilanjutkan dengan sesi meditasi bersama Cindy Gozali selaku Chief Executive Officer Jivaraga sekaligus Leadership & Mindfulness Coach.

Cindy Gozali Jivaraga
Meditasi sekaligus relaksasi bersama Cindy Gozali. Doc. Jivaraga

Meditasi merupakan suatu teknik relaksasi yang dapat membantu untuk mempertajam fokus dan perhatian Anda. Tak hanya itu saja, meditasi juga merupakan momen relaksasi yang dapat membantu Anda untuk semakin mengenali diri sendiri.

Praktik ini sebaiknya dilakukan setiap pagi sambil memejamkan mata dan fokus mengelola napas untuk membuang seluruh emosi negatif. Teknik yang sudah ada ribuan tahun lalu ini dinilai mampu membuat seseorang lebih tenang, damai, nyaman, dan produktif. 

Mengapa meditasi sebaiknya dilakukan pada pagi hari? Menurut Cindy, ketika seseorang sudah mengawali hari dengan tenang dan damai, hal itu akan memberikan efek yang sangat baik pada aktivitas selanjutnya.

Jika Anda memulai hari dengan semangat dan emosi yang positif, maka hal itu bisa terbawa hingga malam hari. Manusia bagaikan memiliki magnet yang sangat kuat, kita akan menarik berbagai hal yang selaras dengan perasaan di kala itu,” ujar Cindy sambil menjelaskan bahwa sesi meditasi dan sound therapy kala itu merupakan sesi yang kurang lebih sama seperti yang dihadirkan JIVARAGA pada Bali Spirit Festival pada awal bulang Mei lalu.

Sesi meditasi Cindy berlangsung selama kurang lebih 20 menit dan langsung dilanjutkan dengan sound therapy bersama Aga Salim.

Sound therapy merupakan praktik penyembuhan yang menggunakan frekuensi suara untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional dalam tubuh manusia. 

Berbagai  alat-alat musik khusus, seperti singing bowl, gong, tuning fork, atau rekaman musik soundscapes, dibunyikan dengan berbagai irama tertentu sehingga menciptakan getaran suara yang memengaruhi sistem saraf, gelombang otak, dan meresap ke dalam kesadaran individu. Sesekali, Aga mengiringi alunan musik yang dibawakannya dengan teknik vokal nyanyian dan mantra untuk memperkuat efek relaksasi.

Aga Salim Jivaraga
Aga Salim saat melakukan sesi Sound Therapy. Doc. Jivaraga

Alunan suara yang magis selama 60 menit berhasil membuat semua peserta yang hadir mencapai relaksasi, bahkan ada yang tertidur pulas. Bisa dibayangkan ketika mereka semua bangun saat matahari mulai terbenam. Lebih fresh dan siap memulai kembali aktivitasnya.

Baca Juga: Tantangan Komunikasi Sandwich Generation: Menyeimbangkan Antara Pasangan dan Orang Tua

Setelah berfoto bersama, semua orang yang hadir tampak berbincang santai dan menikmati momen kebersamaan sambil menyantap camilan sehat dari Burgreens. Mereka pun pulang membawa buah tangan yaitu goodybag persembahan Jivaraga, Burgreens, dan Mad for Make Up sambil berjanji untuk kembali hadir untuk sesi me time selanjutnya.

Kerjasama antara Dewi Magazine dan JIVARAGA bukan hanya sebuah kolaborasi biasa, namun sebuah komitmen untuk memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta. Bersama-sama, mereka membawa visi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

Leave a Reply