You are currently viewing Cara Menjadi Bahagia dengan 9 Rutinitas Harian yang Simpel
Sumber: Freepik

Cara Menjadi Bahagia dengan 9 Rutinitas Harian yang Simpel

Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan, kebahagian sering terasa seperti sesuatu yang sulit diraih. Banyak orang mengira cara menjadi bahagia adalah melalui peristiwa eksternal, seperti keberuntungan atau pencapaian besar. Padahal, kebahagiaan bisa dibentuk dan ditingkatkan melalui kebiasaan sehari-hari.

Seperti otot, otak juga dapat dilatih untuk meningkatkan kebahagiaan. Berikut adalah beberapa cara menjadi bahagia yang dapat dilakukan melalui kebiasaan sehari-hari. Beberapa cara tersebut dapat membantu otak untuk menjadi lebih bahagia.

Cara Melatih Otak untuk Menjadi Bahagia dengan Rutinitas Simpel

Otak manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Dengan melatihnya melalui kebiasaan tertetntu, kita bisa meningkatkan kesejahteraan emosional. Inilah cara untuk membuat kita menjadi bahagia. Elissa Epel, PhD, profesor dan wakil ketua Departemen Psikiatri di Universitas California San Francisco, melansir dari Real Simple, menyatakan bahwa kita mempunyai kendali lebih besar atas kebahagiaan kita. Meskipun mungkin kebahagiaan tidak langsung terwujud, rasa bahagian dapat meningkat melalui kekuatan kebiasaan harian yang mudah dilakukan.

Otak kita, tambah Elissa, akan bekerja memberikan rasa bahagia jika secara sadar kita menjalani kebiasaan-kebiasaan positif. Kesadaran ini dapat membantu kita mengembangkan kebiasaan yang positif. Apabila kebiasaan-kebiasaan tersebut dilakukan dengan konsisten dan penuh komitmen, otak kita pun akan memandang dunia lebih positif.  

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Kebahagiaan pada Kesempatan yang Tidak Terduga

Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari sebagai cara melatih otak menjadi lebih bahagia.

1. Rasakan suasana luar ruang setiap hari

Sempatkan waktu untuk berada di luar ruang setiap hari. Cahaya alami, suara, bau, dan lingkungan sekitar akan mengurangi stres dan meningkatkan semangat. Jika memungkinkan, tambahkan aktivitas fisik seperti olah raga.

Aktivitas fisik merangsang produksi endorfin, yang sering disebut sebagai hormon kebahagiaan. Olahraga juga dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol. Berjalan kaki, berlari, atau yoga, semua bentuk aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan mood dan kebahagiaan secara keseluruhan.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan mental. Kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati, mengurangi kemampuan untuk mengatasi stres, dan meningkatkan risiko depresi. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk menjaga keseimbangan jiwa dan raga.

3. Mengembangkan rasa bersyukur

Melatih rasa syukur dapat secara signifikan meningkatkan kebahagiaan. Cobalah menulis jurnal syukur setiap hari untuk mencatat rasa terima kasih Anda akan berbagai hal di kehidupan. Disarankan menuliskannya pada pagi hari untuk mengarahkan hari dengan penuh rasa positif. Ini dapat membantu mengarahkan perhatian Anda pada hal-hal positif dalam hidup dan meningkatkan perasaan bahagia.

4. Bangun hubungan sosial yang kuat

Hubungan sosial yang positif dan mendukung sangat penting untuk kebahagiaan. Luangkan waktu untuk keluarga dan teman atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Usahakan membangun hubungan yang bermakna. Interaksi sosial dapat merangsang produksi oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta, yang dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Baca Juga: 12 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Keseimbangan Hidup

5. Temukan hikmah di kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan

Hal-hal yang tidak menyenangkan pasti terjadi dan akan terus terjadi karena itulah kehidupan. Akui rasa sakit, ketidaknyamanan, dan kemarahan yang dirasakan. Namun, selanjutnya, usahakan untuk mengubah pandangan dengan menemukan makna dibalik hal-hal sulit tersebut. Misalnya, dengan berpikir, apakah bisa menoleransi hal tersebut? Apakah hal tersebut akan berlalu? Pernahkan mengalami hal serupa sebelumnya?

6. Lakukan lima kebaikan setiap hari

Tindakan kebaikan dan memberi kepada orang lain dapat menjadi cara meningkatkan kebahagiaan. Ini bisa berupa sukarelawan, membantu teman, atau bahkan melakukan tindakan kebaikan kecil sehari-hari. Misalnya, menyapat teman dengan akrab lewat pesan chat, menelepon kakek Anda, menulis komentar positif di Instagram, mengambil sampah di jalan, hingga memberikan kopi kepada satpam di kantor.  Memberi dapat meningkatkan produksi endorfin dan membuat Anda merasa lebih terhubung dengan orang lain.

7. Kurangi atau lakukan detoks digital

Cobalah berpisah dari gawai Anda setidaknya selama setengah jam setiap hari. Ata,  hapus aplikasi yang menghabiskan waktu Anda karena menggoda untuk scrolling tanpa berpikir panjang. Dengan melakukan hal ini, kita mendapatkan kembali waktu kita untuk aktivitas yang benar-benar memuaskan, bisa lebih mindful, dan menghindari dorongan untuk membandingkan diri kita dengan orang lain secara tidak baik. Dengan membatasi waktu yang Anda habiskan pada gawai, dapat menjadi cara meningkatkan rasa bahagia, menurunkan kecemasan, dan menghindari depresi

8. Tetapkan tujuan hidup dan cara mencapainya

Menetapkan tujuan dan bekerja untuk mencapainya dapat memberikan arah dan makna dalam hidup. Ini bisa berupa tujuan jangka pendek atau jangka panjang, dan setiap pencapaian, sekecil apapun, dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan kepuasan diri.

Jangan lupa, tetapkan tujuan dan tindakan hidup yang sesuai dengan nilai-nilai terdalam kita. Ingatkan diri Anda tentang hal-hal yang paling Anda hargai di dunia ini, lalu pertimbangkan apakah Anda hidup untuk hal-hal tersebut atau tidak. Ketika akan membuat keputusan sulit, ingat kembali tujuan-tujuan hidup Anda. Ini akan mengarahkan langkah Anda dan menjadi cara mencapai kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Mindfulness dan meditasi

Praktik mindfulness dalam setiap aktivitas dapat menjadi cara untuk bahagia. Mindfulness berarti membawa perhatian penuh pada apa yang Anda lakukan saat ini. Ini bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari seperti makan, berjalan, atau bahkan bekerja. Mindfulness dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kepuasan hidup.

Untuk melengkapi mindfulness, coba untuk melakukan meditasi. Meditasi telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kebahagiaan. Dengan meditasi, kita melatih otak untuk fokus pada momen sekarang dan mengurangi pikiran negatif. Meditasi juga dapat meningkatkan aktivitas di bagian otak yang terkait dengan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Baca Juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Produktivitas Karyawan yang Optimal

Meditasi dan Mindfulness bersama JIVARAGA

Anda dapat meningkatkan mindfulness dan meditasi sebagai cara menjadi bahagia dengan bergabung dalam sesi-sesi yang ditawarkan oleh JIVARAGA. Program ini dirancang untuk membantu peserta mengembangkan kesadaran penuh dan ketenangan batin yang pada akhirnya dapat menjadi cara untuk bahagia.

Anda akan dipandu oleh Cindy Gozali pada kelas Mindfulness Meditation (online) setiap hari Selasa, pukul 20.30 – 21.00 WIB dan Aldini Pratiwi pada kelas De-Stress Meditation, setiap hari Jumat untuk memberikan bimbingan langkah demi langkah, sehingga baik pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman dalam meditasi dapat memperoleh manfaat maksimal.

Informasi lebih lanjut mengenai kelas meditasi dan mindfulness di JIVARAGA, dapat menghubungi:

https://wa.me/6281188811338

Atau, klik Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Dengan rutin mengikuti sesi-sesi ini, Anda akan belajar cara mengelola stres, meningkatkan fokus, dan mencapai keseimbangan emosional yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Bergabung dengan JIVARAGA adalah langkah konkret menuju peningkatan kesehatan mental dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Leave a Reply