You are currently viewing 10 Jenis Yoga dari yang Paling Mudah hingga Paling Sulit, Pilih Sesuai Kemampuan
Sumber: Freepik

10 Jenis Yoga dari yang Paling Mudah hingga Paling Sulit, Pilih Sesuai Kemampuan

Perbedaan jenis yoga bukan hanya untuk variasi gerakan. Berbagai jenis yoga yang bervariasi juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing yang menawarkan sesuatu untuk setiap orang sesuai kemampuan mereka. Artikel ini akan memberikan Anda gambaran singkat mengenai berbagai jenis yoga dari yang paling mudah hingga paling menantang untuk dipraktikkan.

Melalui pemahaman tentang setiap jenis yoga, Anda dapat memilih praktik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pribadi Anda. Dengan demikian, memastikan bahwa pintu menuju kesehatan yang lebih dan ketenangan batin dapat terbuka secara optimal.

Jenis Yoga dari yang Paling Mudah hingga yang Paling Sulit

JENIS YOGA SULIT MUDAH
Sumber: Freepik

Yoga adalah praktik kuno yang berasal dari India dan dijalankan dengan menggabungkan postur tubuh, teknik pernapasan, dan meditasi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Melalui serangkaian gerakan yang terstruktur dan teknik pernapasan yang teratur, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan ketenangan pikiran.

Setiap jenis yoga memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda. Masih dalam rangka International Yoga Day 2024, kenali jenis yoga berikut ini dari yang paling mudah hingga yang paling sulit.

1. Gentle Yoga

Tingkat Kesulitan: Mudah

Deskripsi: Gentle yoga ideal untuk siapa saja yang mencari latihan yang lembut dan menenangkan. Praktik ini menekankan pada gerakan yang lambat dan terkendali, dengan fokus pada peregangan ringan, keseimbangan, dan pernapasan.

Manfaat: Peningkatan fleksibilitas dan mobilitas tanpa memberikan tekanan berlebih pada tubuh. Praktik ini juga membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Anda dapat berlatih Gentle Yoga di JIVARAGA setiap hari Senin, pukul 18.00 – 19.00 WIB, dipandu oleh Kiki Tegar.

2. Hatha Yoga

Tingkat Kesulitan: Mudah

Deskripsi: Hatha yoga adalah salah satu bentuk yoga paling dasar dan populer, yang cocok untuk pemula. Fokusnya adalah pada postur tubuh (asana) dan teknik pernapasan (pranayama). Praktik ini biasanya dilakukan dengan tempo lambat dan lembut.

Manfaat: Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan dasar. Juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan fokus.

Anda dapat berlatih Hatha Yoga di JIVARAGA setiap hari Minggu, pukul 08.00 – 09.00 WIB, dipandu oleh Elisa Tanzi.

3. Yin Yoga

Tingkat Kesulitan: Mudah

Deskripsi: Yin yoga adalah praktik yang tenang dan meditatif. Fokus gerakannya umumnya pada peregangan dalam jangka waktu beberapa menit cukup lama—biasanya 3 hingga 5 menit per pose. Yin yoga bekerja pada jaringan ikat tubuh, seperti ligamen, tulang, dan sendi.

Manfaat: Meningkatkan fleksibilitas, meredakan ketegangan otot, dan menenangkan pikiran.

Anda dapat berlatih Yin Yoga di JIVARAGA setiap hari Selasa, pukul 19.30 – 20.30 WIB, dipandu oleh Sandra (Yin & Singing Bowl) atau setiap hari Rabu, pukul 19.30 -20.45 WIB, dipandu oleh Adiyoga (Yin Yang Yoga).

4. Restorative Yoga

Tingkat Kesulitan: Mudah

Deskripsi: Restorative yoga menggunakan alat bantu seperti bantalan, selimut, dan balok untuk mendukung tubuh dalam postur yang menenangkan dan memulihkan. Setiap pose ditahan selama beberapa menit untuk memberikan relaksasi yang mendalam.

Manfaat: Mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu pemulihan tubuh.

Anda dapat berlatih Restorative Yoga di JIVARAGA setiap hari Senin, pukul 19.30 – 20.45 WIB, dipandu oleh Kiki Tegar.

5. Deep Stretch Yoga

Tingkat Kesulitan: Sedang

Definisi: Praktik yoga ini fokus pada peregangan yang mendalam dan menahan pose dalam jangka waktu yang lebih lama, biasanya antara 3 hingga 5 menit. Latihan ini menargetkan jaringan ikat tubuh seperti ligamen, tendon, dan fascia, serta meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi.

Manfaat: Praktik ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak, serta mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Deep Stretch yoga juga membantu dalam meningkatkan kesadaran tubuh dan melatih kesabaran serta ketenangan pikiran

Anda dapat berlatih Deep Stretch Yoga di JIVARAGA setiap hari Minggu, pukul 15.30 – 16.30 WIB, dipandu oleh Annie Yuliantin.

Baca Juga: Yoga sebagai Bentuk Serendipity: 5 Cara Menemukan Harmoni dalam Kehidupan

6. Vinyasa Yoga

Tingkat Kesulitan: Sedang

Deskripsi: Vinyasa yoga adalah bentuk yang lebih dinamis dibandingkan Hatha. Gerakannya berupa transisi yang lebih cepat antara pose sambil mengikuti irama napas. Vinyasa yoga dikenal juga dengan gerakan yang flow (mengalir) lancar dan terkoordinasi.

Manfaat: Meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan. Juga, membantu membakar kalori dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Anda dapat berlatih Vinyasa Yoga di JIVARAGA setiap hari Selasa, pukul 18.00 – 19.00 WIB, dipandu oleh Adiyoga (Slow Vinyasa).

7. Ashtanga Yoga

Tingkat Kesulitan: Sedang hingga sulit

Deskripsi: Ashtanga yoga adalah latihan yang sangat terstruktur dan intens dengan serangkaian pose yang sama dilakukan setiap kali latihan. Untuk melakukannya, memerlukan disiplin dan dedikasi tinggi.

Manfaat: Meningkatkan kekuatan, stamina, dan disiplin mental. Juga membantu membentuk tubuh yang kuat dan fleksibel.

8. Bikram Yoga

Tingkat Kesulitan: Sedang hingga sulit

Deskripsi: Bikram yoga, juga dikenal sebagai hot yoga, dilakukan di ruangan yang dipanaskan hingga sekitar 40°C dengan kelembapan tinggi. Terdiri dari 26 pose dan dua teknik pernapasan yang dilakukan dalam urutan yang sama.

Manfaat: Meningkatkan detoksifikasi melalui keringat, meningkatkan fleksibilitas, dan memperkuat sistem kardiovaskular.

9. Power Yoga

Tingkat Kesulitan: Sulit

Deskripsi: Power yoga adalah versi yang lebih intens dan cepat dari Vinyasa yoga. Fokus power yoga adalah pada kekuatan dan kebugaran. Yoga ini dirancang untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan kardiovaskular.

Manfaat: Meningkatkan kekuatan, ketahanan, dan pembakaran kalori. Juga, membantu meningkatkan fokus mental dan disiplin.

Anda dapat berlatih Power Yoga di JIVARAGA setiap hari Jumat, pukul 16.00 – 17.00 WIB, dipandu oleh Sara Devina.

10. Iyengar Yoga

Tingkat Kesulitan: Sulit

Deskripsi: Iyengar yoga menekankan keselarasan tubuh dan detail dalam setiap pose. Dalam praktiknya, Iyengar yoga menggunakan alat bantu seperti balok, tali, dan bantalan untuk memastikan postur yang benar dan aman.

Manfaat: Meningkatkan postur, kekuatan, fleksibilitas, dan kesadaran tubuh. Juga, membantu dalam pemulihan cedera.

Dengan memahami berbagai jenis yoga ini, Anda dapat memilih praktik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sesi-sesi yoga di JIVARAGA dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Atau, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Selamat mencoba, semoga perjalanan yoga Anda membawa kesehatan dan kebahagiaan!