You are currently viewing Integrasi Tradisi Penyembuhan Timur dan Barat: Pendekatan Holistik dr. Adolf M. Brown D.C dalam Kesehatan
Sumber: Arsip JIVARAGA

Integrasi Tradisi Penyembuhan Timur dan Barat: Pendekatan Holistik dr. Adolf M. Brown D.C dalam Kesehatan

Di tengah kemajuan metode penyembuhan modern, beberapa pendekatan holistik  muncul menggabungkan tradisi penyembuhan dari Barat dan Timur. Salah satunya, ditekuni oleh dr. Adolf M. Brown D.C, seorang ahli Kinesiologi Terapan dan Terapi Kraniosakral dari Bali. Selama beberapa dekade pengalamannya di dunia kesehatan serta menjadi healer dalam kurun waktu 10 tahun di Ubud, Bali, Adolf telah menjadi salah satu praktisi yang berhasil mengintegrasikan metode-metode dari Barat dan Timur dalam praktiknya. Pendekatan holistik yang diterapkannya menawarkan manfaat unik bagi pasien dengan mengatasi masalah kesehatan dari berbagai aspek.

Pada tanggal 4-9 Juli 2024 mendatang, Adolf akan berbagi pengalaman dan ilmunya ini melalui sebuah program sertifikasi dan workshop spesial di JIVARAGA. Baru-baru ini, JIVARAGA berkesempatan berbincang langsung dengan Adolf melalui sambungan daring. Ia mengungkapkan perjalanan panjangnya dalam dunia penyembuhan holistik, kemajuan yang telah dicapai dalam pendekatan ini, serta sekilas mengenai apa yang peserta dapat harapkan dari workshop mendatang.

JIVARAGA (J): Bagaimana Anda memulai perjalanan di bidang penyembahan dan mengintegrasikan tradisi penyembuhan dari Barat dan Timur dengan pendekatan holistik dalam praktik Anda?

Dr. Adolf: Saya memulai perjalanan saya di bidang penyembuhan dengan pendidikan di sebuah perguruan tinggi berbasis sains, di mana saya mempelajari sosiologi, nutrisi, dan kedokteran.Pada saat bersamaan, saya juga mendalami tentang pengobatan tradisional Tiongkok. Pendidikan ini memberikan saya pemahaman komprehensif tentang berbagai modalitas penyembuhan, baik dari Timur maupun Barat.

Saya belajar menggabungkan prinsip-prinsip dari pengobatan Barat, seperti fisiologi, anatomi, dan mekanik tubuh, dengan konsep energi dari pengobatan Timur, seperti “qi” dari pengobatan Tiongkok. Integrasi ini memungkinkan saya untuk menawarkan pendekatan holistik yang menyeluruh, menangani masalah kesehatan dari berbagai aspek – fisik, emosional, dan energi.

J: Apa saja prinsip dasar dari Kinesiologi Terapan (Applied Kinesiology) yang Anda gunakan dalam praktik?

Dr. Adolf: Kinesiologi Terapan adalah sistem treatment kesehatan yang menggabungkan aspek fisiologis, anatomis, dan mekanis dengan prinsip-prinsip energi positif. Prinsip dasar dari Kinesiologi Terapan adalah bahwa otot memiliki hubungan langsung dengan organ dan sistem tubuh. Misalnya, cedera pada struktur tubuh dapat melemahkan otot tertentu, yang kemudian menyebabkan ketidakseimbangan. Pendekatan ini membantu mendiagnosis dan mengobati kondisi kesehatan yang kompleks seperti nyeri kronis dan masalah pencernaan.

PENDEKATAN HOLISTIK ADALAH
Sumber: Freepik

J: Bagaimana dengan Terapi Kraniosakral yang Anda jalani? Bisa Anda jelaskan lebih detail tentang terapi ini?

Dr. Adolf: Terapi Kraniosakral berfokus pada sistem kraniosakral yang mencakup membran dan cairan serebrospinal yang mengelilingi dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Cairan ini berfungsi seperti kristal cair yang dapat menghasilkan medan elektromagnetik, mempengaruhi fungsi tubuh secara mendalam. Terapi ini bekerja sangat mendalam untuk membantu sistem saraf menyeimbangkan dirinya, mempromosikan penyembuhan dan regenerasi. Teknik ini melibatkan manipulasi lembut pada tulang kranial, tulang belakang, dan sakrum untuk melepaskan pembatasan dan meningkatkan aliran cairan serebrospinal.

Terapi Kraniosakral sendiri menurut saya secara indah menjembatani kesenjangan antara dunia Barat dan Timur.  Terapi ini menyelaraskan pengetahuan ilmiah dengan penyembuhan energik tradisi. Ini memungkinkan saya menawarkan pendekatan holistik yang melengkapi dan meningkatkan efektivitas setiap metode yang dijalani.

J: Apa manfaat unik dari pendekatan holistik yang Anda terapkan bagi pasien?

Dr. Adolf: Pendekatan holistik memungkinkan saya untuk menangani masalah kesehatan dari berbagai tingkatan. Misalnya, ada  pasien dengan nyeri kronis yang sudah mengonsumsi berbagai obat-obatan keras tanpa hasil yang memadai dapat menemukan solusi melalui pendekatan ini. Dengan mengenali dan mengatasi penyebab akar masalah, seperti ketidakseimbangan otot atau masalah pencernaan, pasien dapat merasakan perbaikan yang signifikan. Integrasi berbagai tradisi penyembuhan ini membantu mempromosikan kesejahteraan yang menyeluruh dan berkelanjutan.

PENDEKATAN HOLISTIK Foto Dr. Adolf
dr. Adolf M. Brown; Sumber: Arsip JIVARAGA

J: Bisa Anda ceritakan salah satu contoh kasus sukses dari praktik Anda?

Dr. Adolf: Salah satu contoh kasus sukses adalah seorang pasien dengan nyeri kulit parah yang memengaruhi tidurnya dan mengganggu pekerjaannya. Pasien ini telah mengunjungi banyak dokter dan diberi berbagai obat keras, tapi tidak ada yang memberikan hasil memuaskan. Saya menggunakan Kinesiologi Terapan dan mengidentifikasi bahwa masalahnya terkait dengan pencernaan, yang menyebabkan respons kranial yang mempengaruhi sistem imun dan kimiawi tubuh. Dengan menangani masalah-masalah ini, kondisi pasien mulai membaik secara signifikan.

J: Apa tantangan utama yang Anda hadapi dalam praktik Anda hingga saat ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

Dr. Adolf: Salah satu tantangan utama adalah menjaga energi dan kesehatan saya sendiri. Sangat penting bagi saya untuk tetap sehat dan bugar agar dapat membantu pasien dengan efektif. Ini melibatkan proses perawatan diri yang terus-menerus dan pembelajaran. Selain itu, saya juga harus terus mengikuti perkembangan terbaru di bidang Kinesiologi Terapan dan Terapi Kraniosakral, yang selalu berkembang. Dengan menjaga keseimbangan antara kesehatan pribadi dan pertumbuhan profesional, saya berusaha memberikan perawatan terbaik bagi pasien saya.

J: Apa yang peserta dapat harapkan dari workshop Anda di Jakarta, dan siapa yang akan paling diuntungkan dari menghadiri workshop ini?

Dr. Adolf: Di workshop mendatang di Jakarta, peserta akan mempelajari dasar-dasar Kinesiologi Terapan. Saya akan memberikan pengenalan komprehensif tentang sistem yang saya gunakan sehari-hari, termasuk pengujian otot untuk mengidentifikasi ketidakseimbangan. Peserta akan memahami prinsip dan mekanisme Kinesiologi, serta cara menyeimbangkan tubuh secara efektif.

Workshop ini juga akan menawarkan alat dasar yang dapat digunakan dalam praktik mereka. Ada sesi lanjutan untuk pengujian otot tingkat lanjut dan integrasi sistem. Tujuan saya adalah menciptakan praktisi yang percaya diri dan mampu memberikan kontribusi bermakna pada sistem perawatan kesehatan.

Penggabungan tradisi penyembuhan Timur dan Barat, seperti yang dilakukan Adolf, menunjukkan potensi besar dari pendekatan holistik dalam bidang kesehatan. Dengan memahami dan menerapkan berbagai modalitas penyembuhan, Adolf mampu menawarkan solusi yang lebih komprehensif dan efektif bagi pasien.

Baca Juga: Healing Artinya Lebih dari Sekadar Piknik atau Traveling

Bagi Anda yang berminat mempelajari ilmu Kinesiologi Terapan langsung dari seorang ahli berpengalaman puluhan tahun, workshop “Applied Kinesiology: Certification Program” adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Acara ini akan diadakan pada tanggal 4-7 Juli 2024 di JIVARAGA Space, Setia Budi, Jakarta. Anda juga dapat menjalani Terapi Kraniosakral langsung oleh dr. Adolf pada tanggal 8-9 Juli 2024.

Segara daftarkan diri Anda karena tempat sangat terbatas, masing-masing program hanya untuk 10 peserta!

Untuk, informasi lebih lanjut dapat menghubungi JIVARAGA via WA di:

https://wa.me/6281188811338

Dan, follow Instagram JIVARAGA:

https://www.instagram.com/jivaragaspace

Ini adalah kesempatan langka untuk belajar dari dr. Adolf M. Brown D.C, seorang pakar terkemuka di bidang ini, yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya secara langsung kepada Anda. Don’t miss it!

This Post Has 5 Comments

Comments are closed.